Kahfi Talk less Do More

2 Cara Menghapus Pencarian di Playstore, Anda Bisa Mencobanya!

3 min read

Cara Menghapus Pencarian di Playstore

Riwayat pencarian ataupun history selalu meninggalkan jejak dari kegiatan pencarian Anda. Begitupun dengan pemakaian platform Play Store. Saat mencari aplikasi dan mengunduhnya di perangkat Anda, maka secara otomatis sistem merekam pencarian tersebut. Bagi Anda yang kurang nyaman dengan fitur ‘History’ ini, bacalah cara menghapus pencarian di Play Store yang dapat Anda terapkan dengan mudah.

Riwayat pencarian Anda akan menumpuk seiring berjalannya waktu, jika tidak dihapus secara berkala. Setiap keyword yang dimasukkan dalam kolom pencarian akan terekam oleh mesin, sehingga mudah jika Anda menginginkan pencarian yang sama di lain waktu.

Fitur ini sebenarnya membantu Anda dalam proses penelusuran ulang, tanpa mengetikkan nama yang sama persis.

BACA JUGA: Cara Hapus Teman Facebook Yang Sudah Tidak Aktif Secara Massal

Hanya saja dengan fitur riwayat ini, ada beberapa orang kurang nyaman dengan pencarian mereka, khususnya di aplikasi PlayStore. Mereka merasa apa yang dicari memuat konten yang berhubungan dengan hal pribadi.

Untuk itu, agar Anda lebih mengenal aplikasi Playstore ini dan caranya menghapus pencarian Anda, simak ulasan ini hingga selesai!

Tentang Play Store

Tentang Play Store
Kumparan.com

Berdasarkan awal mula berdirinya, PlayStore diluncurkan oleh Google pada 6 Maret 2012. Dimana adanya platform ini, Google menginginkan perubahan besar tentang perangkat (Android) yang mengkonsolidasikan semua sistem operasi berada di satu tempat yakni PlayStore.

Sebelum itu, pengguna android diharuskan menggunakan Android Market untuk mendapatkan game, aplikasi, film, dan acara TV. Sedangkan untuk musik di Google Music dan buku di Google eBookstore.

Penggabungan oleh Google ini membawa kemudahan bagi pengguna Android. Seiring berjalannya waktu, Play Store sudah menjadi pusat pengguna Android dalam berbagai konten.

Meskipun ada aplikasi pihak ketiga yang ramah bagi pengguna Android, seperti Amazon Appstore, namun semua aplikasi tersebut tidak sebanding jumlahnya dengan yang tersedia di Play Store.

BACA JUGA: 4 Cara Menghapus Foto Profil di Akun Google Paling Mudah

Informasi ini penting untuk Anda simak sebelum menuju ke cara menghapus pencarian di Play Store. Pasalnya, di platform tersebut Anda (khususnya pengguna android) akan menemukan banyak konten, yang diperkirakan mencapai 2,77 juta aplikasi game dan bisa diunduh.

Hal ini disampaikan oleh perusahaan riset AppBrain, dan belum termasuk konten film, acara TV, musik, ebooks, majalah, dan lain sebagainya.

Selain bisa diatur agar penarian Anda, yang bersifat pribadi terhapus dari riwayat pencarian. Anda juga bisa menggunakan fitur yang ada di Play Store, sehingga menambah keamanan perangkat Anda.

Adapun kemudahan tersebut seperti (1) menemukan aplikasi yang telah di-review, (2) mengatur ikon aplikasi baru di home screen, (3) mematikan auto update aplikasi, dan (4) mencegah orang lain untuk meng-install aplikasi.

Cara Menghapus Pencarian di PlayStore

Setelah Anda mengenali ulang aplikasi PlayStore, yang umumnya tersedia secara default untuk pengguna android. Anda akan mengetahui cara menghapus daftar riwayat pencarian, jika kurang nyaman terakam di aplikasi tersebut.

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, bahwa riwayat pencarian di Play Store akan tersimpan, sehingga memudahkan pencarian aplikasi selanjutnya.

Alasan paling umum untuk pengguna Android, agar pencarian sebelumnya tidak terlihat orang lain adalah masalah pribadi yang kurang nyaman jika diketahui banyak orang. Untungnya, menghapus riwayat pencarian ini cukup mudah. Dimana Anda hanya perlu membuka setelah layanan, untuk melakukan apa yang Anda inginkan.

Secara garis besar, cara menghapus pencarian di Play Store sebagai berikut ini.

1. Pertama, bukalah aplikasi PlayStore yang ada di perangkat Anda.

2. Ketuk (sentuh) foto profil yang ada di kolom pencarian, sebagai berikut.

Ketuk (sentuh) foto profil yang ada di kolom pencarian

3. Pilih ‘Setting

Pilih ‘Setting’

4. Cari menu ‘General’ dan pilih.

Cari menu ‘General’ dan pilih

5. Lalu, Anda bisa masuk ke menu ‘Account and Device Preferences’

Account and Device Preferences

6. Carilah bagian ‘History’ di halaman tersebut.

7. Pilih (sentuh) menu ‘Delete device search history’ seperti gambar di bawah.

Delete device search history

8. Selesai

Apabila Anda sudah bisa menghapus pencarian Anda di aplikasi PlayStore, kemudian melanjutkan prosesnya dengan cara mengelola beberapa hal di ‘Account and Device Preferences’.

Di sana Anda bisa memilih untuk berhenti mengikuti program beta tester aplikasi. Untuk langkah ini, bisa Anda lakukan dengan cara menyentuh tombol ‘Leave beta programs’.

Dengan cara seperti itu, secara otomatis Anda akan keluar pada semua program beta, sehingga pembaruan aplikasi yang berjalan di perangkat Anda semakin stabil.

Lebih lanjut lagi, Anda bisa memilih opsi ‘Unregister for app & game pre-registration’, agar membatalkan proses registrasi awal saat aplikasi maupun game baru melakukan pengembangan.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP Oppo, Xiaomi, DLL

Pengaturan ini bisa juga bisa membatalkan keikutsertaan Anda dalam suatu event pengembangan aplikasi, dengan menekan opsi ‘Unregister for upcoming event’. Atau juga bisa menggunakan cara ketuk ‘Clear Wishlist’ agar menghapus keinginan Anda di aplikasi Play Store. Cara menghapus riwayat pencarian di atas, bukalah jalan satu-satunya.

Masih ada metode lain yang bisa Anda coba, jika cara pertama gagal dilakukan. Metode ini seperti memilih opsi clear data, untuk menghapus file yang tersimpan di perangkat secara otomatis. Adapun cara ini bisa dijelaskan sebagai berikut.

1. Pertama, bukalah menu ‘Setting’ di perangkat Anda.

2. Lanjutkan dengan masuk ke manajemen aplikasi (umumnya ditulis pada perangkat sebagai Apps atau App management). Berikut ini perintahnya.

perangkat sebagai Apps atau App management

3. Lalu, cari dan pilih menu ‘Google Play Store

pilih menu ‘Google Play Store’

4. Temukan menu ‘Storage’ dan bukalah.

Storage

5. Setelah itu tekan menu ‘Clear Data

Clear Data

6. Untuk menjalankan perintah tersebut, konfirmasi dengan memilih opsi ‘Delete

Delete

Dengan cara di atas, Anda tidak perlu khawatir data-data yang ada di perangkat terhapus. Karena proses tersebut hanya berlaku, untuk aplikasi Play Store saja. Penghapusan ini sudah termasuk berkas-berkas pencarian yang Anda masukkan ke dalam kolom pencarian aplikasi Play Store.

Tentang Cache dan Batas Minum Menghapusnya

Apakah Anda tahu, bahwa tindakan penghapusan riwayat pencarian juga berhubungan dengan istilah ‘cache’? Cache merupakan proses penyimpanan sementara yang bermanfaat saat proses loading suatu halaman website atau aplikasi.

Sederhananya, cache dapat mempercepat halaman informasi yang Anda inginkan di sebuah pencarian, termasuk Play Store.

Setiap Anda berkunjung di salah satu web atau aplikasi tertentu, maka cache akan terbentuk. Oleh karena itu, proses membuka halaman yang seharusnya memakan waktu lama, dapat dipersingkat dengan cache.

Adapun fungsi utama dari cache sendiri adalah sebagai informasi yang memuat situs web lebih cepat, karena data mudah diakses oleh pengguna.

Idealnya dalam mengelola cache membutuhkan penanganan, agar device, baik smartphone dan komputer tidak berjalan lambat.

Dari hal ini, banyak yang menyarankan agar penghapusan cache dilakukan secara berkala, sehingga ruang penyimpanan tidak mudah penuh dengan berkas pencarian. Selain itu bisa membuat aplikasi atau perangkat berjalan secara optimal.

Selengkapnya menjadi penjelasan panjang tentang cara menghapus pencarian di PlayStore. Dengan membaca ulasan ini Anda sudah memahami pentingnya menghapus riwayat pencarian di perangkat. Adapun fungsinya, selain untuk menjaga privasi dari orang lain, juga menjadikan perangkat Anda memiliki banyak space penyimpanan, dan berjalan secara optimal.

Kahfi Talk less Do More