Kahfi Talk less Do More

Cara Membuat IG Story dengan Lagu Yang Sangat Mudah

3 min read

IG Story banyak digunakan oleh para pengguna Instagram. Beberapa instastory menggunakan lagu menjadikan konten ini banyak dilirik oleh pengguna lainnya. Anda tertarik membuat IG Story dengan lagu? Yuk simak informasi dan cara membuat IG Story dengan lagu selengkapnya.

Apa itu IG Story?

IG story dikenal juga Instagram story, instastory, adalah sebuah fitur yang tersedia di aplikasi sosial media Instagram. IG story merupakan postingan 15 detik berupa video atau video. Postingan IG Story pun akan hilang setelah 24 jam. Hal ini berbeda dengan postingan Instagram yang bersifat permanen.

IG Story lebih banyak digunakan untuk mengupdate kabar terkini. Letak IG story berada di bagian atas kolom beranda akun Instagram. Unggahan IG story akun yang anda ikuti akan muncul dan anda nikmati di bagian tersebut. Pada IG Story, interaksi reaction dan reply message dapat dilakukan.

Anda dapat membuat IG story dengan lagu. Anda juga dapat melihat siapa saja yang melihat postingan IG Story anda. Namun, perlu anda ketahui bahwa IG Story hanya akan menjangkau 10% audience dari pengikut akun anda. Persentase tersebut dapat ditingkatkan jika interaksi akun anda menarik.

Fitur IG Story

Ada banyak fitur penunjang di dalam IG Story untuk meningkatkan interaksi akun anda. Mulai dari polling, QnA, hingga membuat IG story dengan lagu. Berikut informasi detail fungsi dan manfaat pada fitur IG story.

Polling

Polling IG Story merupakan fitur yang memberikan para pengguna untuk mengumpulkan preferensi dari para pengikut. Jumlah pilihan dalam polling bisa mencapai 5 pilihan. Anda dapat mengetahui berapa jumlah pemilih, berapa persentasenya, dan siapa yang memilih dalam polling tersebut.

Pertanyaan

Fitur pertanyaan digunakan untuk mendapat jawaban singkat secara bebas dari para pengikut. Kolom jawaban dari pertanyaan dibatasi 140 karakter. Kumpulan jawaban yang dikirimkan dapat anda cek satu per satu.

Balasan Anda

Fitur balasan anda dapat digunakan untuk mengumpulkan orang-orang dengan status atau pengalaman serupa. Nantinya, seluruh audience yang berkontribusi pada balasan anda dapat saling melihat kejadian yang serupa.

Musik

Musik atau lagu merupakan komponen pelengkap. Anda dapat membuat Story IG dengan Pilihan lagu yang sangat beragam, mulai dari musisi lokal, musisi internasional, hingga musik remix yang biasa digunakan untuk hiburan.

Elemen lagu dan musik pada Instagram dapat memberikan kesan yang lebih hidup pada konten yang anda posting. Tak sedikit orang akan betah berlama-lama menikmati konten ig story anda. Penggunaan lagu yang tepat pada ig story dapat meningkatkan jangkauan ig story.

Cara Meningkatkan Jangkauan IG Story dengan Lagu

Instagram sudah memfasilitasi berbagai macam fitur untuk para penggunanya. Kini saatnya anda mengoptimalkan akun anda untuk menjangkau lebih banyak audience melalui instastory. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan Jangkauan dengan IG Strory:

Konten Informatif

Sajikan konten yang memberikan informasi. Tambahkan value berharga sehingga audiens anda bisa mendapatkan manfaat dari konten anda. Jika audiens anda merasa informasi dari anda berharga, maka audience anda akan mengikuti akun anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk sering kembali untuk melihat konten yang anda sajikan.

Konsisten Mengunggah Konten

Konsisten adalah kunci. Ketika anda telah berhasil mengambil perhatian audience dengan kualitas konten berkualitas, maka sangat besar peluangnya untuk mereka kembali ke akun anda. Pengikut anda datang untuk menikmati konten terbaru dari anda.

Tingkatkan Interaksi

Jangan lupa optimalkan fitur IG Story. Selipkan setidaknya 3-5 fitur pada IG Story keseharian anda. Semakin banyak interaksi maka semakin besar Instagram akan mengekspose akun anda.

Hal ini tentu akan meningkatkan jangkauan IG story akun Instagram anda.

About Instagram

Sajikan Audio-Visual Aesthetic

Ada pepatah kuno mengatakan don’t judge a book by the cover. Tapi di Instagram anda perlu mempercantik tampilan audio visual ig story anda. Audio berupa musik bisa anda tambahkan secara manual melalui edit video atau secara langsung di Instagram.

Cara Membuat IG Story dengan Lagu

Ada 2 cara untuk membuat IG story dengan musik. Baik secara manual melalui aplikasi video editor ataupun secara otomatis dari Instagram. Berikut cara membuat IG Story dengan lagu:

Aplikasi Video Editor

Membuat IG story dengan lagu menggunakan aplikasi video editor menjadi pilihan banyak orang yang ingin mengedit video secara offline. Jenis lagu yang digunakan dapat ditambahkan secara manual.

√ KineMaster

Install aplikasi KineMaster di HP lalu buka aplikasi. CReate new project lalu tentukan resolusi gambar yang akan anda buat. Tap menu audio, pilih lagu, dan klik tanda (+) untuk menambahkan lagu. Export dan share video IG story dengan lagu milik anda.

√ InShot

Pastikan aplikasi InShot sudah terinstall. Pilih project foto atau video yang akan ditambahkan lagu. Klik ikon musik untuk menambahkan lagu. Sesuaikan potongan musik dengan foto atau video yang anda gunakan. Kemudian klik simpan untuk mendapatkan file yang sudah diberikan lagu. Berikutnya anda tinggal mengunggah IG Story dengan lagu di akun anda.

√ FilmoraGo

Buka aplikasi Filmorago yang sudah terinstall. Create new video dan klik add untuk menambahkan gambar. Klik menu music untuk menambahkan lagu. Simpan video dan tunggu prosesnya. Ketika berhasil, aplikasi akan menawarkan posting ke Instagram akun anda.

Aplikasi Instagram

Cara membuat IG story dengan lagu melalui aplikasi Instagram.

1. Buka aplikasi Instagram anda

2. Pilihlah ikon + di bagian kanan atas layar utama.

3. Pilihlah tombol story.

Nantinya anda akan diarahkan untuk mengambil foto atau video dari galeri anda. Jika anda ingin mengambil foto terbaru di depan anda, klik tombol kamera.

Klik Tombol Kamera Instagram

Setelah memiliki gambar yang akan diposting, tahap berikutnya adalah mengklik tombol stiker di bagian kanan atas kembali. Berbagai pilihan stiker akan muncul, termasuk stiker musik. Klik sticker musik

4. Cari Lagu Pada Kolom Musik

Pada menu musik akan muncul 2 tab, yaitu musik untuk anda dan jelajahi. Anda bisa mencari lagu yang akan anda gunakan di Instagram story melalui kolom cari musik. Tentukan lagu yang akan gunakan.

Pilih Lagu IG Story

5. Pilih Mode Penampilan Musik

Posisikan cuplikan lirik lagu atau bagian lagu yang akan digunakan dengan menggeser kolom durasi. Pilihlah mode penampilan musik. Apakah akan menggunakan lirik text atau sebatas ikon musik.

6. Jika sudah selesai, klik simpan.

Anda dapat mempublikasikan IG story dengan lagu di akun anda.

Publikasi IG Story Dengan Musik

Itulah cara membuat IG Story dengan lagu agar jangkauan audience kamu bisa lebih luas. Sampai bertemu di artikel tips bermain Instagram lainnya, ya!

Kahfi Talk less Do More