Kahfi Talk less Do More

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 dan Tips Merawatnya Agar Tak Mudah Rusak

3 min read

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770

Bagaimana cara memperbaiki printer Canon IP2770? Jika Anda sering menggunakan printer Canon IP2770, maka tak heran jika menemukan masalah pada printer ini. Misalnya masalah tinta macet, lampu kedap-kedip, hingga infus tinta tidak keluar.

Sebetulnya, masalah printer Canon IP2770 error bisa diatasi dengan mudah asalkan mengetahui caranya. Namun, sayangnya tidak semua pengguna mengetahui cara mengatasi printer IP2770 bermasalah.

Apalagi, bagi pengguna baru yang belum pernah menggunakan printer Canon IP2770 dan memperbaikinya. Jangan khawatir jika Anda sama sekali tidak memahami error pada printer Canon. Sebab Anda bisa menemukan solusinya dalam artikel ini.

Kalau Anda ingin Mencari Cara Memperbaiki Printer Canon MP237 sesuai Kode Error, Anda bisa mengeceknya di artikel kami yang lain.

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770

Jenis printer ini bisa dikatakan merupakan printer yang paling ekonomis dan memiliki performa bagus. Meskipun demikian, ada kalanya Anda juga harus menghadapi masalah error printer Canon IP2770.

Lalu, bagaimana mengatasinya? Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Memperbaiki Posisi Cartridge

Jika Anda menemukan masalah printer Canon IP2770 tidak print, Bisa jadi penyebabnya berasal dari cartridge. Masalah ini dapat diatasi dengan mudah yaitu hanya dengan memperbaiki posisi cartridge. Berikut cara memperbaiki printer Canon IP2770:

  • Buka penutup printer
  • Lepaskan cartridge
  • Bersihkan bagian tempat keluarnya tinta pada cartridge dengan menggunakan tisu
  • Tekan tombol resume dan tahan 5 sampai 6 detik hingga peringatan error pada printer menghilang

Cartridge adalah wadah yang berfungsi menampung tinta pada printer. Semakin sering printer digunakan dan mengeluarkan tinta, maka kualitas dari cartridge juga akan semakin berkurang.

Maka, wajar saja jika sewaktu-waktu cartridge tidak dapat berfungsi normal hingga menyebabkan printer mengalami error. Masalah pada cartridge pada umumnya ditandai dengan lampu orange berkedip 15 kali.

2. Memperbaiki Error Number 5200

Cara memperbaiki printer Canon IP2770 berikutnya yaitu memperbaiki error number 5200. Masalah error number 5200 terjadi ketika printer tidak bisa melakukan proses printing sehingga harus segera diperbaiki.

Pada umumnya masalah ini ditemukan pada printer yang dipasang tinta suntik. Printer mendeteksi adanya perbedaan inisialisasi cartridge ketika baru dipasang dengan sebelumnya.

Untuk memperbaikinya, pengguna perlu melakukan reset printer canon ip2770. Berikut langkah-langkahnya:

  • Matikan printer terlebih dahulu dengan mencabut kabelnya
  • Tekan tombol resume kemudian tahan dalam waktu 2 detik
  • Tekan tombol power tanpa melepas tombol resume
  • Tunggu beberapa saat hingga lampu power menyala normal (tidak berkedip)
  • Matikan lagi printer
  • Nyalakan kembali printer dengan menekan tombol power

3. Reset Menggunakan Software

Masih ada satu lagi cara memperbaiki printer canon IP2770 yang wajib dicoba. Yaitu, dengan reset menggunakan software. Berikut langkah-langkahnya:

  • Instal software Canon IP2770. Software ini bisa didownload atau langsung instal dari driver bawaan
  • Masukan 2 lembar kertas pada printer
  • Tekan tombol ‘MAIN’, lalu tunggu hingga printer mencetak kertas tersebut
  • Klik tombol ‘Restart’ pada software
  • Klik ‘OK’

Tips Merawat Printer Canon IP2770

Selain mengetahui cara memperbaiki printer Canon IP2770, Anda juga perlu mengetahui tips merawat printer Canon IP2770. Tujuannya supaya printer tidak cepat mengalami error lagi. Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Jaga Kebersihan Printer

Perhatikan selalu jaga kebersihan printer agar tidak mudah mengalami error. Jika printer jarang digunakan sebaiknya ditutup menggunakan kain lembut supaya tidak cepat kotor.

Debu dan kotoran yang masuk ke dalam printer bisa merusak motor atau mesin hingga membuat printer error. Jika printer selalu dipakai setiap hari dan tidak pernah ditutup, bersihkanlah secara berkala.

Anda bisa membersihkan printer paling tidak 1 kali dalam seminggu. Gunakan tisu atau kain lembut untuk menghilangkan debu yang menempel.

2. Lakukan Clean Head

Tips berikut yang tak boleh dilewatkan yaitu melakukan clean head. Tips yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan performa printer sehingga tidak mudah mengalami error.

Clean head sendiri adalah cara untuk membersihkan printer head dengan mengeluarkan tinta saat proses printing. Cara ini juga dipercaya dapat mencegah printer head mengalami penyumbatan tinta.

Sistem clean head bisa dilakukan untuk merawat printer jenis apapun, tak terkecuali Canon IP2770. Namun, Anda tidak bisa melakukan clean head terlalu sering karena hal ini justru bisa menyebabkan kerusakan sistem pada printer.

3. Gunakan Tinta Asli yang Direkomendasikan

Anda juga harus menggunakan tinta asli yang direkomendasikan oleh Canon. Jangan gunakan tinta KW atau merek yang tidak jelas kualitasnya karena bisa membuat performa printer menurun.

Jika Anda menggunakan tinta suntik, pastikan merek tinta yang digunakan kompatibel untuk printer Canon IP2770. Sebab, merek tinta yang tidak kompatibel bisa menyebabkan cartridge rusak hingga membuat printer error.

Penggunaan tinta orisinil dan sesuai dengan rekomendasi produsen akan memberikan hasil print yang memuaskan. Apalagi, jika ingin menggunakan tinta infus sebaiknya pilih yang paling berkualitas.

4. Ganti Tinta Sebelum Habis

Anda harus rajin mengecek tinta dan jangan sampai membiarkannya hapus hingga mengering di dalam cartridge. Sebelum tinta habis Anda sudah harus mengisinya kembali. Jika Anda telah mengisi tinta maka cartridge akan cepat kering sehingga harus diganti.

Proses printing dengan cartridge kering juga dapat membuat printer menjadi cepat rusak. Adapun, saat mengisi tinta kedalam cartridge pastikan untuk tidak menyentuh chip cartridge.

Sensor yang terdapat pada cartridge bisa rusak jika tersentuh oleh tangan. Apalagi jika tangan Anda kotor sehingga debu dapat menempel ke bagian chip cartridge.

5. Ganti Selang Infus Berkala

Jika Anda menggunakan tinta infus sebaiknya ganti selang secara berkala. Ketika printer sering digunakan untuk mencetak maka memungkinkan selang mengalami penyumbatan dan dapat membuat printer mengalami error.

Selang infus juga memiliki masa penggunaan sehingga tidak bisa dipakai selamanya. Karena fungsi selang infus sama seperti cartridge yaitu untuk menyalurkan tinta ketika mencetak kertas, maka selang juga harus dirawat dan diganti berkala.

Banyak orang beranggapan bahwa selama selang masih bisa menyalurkan tinta maka selang tersebut masih bisa digunakan. Hal ini jelas-jelas salah karena selain dapat membuat tinta tersumbat, selang yang sudah dipakai lama juga bisa menjadi keras dan tersangkut di dalam printer.

6.  Jangan Mencetak Kertas Sekaligus dalam Jumlah Banyak

Jika Anda sedang sibuk dan harus mencetak kertas dalam jumlah yang banyak sebaiknya jangan mencetaknya sekaligus. Anda bisa mencetaknya dengan cara berkala dan berilah jeda beberapa menit yaitu mulai dari 15 sampai 20 menit.

Mencetak kertas dalam jumlah banyak tanpa dijeda bisa membuat motor printer menjadi panas hingga terjadi internal korsleting. Nah, hal inilah yang bisa menyebabkan printer Anda error hingga mengalami kerusakan.

Jangan paksa printer anda untuk mencetak kertas dalam jumlah banyak sekaligus. Anda harus memberi waktu istirahat pada printer supaya tidak panas dan mengalami error.

Demikian informasi mengenai cara memperbaiki printer Canon IP2770. Supaya printer tidak cepat rusak dan sering error, Anda harus melakukan keenam tips yang sudah dijelaskan di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Kahfi Talk less Do More