Kahfi Talk less Do More

Cara Mengatasi 404 di Blogger yang Error

3 min read

Cara Mengatasi 404 di Blogger

Ketika sedang berselancar di internet, mungkin Anda pernah menemukan kasus link hilang atau rusak yang bisa membuat halaman url bermasalah. Permasalahan yang paling sering ditemukan ialah http error 404. Lantas, bagaimana sih cara mengatasi 404 di blogger?

Jangan khawatir, pada bahasan kali ini akan dipaparkan terkait tips dan cara mengatasi 404 di blogger yang error. Dengan demikian, Anda bisa menyelesaikan permasalahan pada laptop atau komputer Anda tersebut.

Apa Sih Error 404 Itu?

Sebelum membahas cara mengatasi 404 di blogger bermasalah maka Anda harus tahu dulu terkait Error 404 blogspot. Dalam hal ini, Blogger 404 merupakan suatu permasalahan yang paling sering dialami oleh setiap blogger.

Sebenarnya, apa itu error 404? Jadi, 404 page not found artinya adalah suatu peringatan yang akan muncul ketika browser tidak bisa menemukan konten maupun file yang hendak diakses. Penyebab dari masalah ini cukup beragam seperti konten rusak, hilang, atau berubah nama.

Error 404 ini juga disebut sebagai suatu kesalahan dimana terjadi akibat URL maupun link yang hendak dituju tidak lagi ditemukan. Masalah ini juga sering terjadi akibat root pada blogspot yang sebenarnya secara asli tanpa menggunakan www.

Dalam hal ini, pesan error 404 sendiri bisa memunculkan bentuk yang bermacam-macam sesuai tema yang Anda gunakan. Sebagai contoh pesan error 404 berupa “url error 404 not found”.

Akibat dari munculnya error 404 ini juga bermacam-macam. Satu hal yang pasti yaitu konten tersebut sudah tidak diakses lagi oleh pengunjung sehingga mereka bisa kecewa. Halaman error 404 not found ini juga berpengaruh pada SEO.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi 404 di blogger. Dengan mengetahui cara mengatasi 404 not found maka Anda tak akan panik lagi apabila menemukan kasus serupa. Url error 404 not found menjadi semacam pesan error yang cukup menyebalkan.

Ketika sebuah situs memiliki banyak broken link, khususnya pada blog maka skor SEO blog tersebut akan memburuk sesuai pandangan Google. Buat Anda pengunjung blog, maka  Anda bisa menerapkan cara mengatasi 404 di blogger nginx yang disampaikan berikut ini.

Cara Mengatasi  Error 404 pada Blogger

Cara Mengatasi 404 di Blogger

Buat Anda yang sudah penasaran bagaimana cara mengatasi 404 di blogger dengan mudah maka Anda wajib menyimak artikel ini hingga habis. Cara untuk mengatasi masalah ini sebenarnya terbilang mudah. Anda hanya perlu menghapus broken link.

Namun, pada beberapa kasus yang lain ataupun apabila Anda hendak mempertahankan trafik yang ada pada link tersebut, maka Anda bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi pesan error 404 tanpa harus menghapus broken link.

1. Mengatasi Setelah Ganti Custom Domain

Jika Anda memasang custom domain pada Blogger, maka error 404 bukan hal yang langka lagi. Pesan error ini muncul apabila Anda mengakses situs dengan maupun tanpa WWW. Pada Google sendiri pengguna domain keduanya dianggap dua elemen yang beda dan terpisah.

Berikut ini upaya yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi 404 di blogger ke Beranda yang bisa Anda ikuti:

  1. Loginlah pada dashboard Blogger;
  2. Masuk pada menu pengaturan atau Setelan kemudian Dasar;
  3. Lihatlah pada bagian publikasi. Anda bisa klik tautan Edit yang ada di custom domain yang telah dipasang;
  4. Centang pada bagian opsi Alihkan, Contoh efyei.com ke www.efyei.com;
  5. Jika sudah simpan.

Begitulah cara mengatasi 404 di blogger akibat penggantian domain yang sudah dilakukan.

2. Mengatasi Error 404 Akibat Permalink yang telah Diubah

Selanjutnya, apabila Anda telah mengubah permalink pada blogger, maka sebaiknya Anda melakukan redirecting atau pengalihan dari link lama menuju link baru. Dengan adanya cara ini, Anda tak harus kehilangan trafik dan reputasi Anda dari link yang lama.

Bahkan, tidak hanya itu upaya mengalihkan link ini juga penting dalam menghindari broken link yang sering menjadi penyebab munculnya error 404. Bagaimanapun, link sebelumnya yang belum terhapus namun sudah terindeks, pasti memang masih bisa diakses.

Agar bisa mengatasi hal ini, berikut merupakan langkah-langkah yang dapat Anda coba:

  1. Loginlah pada Akun Blogger.com Anda;
  2. Masuk pada menu Setelan kemudian pilih pada bagian Preferensi Penelusuran;
  3. Carilah opsi Custom Redirects atau pengalihan khusus kemudian klik pada tautan Edit;
  4. Masukkanlah nama link yang hendak diubah beserta nama link akan akan menggantikanya. Cukup tuliskan judul postnya saja, tanpa harus menulis nama domainnya;
  5. Centang pada opsi Permanen;
  6. Jika sudah, klik Simpan.

Itulah cara yang harus Anda lakukan dengan mengalihkan link lama pada link baru agar bisa mencegah terjadinya error 404 not found pada Blogger.

3. Cara Mengatasi Error 404 Basic

Untuk bisa mengatasi error 404, Anda juga bisa mencoba cara sebagai berikut:

  1. Masuk pada halaman utama Blogger yang Anda miliki;
  2. Jika sudah, masuk pada bagian Settings kemudian Basic
  3. Anda bisa klik Edit yang ada di dalam Publishing sebelah kanan;
  4. Selanjutnya, pilihlah Redirect pada www.domainanda.com
  5. Anda bisa mencentang untuk pengalihan nama domain;
  6. Jika sudah klik Simpan

Selesai, itulah cara mengatasi error 404 yang bisa Anda coba. Dalam hal ini, pastikah terlebih dahulu bahwa domain yang Anda maksud telah ada sehingga setelah dilakukan forward maka error 404 sudah tak muncul lagi.

4. Mengatasi Error 404 dengan Javascript

Cara ampuh yang bisa dicoba dalam mengatasi error 404 not found adalah dengan membuat pesan khusus pada setiap broken link yang terjadi. Melalui cara ini, seluruh link yang error maupun hilang bisa secara otomatis dialihkan pada halaman depan (homepage) website Anda.

Agar bisa melakukan hal ini, ikutilah caranya berikut ini:

1. Loginlah pada Blogger;

2. Jika sudah, masuk pada bagian Setelan kemudian Preferensi Penelusuran;

3. Jika sudah, carilah opsi pada bagian “Pesan khusus untuk halaman tak ditemukan” Anda bisa klik Edit;

4. Masukkan kode yang tertulis di bawah ini. Anda bisa mengganti nama websitenya menggunakan nama website Anda sendiri;

<script type = “text/javascript”>my_redirect = setTimeout(function() {window.location.href = ‘https://www.namawebsiteAnda.com/’;}, 10);</script>

5. Jika sudah klik Simpan;

Baiklah, itulah cara mengatasi error 404 pada Blogger menggunakan script khusus agar bisa mengalihkan link mati menuju homepage secara otomatis.

Memang, perlu diketahui dengan cara-cara diatas kita masih kesulitan untuk mengetahui link mana yang benar-benar rusak, hilang atau error. Apabila sewaktu-waktu Anda hendak memperbaiki broken link yang ada di Blogger, sebaiknya script tersebut dihapus dulu.

Penutup

Itulah tutorial cara untuk menghapus error 404 not found di Blogger. Semoga cara mengatasi 404 di blogger tersebut bisa bermanfaat bagi Anda. Pastikan benar-benar mengikuti langkah-langkah agar tidak keliru saat mencoba. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kahfi Talk less Do More