Kahfi Talk less Do More

ELCB adalah Alat Pengaman Terbaik? Berikut Pengertian Dan Fungsinya

3 min read

ELCB adalah

Ibarat pedang bermata dua, energi listrik memiliki manfaat sekaligus potensi bahaya bagi kehidupan manusia. ELCB adalah perangkat pengaman untuk untuk mengatasi masalah tersebut yang direkomendasikan oleh banyak praktisi kelistrikan untuk saat ini.

Dalam kenyataan sehari-hari masih banyak anggota masyarakat yang abai dengan masalah keamanan listrik pada hunian. Buktinya jumlah kebakaran akibat arus listrik yang terjadi di tanah air dapat dikatakan sangat tinggi.

Sebenarnya di dunia kelistrikan ada alat yang diciptakan untuk mengatasi issue keamanan ini, yaitu MCB. Namun saat ini memasang MCB saja tidak akan cukup. ELCB adalah alat bantu lain yang sangat disarankan untuk digunakan dalam menanggulangi masalah keamanan ini.

Pengertian ELCB

ELCB adalah singkatan dari Earth Leakage Circuit Breaker, yaitu sebuah alat pengaman pada instalasi listrik. Di pasaran akan dapat ditemukan banyak jenis serta merek dari ELCB. ELCB 1 adalah salah satu contoh jenisnya dan ELCB schneider adalah salah satu merek yang beredar.

Fungsi ELCB adalah untuk memutus arus listrik ketika sistem mendeteksi adanya kebocoran listrik, dimana hal itu dilihat dari nilai arus bocornya yang relatif rendah. Selain itu ELCB juga akan melindungi pemasangan listrik saat ada kebocoran listrik dengan identifikasi lonjakan arus besar karena terjadinya hubungan singkat arus listrik.

Cara kerja ELCB secara umum adalah melakukan pendeteksian ketika terjadi sebuah kebocoran arus, baik yang terjadi pada problem tanah ataupun yang terjadi pada ground.

Caranya adalah dengan melakukan perbandingan nilai antara fasa dan netral sebuah sistem listrik yang mana arus keluar melalui titik fasa dan netral pada pemasangan listrik akan selalu berbanding lurus dan seimbang.

Nah ketika terjadi perbedaan nilai pada bagian fasa dan netral, hal itu akan mengakibatkan gangguan arus listrik yang tidak seimbang. Nah, disitulah fungsi ELCB sebagai pemutus jalur listrik di jaringan tersebut akan tampak.

Agar lebih jelas, fungsi ELCB adalah sebagai pemutus arus serta bagaimana cara kerjanya, perhatikan ilustrasi berikut:

Jika seseorang tersengat listrik, maka timbul arus tambahan dimana arus rangkaian listrik mengalir dari orang tersebut ke tanah. ELCB akan mengidentifikasi jika ada perubahan arus, setelah itu secara otomatis akan mengaktifkan relay yang memiliki perintah MCB untuk memutus arus listrik.

Fungsi ELCB dalam Kelistrikan

Secara lebih detail, fungsi dari ELCB adalah sebagai perlindungan instalasi listrik dari banyak gangguan, antara lain:

  • Over Current yaitu kelebihan beban akibat pemakaian peralatan listrik yang berlebih.
  • Short Circuit, yaitu lonjakan arus akibat adanya aliran yang konslet.
  • Kebocoran listrik, yang biasanya diakibatkan adanya kabel yang telanjang atau alat listrik lain yang
  • Kebocoran listrik yang terjadi karena sentuhan sumber listrik ke objek lain, misalnya kabel digigit listrik, kabel terkelupas kena atap seng dan lain-lain.

Selain untuk memberikan perlindungan pada instalasi listrik, keberadaan ELCB adalah untuk pencegahan mengalirnya arus listrik melalui badan manusia dan hewan peliharaan, bersama alat tambahan lainnya yaitu MCB.

Harga ELCB yang ada di pasaran cukup ekonomis jika dibandingkan dengan beragam manfaat yang dapat dirasakan. Tentu saja pencegahan terjadinya arus listrik tak normal yang dilakukan oleh ELCB akan dapat mencegah terjadinya penyebab kebakaran.

Selain itu ELCB juga akan dapat mencegah arus listrik mengalir ke tubuh manusia saat ada kebocoran arus. Dimana arus listrik yang mengalir pada tubuh manusia sebesar 80 mA akan bisa menyebabkan gangguan pada jantung yang akhirnya berujung pada kematian.

Nah untuk itulah di dunia kelistrikan, dikenal alat pengaman yang bernama ELCB selain MCB yang biasanya juga digunakan sebagai pengaman instalasi listrik. Lalu jika begitu apa dong perbedaan ELCB dan MCB?

Perbedaan MCB dan ELCB

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, secara sekilas baik ELCB maupun MCB memang memiliki bentuk yang hampir sama. Namun jika dilihat dari fungsinya ada perbedaan yang sangat prinsip antara kedua alat tersebut.

Secara prinsip pemasangan MCB pada sebuah instalasi listrik akan dapat menjaga keselamatan ketika terjadi sebuah gangguan arus listrik seperti uraian sebelumnya.

Akan tetapi ternyata pemasangan MCB saja tidak cukup karena MCB tidak menyediakan perlindungan bagi penghuni rumah dari risiko yang ada.

Saat terjadi lonjakan aliran melebihi batas ukuran instalasi, MCB hanya mampu mengamankan pemasangan listrik. Akan tetapi MCB pada dasarnya tidak bisa memberikan proteksi pada penghuni rumah dari sengatan listrik ketika tak sengaja menyentuh kabel.

Nah keberadaan ELCB adalah sebagai reduksi atas kekurangan MCB tersebut. ELCB akan memberi proteksi dari macam-macam bahaya yang kemungkinan bisa terjadi pada pemasangan listrik, termasuk sengatan listrik.

Harga ELCB untuk 900 watt berkisar hanya ratusan ribu, namun manfaat yang didapat begitu besar. Maka sangat disayangkan jika masih banyak hunian yang belum memanfaatkan keberadaan ELCB untuk 900 watt ini.

Beberapa hal yang membedakan antara MCB dan ELCB antara lain sebagai berikut:

1. Ditinjau Dari Sisi Pemasangan Kabel

Kabel pada MCB hanya satu yakni kabel fasa. Sedangkan pada ELCB ada 2, yakni kabel fasa dan netral. Kabel fasa dan netral dari sumber listrik ini nantinya harus dipasang melewati ELCB terlebih dahulu sebelum dialirkan ke instalasi listrik pada sebuah hunian.

2. Ditinjau Dari Fungsi Keamanan

MCB hanya akan bekerja saat terjadi korsleting untuk memberikan proteksi pada instalasi. MCB juga akan memberikan proteksi ketika ada kebocoran listrik dengan lonjakan arus di atas kapasitas arus MCB, namun instalasi listrik harus ditambah dengan ARDE yang tepat.

MCB tidak mampu mengamankan listrik hunian ketika terjadi kebocoran dengan jumlah arus bocor lebih rendah daripada kapasitasnya. Oleh sebab itu pula MCB akhirnya juga tak mampu melindungi manusia saat terkena sengatan listrik atau kesetrum.

Kebalikannya, ELCB justru bisa memberikan proteksi pada bahaya atau gangguan listrik seperti arus bocor yang rendah, lonjakan arus, kesetrum dan lainnya.

Cara Memasang ELCB yang Benar

Pemasangan ELCB yang benar pada hunian di tanah air hingga saat ini masih jarang sekali dilakukan. Namun bukan karena cara pasang ELCB yang rumit. Alasannya adalah karena harga ELCB seringkali dianggap mahal. Berikut langkah pemasangan ELCB:

  • Sambungkan kabel Phase dari aliran kWh meter ke bagian Input MCB. Sedangkan untuk kabel output phase dari aliran MCB dan kabel netral dari aliran kWh meter disambung melewati Input ELCB.
  • Selanjutnya lakukan penyambungan dari kabel Netral output ELCB pada terminal netral lalu ke stop kontak secara langsung yang tersedia.
  • Langkah terakhir hubungkan MCB tambahan pada hunian dengan Kabel Phase untuk output ELCB lalu sambungkan ke stop kontak atau jaringan instalasi listrik yang ada.

Demikian sedikit penjelasan mengenai pentingnya pemasangan ELCB. Dari uraian di atas dapat disimpulkan jika ELCB adalah alat pengaman instalasi listrik pada hunian yang sangat direkomendasikan.

Kahfi Talk less Do More