Kahfi Talk less Do More

Mengenal Kaki Transistor TIP 3055 dan 2955

3 min read

kaki transistor tip 3055 dan 2955

Bagi yang sering bergulat dengan dunia kelistrikan, pasti sering mendengar bahkan mengenal komponen elektronik yang bernama kaki transistor TIP 3055 dan 2955. Komponen ini biasanya merupakan pasangan transistor yang akan ditemukan pada rangkaian amplifier.

Namun bagi mereka yang merupakan pemula di bidang ini, tentu masih banyak sekali pertanyaan yang mengganjal. Seperti misalnya transistor TIP 3055 PNP atau NPN? lalu TIP 3055 positif atau negative? atau TIP 2955 dan 3055 berapa watt?

Untuk itu bagi para pemula yang memerlukan banyak informasi yang berkaitan dengan kaki transistor TIP 3055 dan 2955, silahkan ikuti uraian dan penjelasan tentang kedua komponen elektronik dan kelistrikan tersebut pada uraian di bawah ini.

Mengenal Kaki Transistor TIP 3055 dan 2955

Mungkin yang sering menjadi pertanyaan para pemula yang terjun di bidang elektronik akan banyak bertanya, sebenarnya transistor TIP 3055 PNP atau NPN?

Jadi jenis transistor TIP 3055 dan TIP 2955 adalah jenis transistor yang merupakan pasangan transistor jenis NPN. Pasangan transistor ini umum digunakan sebagai salah satu komponen elektronik yang ditujukan sebagai penguat audio pada sistem penguat OCL.

Bagi yang belum paham apa itu PNP atau NPN, silahkan simak penjelasannya berikut. NPN dan PNP itu merupakan singkatan yang menggambarkan jenis arus yang mengaliri transistor.

NPN jika dipanjangkan maka artinya menjadi Negatif Positif Negatif, sehingga dapat disimpulkan jika PNP artinya adalah kependekan dari Positif Negatif Positif.

Ketika kaki basis dari sebuah transistor NPN dialiri dengan arus listrik yang memiliki muatan arus negatif maka secara otomatis transistor NPN tersebut akan aktif. Lalu sebaliknya, pada transistor PNP baru aktif jika kaki basisnya dialiri dengan jenis arus listrik yang positif.

Cara menentukan kaki transistor TIP 3055, sangat mudah. Langkahnya dapat diuraikan sebagai berikut ini:

  • Posisikanlah sebuah transistor TIP secara lurus tepat menghadap ke arah pandangan.
  • Pastikan dengan posisi yang seperti itu, akan dapat dilihat tulisan dari type transistor di hadapan pandangan.
  • Nah setelah posisi pas seperti gambaran di atas, maka akan bisa ditentukan jika kaki transistor TIP yang paling kiri adalah yang memiliki fungsi sebagai basis.
  • Lalu pada kaki bagian tengah akan merupakan jenis kaki transistor yang memiliki fungsi sebagai collector.
  • Sedangkan kaki transitor yang sebelah kanan merupakan jenis kaki transistor dengan fungsi sebagai emitor.
  • Nah mudah bukan cara untuk menentukan kaki transistor TIP 3055?

Nah apabila ditanyakan apakah ada cara untuk melihat ciri ciri TIP 3055 yang asli? Maka yang dapat dilakukan adalah melihatnya dari tampilan fisik yang dimiliki.

Sebuah transistor TIP umumnya memiliki visual badan transistornya akan memiliki bentuk persegi. Pada badan transistor akan terdapat sebuah lubang untuk memasukkan baut yang memiliki ukuran kecil, serta dengan ketebalan yang lebih tipis dari badan transistor.

Pada jenis tertentu bagian belakang dari transistor dengan serian TIP 3055 ini memiliki body yang terbuat dari bahan logam. Fungsi dari bahan logam ini adalah untuk membantu memaksimalkan pembuangan panas ke bagian saluran pendingin.

Terdapat beberapa merek transistor TIP yang banyak beredar di pasaran barang komponen elektronika yang ada di tanah air. Namun dalam penggunaannya sangat dianjurkan untuk berhati-hati sekali karena tegangan yang mampu diterimanya sangat kecil sekali.

Untuk transistor merk ST yang paling terkenal karena kehandalannya saja, tegangan maksimal yang mampu diterima hanyalah sebesar 25 Volt. Nah bayangkan saja untuk jenis transistor TIP dengan merek-merek lain yang memiliki kualitas di bawah itu.

Lalu jika seperti itu pada kaki transistor TIP 3055 dan 2955 itu dapat disisipi berapa watt dong? Nilai dari beban maksimum yang dapat disisipkan pada kolektor transistor TIP 3055 adalah sebesar 90W, dengan arus kolektor dengan besaran arus sekitar 15A.

Pemasangan sistem pendingin yang cukup mumpuni tentu harus sangat diperhatikan jika menimbang besaran daya tersebut di atas. Hal tersebut karena hasil panas yang dikeluarkan pastilah sangat tinggi sekali.

Untuk masalah harga, transistor dengan jenis transistor TIP seri 3055 ini, di pasaran barang elektronik tanah air akan dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp 20.000. Dan ada juga yang memasarkan transistor jenis TIP 3055 menjadi satu paket dengan transistor TIP 2955.

Kegunaan Lain dari Kaki Transistor TIP 3055 dan 2955

Pada umumnya transistor final TIP 3055 akan dipasangkan dengan transistor TIP seri 2955, untuk dijadikan sebagai salah satu komponen elektronik pada sebuah perangkat audio di amplifier.

Akan tetapi pada kenyataannya ada hal lain pada fungsi transistor TIP 3055 pada power supply. Yaitu bisa dimanfaatkan untuk menjadi komponen saklar atau switching, contohnya dengan memakai TIP 3055 dan 2955 pinout.

Kegunaan atau fungsi lain untuk menjadi saklar tersebut didasarkan pada kemampuan serta kekuatannya yang dapat menampung arus listrik dengan beban besar hingga 60 A.

Kemampuan seperti ini biasanya sangat tepat jika dipergunakan untuk saklar pada jenis lampu LED dengan daya tinggi. Atau bisa juga diaplikasikan pada jenis sirkuit switching relay motor DC.

Tips yang perlu diketahui agar bisa memperoleh aliran arus listrik yang sangat maksimum pada transistor jenis ini adalah memberikan bias tegangan maksimum pada kaki basis yang terdapat di transistor TIP 3055.

Melalui cara pengkondisian seperti itulah nantinya transistor akan dapat mencapai mode saturasi secara maksimal.  Hanya saja sebagai penyeimbangnya, harus benar-benar diperhatikan penggunaan sistem pendinginnya.

Sistem pendingin yang digunakan haruslah memiliki sistem pendingin yang cukup untuk melakukan pembuangan panas, hasil dari olahan tenaga transistor TIP saat menjalankan sistem operasinya secara penuh.

Di bawah ini adalah beberapa contoh sistem yang dapat dibuat dengan memaksimalkan fungsi dari penggunaan kaki transistor TIP 3055 dan 2955:

  • Sebagai sistem transistor final pada rangkaian audio amplifier.
  • Sebagai sistem pada sirkuit switching.
  • Dimanfaatkan sebagai sistem driver relay
  • Digunakan pada sistem sirkuit Darlington

Persamaan dari Kaki Transistor TIP 3055 dan 2955

Selain biasa dipasangkan dengan kaki transistor 2955, transistor tipe lain yang bisa digunakan untuk menggantikan transistor TIP 3055 adalah: 2N3055, MJ15003, 2SC5200. 2SC3910, 2SC4434, 2SC3054, 2SC3856, 2SD1466, BUT13P, NTE256, ECG392.

Cara mengganti TIP 3055 dengan Sanken adalah memakai transistor driver C945 dan A733 sebelum masuk pada transistor final. Selain itu pastikan untuk tidak mengganti voltase listrik menjadi lebih tinggi dari 25 Volt. Mengapa? Karena jika ini dilakukan akan merusak rangkaian.

Tips jika ingin mengganti kaki transistor TIP 3055 dan 2955 dengan persamaanya adalah selalu pergunakan transistor yang memiliki seri yang sama. Hal ini selain dapat membuat irit daya yang dikonsumsi, komponen juga akan lebih awet.

Demikian uraian tentang kaki transistor TIP 3055 dan 2955. Terima kasih, semoga membantumu ya!

Kahfi Talk less Do More