Kahfi Talk less Do More

Cara Memperbaiki Printer Canon MP237 sesuai Kode Error

3 min read

Cara memperbaiki printer Canon MP237

Cara memperbaiki printer Canon MP237

Cara memperbaiki printer Canon MP237 harus disesuaikan dengan permasalahan yang terjadi agar masalah bisa diatasi dengan tepat. Printer sudah menjadi kebutuhan di zaman sekarang, khususnya untuk mencetak tugas, laporan, dan lain sebagainya.

Seperti halnya alat teknologi lainnya, printer juga sering mengalami masalah dan mengganggu fungsinya. Oleh karena itu, Anda harus tahu arti dari kode error yang ditampilkan agar bisa memperbaiki masalah tersebut dengan tepat.

Cek juga artikel kami yang lain Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 dan Tips Merawatnya Agar Tak Mudah Rusak, semua lengkap disitu.

Kode Error dan Cara Memperbaiki Printer Canon MP237

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa kode error pada printer caon mp237 beseerta cara memperbaikinya:

1. Error 1000 Canon MP237

Kode error yang pertama ini biasanya ditampilan dengan lampu LED yang berkedip 2 kali, artinya “Printer is out of paper/ paper does not feed”. Jika Anda menemukan kode error tersebut, maka bisa melakukan cara mengatasi yang tepat berikut ini.

Cara memperbaiki printer canon MP237 yang berkedip 2 kali adalah dengan memasukkan kertas ke bagian rear tray atau bagian kertas masuk di atas. Setelah itu, jangan lupa untuk menekan tombol warna atau hitam pada printer Canon MP237.

2. Error 1300 Canon MP237

Masalah lain yang biasa dijumpai adalah error 1300 Canon MP237 yang ditampilkan dengan lampu alarm berkedip 3 kali pada printer canon MP237. Kode error yang disebut “paper jamed” ini terjadi karena ada kertas yang menyangkut di pencetakan.

Lantas, bagaimana cara memperbaikinya? Cara memperbaiki printer Canon MP237 lampu alarm berkedip 3 kali adalah dengan memastikan apakah ada kertas yang menyangkut dan jangan lupa bersihkan sampai pemberitahuan error hilang.

3. Error 1687 Canon MP237

Kode eeror selanjutnya yang sering muncul di printer adalah Error 1687 Canon237 yang dimunculkan dengan tulisan “Catride is not installed properly”. Seperti yang kita tahu bahwa catride memiliki fungsi penting jadi harus segera diperbaiki.

Pemberitahuan ini ditandai dengan lampu LED yang berkedip sebanyak 4 kali. Cara memperbaiki printer Canon MP237 ini adalah memperbaiki pemasangan catride agar lebih tepat jadi pastikan bahwa catride sudah terkunci dengan baik dan benar.

4. Error 1486, 1487 pada Canon MP237

Permasalahan lain yang sering dialami oleh printer canon ini adalah error dengan kode 1486 dan 1487. Sebenarnya, kedua kode tersebut menunjukkan masalah yang sama, yaitu error “FINE Catride is not installed in the correct position”.

Pemberitahuan ini ditandai dengan lampu alarm berkedip 7 kali sehingga harus segera diperbaiki agar printer bisa digunakan lagi. Cara memperbaiki masalah ini adalah dengan melepas dan memasang kembali catride printer dengan posisi yang tepat.

Sebelum menutupnya, pastikan catride sudah terpasang dengan benar. Namun, jika Anda merasa sudah memasangnya dengan benar tapi kode tersebut tetap muncul, mungkin saja kerusakan terjadi pada catride printer Anda jadi ganti saja dengan baru

5. Error 1401, 1403, pada Canon MP237

Masalah ini juga terjadi karena adanya kerusakan atau masalah pada bagian catride. Error yang terjadi pada kode ini sebenarnya sama dengan error pada kode 1687, hanya saja pemberitahuan error yang muncul “The FINE Catride is not installed properly”.

Kode error ini ditunjukkan dengan lampu alarm yang berkedip sebanyak 5 kali. Cara memperbaiki printer Canon MP237 lampu alarm berkedip 5 kali adalah dengan mengecek pemasangan catride dan menggantinya dengan baru jika catride rusak.

6. Error 1700 pada Canon MP237

Kode error lain yang sering dijumpai pada pemakaian printer adalah Error 1700 pada Canon MP237. Kode ini menunjukkan adanya masalah pada bagian tinta printer di mana Anda akan melihat pemberitahuan “Ink absorber is almost ful”.

Pemberitahuan pada layar monitor tersebut akan dibarengi dengan tanda lampu LED berkedip 8 kali pada unit printer. Cara memperbaiki printer dengan kode error yang satu ini adalah dengan mencoba melakukan head cleaning secara keseluruhan.

7. Error 1684 pada Canon MP237

Kode berikutnya yang sering Anda jumpai ketika printer mengalami masalah adalah error 1684 pada Canon MP237. Masalah ini terjadi pada bagian catride printer sama dengan kode error yang sudah dibahas, hanya saja berbeda pemberitahuan.

Kode error ini dibarengi dengan lampu alarm berkedip sebanyak 14 kali jadi Anda harus tahu cara mengatasinya dengan benar. Cara memperbaiki printer Canon MP237 ini sama dengan cara memperbaiki kode error 1401, 1403 dan lainnya.

8. Error 5100 Canon MP237

Kode error selanjutnya adalah 5100 Canon MP237 yang dibarengi dengan lampu berkedip sebanyak 2 kali di mana masalah ini juga sering dijumpai pada error printer Canon 1300. Hal ini dikarenakan permasalahan terjadi pada bagian kertas.

Biasanya, jika muncul kode ini di layar monitor, maka Anda harus mengecek kertas pada pencetakan. Cara memperbaiki printer Canon MP237 error 5100 adalah dengan menarik kertas yang menyangkut agar printer bisa digunakan lagi.

9. Error B200 Canon MP237

Kode error berikutnya yang cukup sering ditemui pada printer Canon 237 adalah Error B200. Kode error ini ditandai dengan nlink lampu LED sebanyak 10 kali di unit printer. Permasalahan ini terjadi karena adanya masalah pada suhu power supply.

Perbedaan suhu yang tinggi akibat proses cetak dan lingkungan atau tekanan suhu power supply yang meningkat bisa menjadi penyebabnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah printer yang memunculkan kode error ini?

Cara memperbaiki printer Canon MP237 error B200 sangatlah mudah, Anda tinggal melepas kabel power yang tersambung pada listrik sekitar 5 menit agar suhu printer kembali normal lagi.

10. Error 1686 Printer Canon MP237

Kode error selanjutnya yang wajib Anda ketahui adalah Error 1686 Printer Canon MP237. Error ini berkiatan dengan bagian tinta di mana Anda akan menemukan tulisan “The remaining ink level cannot be detected” pada layar monitor komputer.

Kode error ini akan dibarengi dengan lampu berkedip sebanyak 13x. Cara memperbaiki printer Canon MP237 lampu alarm berkedip 13x adalah dengan menekan tombol reset atau stop selama 5 detik, kemudian lepaskan.

11. Error 1688 pada Canon MP237

Jika Anda menjumpai kode error 1688 pada Canon MP237 dengan kedipan lampu alarm sebanyak 16 kali, maka menunjukkan adanya kesalahan pada tinta printer. Biasanya akan muncul tulisan “The ink has run out” pada layar monitor komputer.

Cara reset printer Canon MP237 dengan menekan tombol stop selama 5 detik. Baru setelah itu, Anda bisa menggunakan printer karena masalah tinta sudah terselesaikan dengan baik jadi Anda tidak perlu bingung lagi jika menjumpai kode error tersebut.

Banyak kode error yang bisa dialami oleh printer Canon MP237, namun Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada tulisan yang bisa Anda artikan sendiri. Selain itu, ada beberapa masalah yang sama meskipun kode yang tertulis berbeda.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu menghafal semua kode error karena Anda bisa mengakses informasi ini di internet atau mempercayakannya pada jasa service. Cara memperbaiki printer Canon MP237 bisa dilakukan sesuai dengan masalahnya.

Kahfi Talk less Do More