Kahfi Talk less Do More

Penyebab dan Cara Memperbaiki Printer Epson L365

3 min read

Cara Memperbaiki Printer Epson L365

Cara Memperbaiki Printer Epson L365

Cara memperbaiki printer Epson L365 harus disesuaikan dengan sumber masalah yang terjadi pada printer. Sama dengan merek lainnya, printer bisa mengalami error atau kerusakan sehingga mengganggu fungsinya atau bahkan tidak bisa digunakan.

Printer menjadi alat elektronik yang sangat penting, khususnya di perkantoran atau perusahaan karena berfungsi untuk mencetak dokumen. Jika Anda menjumpai adanya masalah pada printer, maka jangan langsung khawatir karena pasti ada solusinya.

Masalah yang Sering Terjadi pada Printer Epson L365

Sebelum mengetahui cara terbaik untuk memperbaiki printer Epson L365, ada baiknya kita mengetahui berbagai masalah yang sering terjadi pada printer ini. Kadang, Anda harus download resetter epson I365 full version gratis sebagai solusi.

1. Bagian Tinta yang Macet

Untuk melakukan fungsinya, printer membutuhkan tinta warna, baik itu hitam, putih, merah, kuning dan biru sebagai warna pokoknya. Terkadang, tinta printer tidak mau keluar dan malah macet sehingga hasil cetakan terlihat buram atau hanya kosong.

Tanpa adanya tinta, dokumen Anda tentu tidak bias dicetak dengan baik, apalagi jika ada gambar dan warna lain dalam dokumen tersebut. Cara mengatasi masalah ini adalah memastikan tinta printer tidak habis atau memastikan terpasang dengan baik.

2. Penarikan Kertas yang Berlebihan

Kertas kosong nantinya akan ditarik oleh roller penarik kertas yang terdapat pada print sehingga hasil cetakan satu per satu. Dalam kondisi tertentu, Anda mungkin akan menemukan printer menarik kertas lebih dari satu sehingga hasilnya tidak sesuai.

Masalah ini disebabkan karena bagian roller penarik kertas mengalami masalah, rusak atau aus. Jika Anda menjumpai masalah ini, maka tidak perlu khawatir karena ada cara memperbaiki printer Epson L365.

3. Masalah pada Pendeteksi Tinta

Ketika tinta printer sudah menipis, komputer akan memberikan tanda dan meminta Anda untuk mengisi ulang tinta tersebut. Terkadang, kita menjumpai tanda jika tinta printer sedang habis, tapi saat dibuka ternyata tinta tersebut masih penuh.

Masalah ini biasanya disebabkan karena pendeteksi tinta tidak dapat berfungsi dengan baik. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset yang akan kita ketahui caranya setelah pembahasan masalah pada printer Epson ini.

4. Lampu Indikator yang Membuat Printer Mogok

Cara memperbaiki printer Epson L365 yang terbaik adalah sesuai dengan penyebab masalah tersebut. Apabila terjadi masalah pada printer Epson L365 biasanya akan dibarengi dengan lampu indikator yang berkedip beberapa kali tergantung errornya.

Kedipan lampu LED tersebut bisa menjadi tanda bahwa terjadi masalah atau kerusakan pada catride, kabel tinta, pendeteksi tinta dan lain sebagainya. Cara yang biasa dilakukan adalah memprogram ulang printer tersebut.

5. Notifikasi Penyerap Tinta Penuh

Terakhir, notifikasi penyerap tinta penuh juga menjadi masalah tersendiri bagi pengguna printer Epson L365. Anda bisa mengatasi masalah dengan cara mengatasi printer bergaris Epson L360 karena cara yang sama bisa dilakukan pada tipe berbeda.

Printer Epson memiliki sebuah wadah untuk menampung pembuangan tinta yang terbuat dari spon berdaya serap tinggi. Terkadang, penampung tersebut sudah penuh sehingga harus segera diganti agar tidak mengganggu fungsi printer Epson L365.

Setelah mengetahui berbagai masalah yang sering terjadi pada printer Epson L365, maka Anda harus bisa mengatasinya dengan baik. Cara reset printer Epson L365 bisa menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang sudah kita jelaskan.

Cara Memperbaiki Printer Epson L365 pada Bagian Blinking

Cara mengatasi printer Epson L360 tidak bisa fotocopy sebenarnya juga bisa dilakukan pada seri lainnya, termasuk L365. Namun, masalah lain juga bisa dialami oleh printer Epson jadi Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

1. Cara Paling Mudah

Jika ada cara memperbaiki printer Epson dengan mudah, kenapa harus memilih cara yang rumit atau panjang? Bahkan, Anda bisa memanfaatkan download aplikasi yang membantu memperbaiki masalah pada printer ini.

  • Cabut kabel power pada printer dan diamkan beberapa menit agar suhu printer kembali normal.
  • Setelah itu, colokkan kembali kabel power dan hidupkan printer lalu tunggu beberapa menit hingga proses booting. Anda juga bisa download resetter agar proses ini tidak menghabiskan banyak waktu.
  • Tekan tombol yang blink, misalnya pada tombol bergambar Resume atau Tinta. Tekan selama 5 detik lalu lepaskan.
  • Tekan kembali tombol tersebut dalam 3 detik lalu lepas lagi.
  • Tekan tombol Resume sekitar 1 detik saja atau secara cepat.
  • Selanjutnya, tunggu proses reset pada printer Epson selesai dilakukan.
  • Gunakan printer untuk melakukan printing sebagai uji coba.

Beberapa masalah sudah bisa terselesaikan dengan cara mudah di atas, namun terkadang Anda juga harus melakukan adjustment program agar masalah printer Epson bisa diatasi dengan baik.

2. Cara Alternatif

Jika masalah printer belum bisa diatasi dengan cara pertama, maka Anda bisa cara mengatasi printer Epson L360 status monitor 3 yang sama dengan tipe lainnya. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah error printer Epson.

  • Download software program full version gratis melalui berbagai situs.
  • Setelah unduhan selesai, extract hasil download di komputer. Anda bisa menuliskan password yang didapatkan dari situs tersebut.
  • Jalankan Adjprogcracked.exe
  • Selanjutnya akan muncul halaman aplikasi jika software telah dapat digunakan, lalu pilih “select”.
  • Pilih printer Epson L365 yang akan di set ulang dan pilih auto selection pada bagian port.
  • Setelah itu, akan muncul menu di layar lalu pilihlah Particular Adjustment Mode.
  • Pilih Waste Ink Pad Counter dan klik OK.
  • Halaman dialog Wate Ink Pad Counter akan muncul, lalu checklist tulisan Main Pad Counter.
  • Klik Check hingga proses Reading Now selesai, kemudian klik Intialization hingga proses Reading Now selesai. Namun, jika Anda menemukan notifikasi When the OK Button is clickes, intialization is done, lalu klik OK dan Finish.
  • Mungkin Anda akan melihat notifikasi bertuliskan “Please turn off the printer”, maka matikan printer Epson L365 terlebih dulu, kemudian hidupkan lagi.
  • Pada bagian bawah tulisan Please turn off the printer, klik OK. Berikutnya, pemberitahuan akan muncul lagi, seperti The Waste ink pad counter has been intialized properly, klik OK.
  • Proses ini sudah selesai dan Anda bisa langsung keluar untuk mencoba melakukan printing.

Proses perbaikan printer Epson L365 ini lebih cepat dilakukan jika Anda sudah download Epson adjustment program L365. Penggunaan software ini bisa mempercepat cara mengatasi masalah yang biasa dialami oleh Epson L365.

Setelah melakukan cara di atas, biasanya masalah printer Epson L365 akan langsung selesai jadi Anda bisa segera menggunakan printer tersebut. Dalam beberapa kondisi, mungkin masih ada masalah yang tidak bisa terselesaikan begitu saja.

Jika Anda sudah melakukan cara di atas dan masalah belum juga selesai, maka tidak ada salahnya untuk mempercayakan masalah ini pada jasa service printer profesional. Dengan begitu, cara memperbaiki printer Epson L365 bisa menjadi solusi terbaik.

Kahfi Talk less Do More