Kahfi Talk less Do More

Ingin Download Audio Instagram? Berikut Cara dan Penjelasannya!

6 min read

Download Audio Instagram

Siapa sekarang yang tidak mengenal Instagram? Semua fitur yang ada didalamnya membuat orang betah berlama-lama di sana. Perusahaan Meta yang menaunginya, terus melakukan perubahan pada semua fitur Instagram. Selain untuk bersaing dengan aplikasi pembuat video pendek lainnya, kini Instagram menjadi populer di kalangan anak muda, terlebih dengan penambahan fitur download audio Instagram secara otomatis.

Melalui peluncuran terbarunya, pengguna Instagram akan dimudahkan dalam pengunduhan audio, hasil dari video apapun di platform ini menuju penyimpanan internal perangkat Anda. Jika Anda ingin melakukan proses pengunduhan video di Instagram, video tersebut haruslah berdurasi minimal 5 menit.

Pengguna Instagram sekarang ini sudah mencapai 1 milyar. Hal ini karena kemampuannya dalam meningkatkan engagement di antara penggunanya. Dari tahun ke tahun, fitur yang ada di Instagram selalu meningkat. Walaupun ada beberapa fitur yang sudah dihapus, namun inovasi selalu ditingkatkan, agar pengguna tidak beralih ke platform lainnya.

Satu fitur yang paling digemari di Instagram adalah Instagram Reel. Pengunduhan audio di Reels Instagram cukup beragam caranya. Pun lagu-lagu yang dihadirkan adalah lagu yang trending di masa sekarang. Instagram Reel juga menghadirkan lagu cover original, yang mudah ditemukan oleh pengguna.

Artikel ini akan membahas mengenai popularitas Instagram dan fitur Reel-nya. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui cara apa saja yang bisa digunakan, agar video Reel dapat terunduh di smartphone dalam bentuk audio. Maka dari itu, simak ulasan ini hingga selesai, agar Anda mendapatkan keseluruhan insight-nya!

Tentang Reels Instagram

Reel Instagram merupakan fitur baru untuk dapat digunakan oleh pengguna dalam membuat video berdurasi 15 detik, dan disertai sebuah musik, lalu dibagikan ke stories pengguna. Hampir sama dengan platform TikTok, Reels Instagram telah digunakan di berbagai negara dunia. Reel Instagram juga memiliki halaman For You versinya sendiri, yakni Reels Explore Feed yang baru.

Di tahun 2020, Reel Instagram telah dirilis, dan menjadi fitur pembuat video multi-klip yang dapat disisipi suara, efek, dan musik. Di dalamnya terdapat katalog musik lengkap, yang mungkin saja Anda kenal dan kamu juga bisa download audio reels instagram tersebut. Karena semua lagu yang ada di Reel Instagram merupakan musik trending, termasuk hits top modern dan artis populer.

Ada beberapa momen tren video di Reel Instagram menjadi hype dan banyak digemari. Salah satu faktornya adalah sisi audio serta sisi pengeditannya. Ketika seseorang memposting Reel Instagram, dua faktor ini selalu diperhatikan, agar video yang dihasilkan dapat menarik dan dilihat banyak orang.

Aktivitas pengguna di platform Instagram telah berubah. Dimana dulu orang berbagi foto, kemudian menyukai dan mengomentarinya. Tetapi, kini banyak aktivitas yang bisa dijalankan di aplikasi ini misalnya membuat stories dan video pendek Reel. Tim Pengembang tidak membuat sesuatu yang baru, mereka menambahkan fitur di aplikasi lainnya dan menerapkannya di Instagram, bahkan mampu melampaui versi aslinya.

Contohnya fitur Stories Instagram yang mengadopsi fitur aplikasi Snapchat. Apa yang dilakukan oleh Instagram justru lebih populer dibandingkan aslinya, hingga diaplikasikan di beberapa platform lainnya seperti Youtube dan Facebook. Sama halnya dengan Reel Instagram yang mengadopsi platform TikTok, Instagram memungkinkan pengguna melakukan download audio Instagram Reel ke dalam penyimpanan internal perangkat.

Ada beberapa manfaat yang menjadikan pengguna Instagram lebih menyukai fitur Reels. Contohnya bagi pelaku bisnis, dan content creator yang memilih menggunakan content sebagai ladang mendapatkan keuntungan. Berikut manfaat penggunaan Reel Instagram.

● Meningkatkan Engagement Post Instagram

Setiap content yang diposting akan tersimpan di halaman Explore dan Feeds Instagram. Tentu langkah ini akan semakin membuat engagement Anda meningkat. Anda perlu memastikan klip yang dibuat sudah bagus dan menarik perhatian sebelum diposting. Apalagi, jika Anda memiliki bisnis dalam bidang tertentu, maka keuntungan yang diperoleh semakin meningkat.

Semakin bagus konten yang diposting di Reels Instagram, maka kustomer akan semakin tertarik, hingga memutuskan membeli produk Anda. Mereka secara langsung akan berkunjung ke profil Instagram bisnis Anda dan melakukan penawaran di sana.

● Jumlah Follower Semakin Naik

Melalui postingan Reels yang muncul di Explore Instagram, maka traffic pengunjung akun bisnis Instagram Anda semakin meningkat. Hal ini juga disertai dengan naiknya jumlah follower Instagram Anda. Pastikan untuk selalu membuat postingan Reel Instagram yang menarik bagi konsumen. Karena semakin banyak followers, bisnis Anda akan semakin sukses dan dikenal banyak orang.

● Mampu Menarik Minat Konsumen

Masih berhubungan dengan poin di atas, dimana saat followers Anda meningkat, maka konsumen yang tertarik dengan bisnis Anda semakin berkembang. Jika Anda merasa bisnis online kurang diminati konsumen, cobalah untuk menggunakan fitur Reels Instagram.

● Menjadi Media Kolaborasi bersama Content Creator

Secara umumnya, para content creator lebih memilih melakukan postingan dengan me-review sebuah produk. Anda bisa melakukan kolaborasi bersama content creator yang sesuai dengan brand produk.

Reels Instagram Tambah Menarik dengan Tab Audio

Terlepas sebagai platform yang digunakan untuk mengekspresikan diri, Instagram, khususnya pada fitur Reels dapat dijadikan promosi produk bisnis Anda. Untuk membuat konten Reels Anda perlu menyisipkan lagu, agar konten semakin menarik perhatian. Adapun Reels Instagram juga dapat disisipkan musik, yang populer akhir-akhir ini menggunakan Tab Audio.

Semakin populernya Reels Instagram, pihak pengembang telah menambahkan Tab Audio untuk mempermudah pencarian lagu. Aplikasi Instagram telah mendedikasikan Tab pencarian untuk konten audio, serta bisa disisipkan di konten Reels pengguna. Seperti halnya kesuksesan Instagram, Stories dan Reels, Tab Audio digunakan sebagai pencarian trek audio di bagian Explore.

Mencari Konten Audio di Instagram

Hampir mirip dengan layanan aplikasi Tab Audio TikTok, pengguna dapat menemukan beberapa lagu yang mereka sukai. Pun kehadiran Tab Audio Instagram semakin memperjelas, bahwa pengembang ingin memenangkan pasar video berdurasi pendek, yang sebelumnya telah dikenalkan oleh platform TikTok. Adapun langkah-langkah untuk mencari audio Instagram sebagai berikut.

1. Bukalah aplikasi Instagram.

2. Klik ikon pencarian di kiri bawah layar perangkat Anda.

3. Klik kolom pencarian yang ada di bagian atas. Kali ini akan terbuka halaman pencarian dengan tab yang berbeda dari sebelumnya. Melalui tab TOP, Anda akan memilih lagu secara otomatis.

4. Pilihlah Tab Audio di antara akun dan tag.

5. Untuk yang terakhir, Anda dapat mengetikkan judul lagu atau nama artis yang menyanyi, agar Anda menemukan daftar audio.

Audio untuk Reels Melalui Tab Audio Instagram

Tab Audio reels Instagram

Tab Audio sebagai alat pencarian lagu dan audio di dalam Instagram menggunakan kata kunci. Ketika Anda mengetikkan judul lagunya, maka akan ditampilkan Reels yang telah digunakan pengguna sebelumnya. Daftar konten Reel yang ada di Instagram memberikan gambaran kepada Anda untuk memproduksi konten secara mandiri.

Adanya Tab Audio yang disediakan oleh Instagram, memiliki tujuan agar para content creator dan pengguna lainnya dipermudah dalam pembuatan konten disertai musik. Selain itu tab audio, juga diarahkan untuk meningkatkan fitur Reel Instagram.

13 Daftar Lagu Viral IG Yang Sering di Pakai Untuk Konten Reels

  1.  Genius – Labrinth, Sia Diplo (LSD)
  2. Snowman – SIA
  3. Melukis Senja Budi Doremi
  4. Mungkin Hari ini, Esok atau Nanti – Anneth
  5. Cuek – Rizky Febian.
  6. Kamu dan Kenangan – Maudy Ayunda.
  7. Bukan Cinta Biasa – Siti Nurhaliza.
  8. Awas Jatuh Cinta – Armada Band.
  9. It’s You – Sezairi
  10. Tutu – Camilo, Pedro Capo
  11. Know Me Too Well – New Hope Club
  12. Bahagia Bersamamu – Haico
  13. It’s a Beautiful Day – Evan McHugh

3 Cara Download Audio Reels Instagram

Setelah Anda mengetahui beberapa fitur di Instagram, termasuk Instagram Reels dan Tab Audio-nya. Tapi apakah Anda tahu jika mendownload audio/ lagu di Instagram dapat diunduh secara otomatis di aplikasinya langsung. Berikut akan dijelaskan cara download audio Instagram, baik di aplikasinya, melalui online converter, hingga cara mengubah eksistensinya.

1.  Menyimpan Audio Reels di Akun Instagram Anda

Menyimpan Audio Reels

Secara default, Instagram telah menyediakan akses untuk menyimpan audio Reels Instagram. Hanya saja fitur ini berbeda, jika dibandingkan dengan pengunduhan di online converter atau aplikasi converter lainnya. Pasalnya, pengunduhan audio Instagram tidak tersimpan secara permanen di ponsel Anda, melainkan berada di akun Instagram dan tidak bisa dibuka, jika Anda tidak berada di aplikasi tersebut.

Meskipun tidak bisa disimpan di perangkat, Anda masih bisa menggunakan audio untuk disisipkan di konten Reels Anda. Berikut adalah cara mengunduh audio reels Instagram, langsung dari aplikasinya.

1. Bukalah video Reels yang disisipi audio/lagu.

2. Ketukkan judul musik video Reels, atau tepatnya di bagian bawah nama akun pengguna yang telah Anda pilih.

3. Klik tombol ‘Simpan Audio’ yang berada di bagian atas. Lalu, bila Anda ingin langsung menggunakan audio-nya, maka klik tombol ‘Gunakan Audio’ di bagian bawah.

4. Jika Anda ingin mencari hasil download audio-nya, klik menu ‘Disimpan/Saved’. Kemudian, bukalah profil Anda, dan ketuk ‘Tombol Menu’ yang berbentuk tiga garis horizontal sebelah kanan.

5. Pilih menu ‘Disimpan’ > Klik folder ‘Audio

Gunakan Audio Reels Yang Di Simpan

Gunakan Audio Reels

1. Buka Profil Instagram, Klik Menu Kanan Atas

2. Klik Save Atau Simpan

3. Pada Tab Berikutnya, Pilih Audio

4. Semua Audio yang kamu simpan ada disini, Klik Tombol Play untuk memutar lagu.

Jika Kamu ingin menggunakan audio di atas untuk video reels kamu, kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Menggunakan Audio Yang tersimpan Untuk Membuat Reels

Cara ini biasa digunakan semua orang untuk menambahkan audio untuk membuat reels.

Audio Yang tersimpan Untuk Membuat Reels

1. Buka Aplikasi Instagram, pilih kamera

2. Geser ke bagian reels

3. Record video kamu dan tambahkan musik

4. Klik Ikon Musik

5. Klik Save atau simpan di bagian atas dan pilih musik sesuai keinginan

6. Pilih juga bagian audio yang ingin di pakai

2. Download Audio Reels Melalui Online Converter

Download Audio Reels Melalui Online Converter

Menggunakan opsi pengunduhan online converter, memungkinkan Anda menyimpan file audio di smartphone Anda. Sehingga jika Anda ingin menggunakannya secara offline akan tetap mendukung aktivitas Anda. menggunakan situs web video converter, dapat membantu Anda dalam mengkonversi video ke audio secara online.

Berikut cara mengunduh audio Reels Instagram melalui online converter, yang bisa Anda coba secara online. Adapaun cara ini akan menggunakan situs offmp3.com untuk proses konversi dan pengunduhannya.

1. Bukalah video Reels yang menurut Anda menarik audio-nya.

2. Lalu, klik tombol menu, yang berbentuk tiga titik vertikal, di bagian samping kanan layar Reels. Jika sudah klik ‘Salin Tautan

3. Berikutnya, buka browser di perangkat Anda, dan kunjungilah situs offmp3.com.

4. Paste URL di kolom yang disediakan situs offmp3.com, lalu klik tombol ‘Download’.

5. Tunggu beberapa saat, karena situs tersebut akan mulai mengkonversi video Reels menjadi audio. Jika proses ini sudah selesai, ketuk tulisan ‘Click Here’ untuk mendownload hasil akhirnya.

3. Mengubah Ekstensi Audio Instagram

Mengubah Ekstensi Audio Instagram

Untuk mengubah bentuk file video Reel Instagram tidak harus melalui proses konversi. Anda bisa langsung mendownload nya, lalu mengubah ekstensi file, dari format video ke audio di ‘File Manager’. Jika Anda ingin menggunakan cara ini, pastikan video sudah di unduh ke perangkat Anda. lalu ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi ‘File Manager’ yang secara default ada di perangkat Anda. Langkah ini juga bisa diganti dengan memanfaatkan aplikasi ‘Files’ milik Google sebagai berikut.

2. Pada halaman pertama aplikasi ‘Files’ klik menu ‘Videos’.

3. Pilih ‘Tab Instagram’, lalu tekan dan tahan cukup lama di video Reels Instagram.

4. Klik tombol menu di atas sisi kanan.

5. Pilih Menu ‘Rename’.

6. Terakhir, ubah bagian ‘mp4’ menjadi ‘mp3’, lalu klik ‘OK’.

Berikut menjadi uraian panjang tentang download audio Instagram. Penjelasan ini juga memberikan pelajaran bagi Anda dalam mengenal Reels Instagram beserta benefitnya di promosi bisnis dan content creator. Pun di dalam artikel ini, Anda bisa mempraktekkan cara mendownload audio Reels Instagram baik langsung di aplikasi Instagram, situs web online converter, dan mengubah ekstensi video ke audio.

Kahfi Talk less Do More