Kahfi Talk less Do More

Spotify Ubah Tampilan Feed Podcast Jadi Mirip Reels Instagram

2 min read

Feed Podcast sportify

Ada kabar baik untuk para pengguna Spotify, karena pihak perusahaan sedang melakukan ujicoba fitur baru di layanan feed podcast. Apa itu?

Kabar terkini dari laporan Techcrunch, pengguna Spotify yang menikmati layanan podcast akan dimanjakan dengan tampilan feed baru yang bentuknya vertikal dan banyak yang beranggapan bahwa ini sangat mirip dengan fitur yang ada di Instagram ataupun TikTok.

Feed yang muncul di audio podcast spotify ini nantinya akan menampilkan video pendek dengan durasi paling panjang 60 detik dan para pengguna bisa scroll-scroll secara vertikal seperti sedang menonton video di Reels Instagram ataupun TikTok.

Spotify menggunakan model machine learning yang sudah mereka latih lebih dari 100 jam audio agar sistem feed audio podcastnya bisa dengan otomatis memberikan rekomendasi feed yang sesuai dengan masing-masing pengguna.

Feed Podcast di Kembangkan Dari Teknologi Podz

Menurut Berita Tekno yang sudah tersebar luar diberbagai media, Pihak Spotify mengklaim bahwa fitur newsfeed audio podcast ini tercipta dari teknologi yang didapatkan perusahaan setelah mengakuisisi Podz musim panas lalu dengan harga sekitar $49 juta.

Podz merupakan startup yang bisa menciptakan “umpan berita audio” untuk memecahkan masalah penemuan podcast menggunakan format gulir vertikal bergaya TikTok, dan apa yang membuat teknologi ini sangat inovatif adalah kemampuannya untuk memilih klip audio untuk acara tanap ketergantungan pada pembuat podcast dan secara otomatis bisa menghasilkan klip mereka sendiri.  Apakah nantinya bisa juga feed atau klip audio podcast ini didownload dengan mudah seperti download audio instagram atau video tiktok?

Saat ini Spotify masih mengujicoba fitur newsfeed audio podcast ini di beberapa wilayah saja, mereka yang bisa mencicipi fitur ini akan  tombol “Podcast” khusus di aplikasi yang nantinya akan pengguna ke newsfeed vertikal, tempat gambar sampul acara ditampilkan saat klip audio terkait diputar.

Klip juga ditranskripsikan ke layar saat diputar, dengan kata-kata disorot saat diucapkan. Tombol putar memungkinkan pengguna untuk terus mendengarkan acara tersebut, sedangkan tombol plus memungkinkan pengguna untuk menambahkan episode ke daftar “Episode Anda” aplikasi.

Dengan mengklik tersebut, pengguna aplikasi spotify akan diarahkan ke feed kabar audio dengan scrol vertikal. Menariknya, klip audio pula ditranskripsikan di layar saat sedang didengarkan/diputar.

Beberapa tahun ini, Spotify juga sedang  berfokus pada podcast dalam upaya untuk menantang dominasi historis Apple dalam podcasting. Spotify juga sedang mengerjakan konten podcast asli dan telah membeli banyak podcast terkenal sejak 2019.

Cara Upload Feed Podcast Untuk Sportify Lewat RSS.com

Untuk mengupload podcast ke sportify kami akan membahas langkah demi langkah agar kamu bisa mengupload podcast ke sportify.

1. Untuk Memulai kamu bisa langsung login ke akun sportify kamu, jika tidak punya kamu bisa membuat akun sportify gratis. Saran dari kami, sebaiknya kamu menggunakan email yang sama dengan host podcast kamu. Tujuannya agar tidak terjadi error saat proses upload.

membuat akun sportify gratis.

2. Pada halaman berikutya klik get started

3. Buat akun di RSS.com

4. Klik konfirmasi email yang masuk

5. Pilih “New Podcast

6. Isi title, deskripsi, & detail RSS lainnya

RSS Feed podcast

7. Isikan detail podcast kategori, hosting provider (Rss.com) dan pilih cover podcast kamu

8. Klik “save and finish

9. Klik Tombol Rss Feed dan copy link RSS feed

10. Selesai.

Penutup

Sekian lah tutorial singkat kami tentang upload feed podcast sportify, semoga artikel ini menjadi sangat bermanfaat untuk kamu.

F.A.Q

Berapa lama podcast kamu di sportify tayang?

Ketika kamu selesai mengupload podcast ke sportify, kamu memerlukan waktu beberapa jam hingga tayang. Namun perlu di ingat, ada beberapa yang memerlukan waktu hingga 5 hari untuk tayang.

RSS Feed podcast tidak memiliki email?

Sebelum menguload podcast kamu, alngkah baiknya kamu memperbarui email kamu dan memverifikasi email baru tersebut. Ini menjadi penting karena untuk proses upload podcast kamu.

Kahfi Talk less Do More