Kahfi Talk less Do More

3 Langkah Sederhana Cara Mencari Siaran di Satelit Palapa

3 min read

Cara Mencari Siaran di Satelit Palapa

Indonesia selama ini memiliki satelit yang operasinya dilakukan oleh Indosat yakni  satelit Palapa – D. Satelit ini jadi favorit banyak orang karena jangkauannya sampai seluruh Indonesia. Lalu karena kemajuan sistem bagaimana cara mencari siaran di satelit palapa?

Meski saat ini telah banyak layanan TV kabel bahkan aplikasi TV online, namun saluran TV konvensional masih menjadi hiburan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Seperti siaran antv transtv trans7 di satelit Palapa.

Perubahan Siaran Satelit Palapa

Frekuensi satelit palapa – d merupakan satelit-komunikasi milik Indonesia.. Satelit Palapa – D menjadi salah satu produk perusahaan Thales Alenia Space, Prancis, dan digunakan sebagai pengganti satelit Palapa C2 pada slot 113 derajat BT.

Satelit ini habis masa operasinya tertanggal 31 Agustus 2020, dan sistem pengoperasiannya digantikan dengan satelit Telkom-4 dan BRIsat yang dioperasikan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia. Oleh karena itu banyak yang bingung cara mendapatkan siaran tv satelit palapa.

Nah, simak pembahasan di bawah agar Anda mengetahui cara mencari siaran di satelit palapa atau tambah satelit palapa – d 2021 menggunakan roket peluncur Falcon 9 milik SpaceX terbaru dari Cape Canaveral Air Force Station, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Cara Mencari Frekuensi Trans 7 Mpeg 2 Terkini!

3 Tutorial Mengatur/Setting satelit palapa – d

Saat ini mulai 2021, cara mencari siaran di satelit palapa menggunakan frekuensi terbaru yang berada di saluran 4140 V 30000 dan 3633 H 9921 sebagai frekuensi terkuat dari satelit palapa – d C-Band. Anda perlu memasukkan frekuensi tersebut sebelum melakukan tracking.

Jika telah memperoleh garis bujur satelit palapa – d dan sinyal maksimal, pindai secara otomatis. Hal ini bertujuan agar seluruh channel dapat dirangkai oleh receiver box.

Trending:  Penyebab Dan Cara Memperbaiki TV Rusak Bagi Pemula

Jika Anda menggunakan parabola 2 LNB atau parabola 4 LNB, secara otomatis LNB pertama akan menerima sinyal dari Palapa D.

Ada beberapa cara mencari siaran di satelit palapa – dengan pengaturan antena Palapa D 2020 yang bisa Anda coba lakukan seperti pada penjelasan berikut ini.

1. Cara Menambahkan satelit palapa – d untuk Receiver Parabola

Untuk bisa mendapatkan cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom 2021 Anda harus terlebih dahulu menambahkan satelit palapa – d pada receiver parabola. Hal ini ditujukan agar Anda bisa menikmati berbagai channel andalan yang tersedia.

Langkah-langkahnya cukup mudah, yang Anda perlukan adalah remote untuk melakukannya proses ini.

  1. Cara mencari sinyal parabola Palapa dan Telkom yang pertama tekan tombol menu yang terdapat pada remote, kemudian klik bagian kursor sebelah kanan.
  2. Selanjutnya, cara mencari siaran di satelit palapa untuk receiver parabola langsung tekan tambah satelit jika menu pengaturan satelit sudah tertera dilayar.
  3. Kemudian Anda bisa menekan angka 1 atau klik OK pada remot tv, hal ini bertujuan agar keyboard dapat muncul sehingga dapat digunakan untuk mengubah nama satelit.
  4. Langkah terakhir, jika sudah berhasil, klik pada tombol menu agar sistem menyimpan hasil settingan tersebut.

Anda juga bisa menerapkan tahapan di atas sebagai cara setting satelit palapa – d receiver tanaka atau juga cara menambah satelit palapa – d di K-Vision.

2. Tutorial Tambah Saluran di Receiver Parabola

Setelah Anda berhasil menambahkan satelit, maka tahapan berikutnya yang perlu dilakukan adalah menambahkan saluran pada  receiver parabola supaya Anda bisa menonton berbagai tayangan channel dengan nyaman.

  1. Cara mencari siaran di satelit palapa – dengan menambahkan saluran, pertama sentuh tombol menu pada remot tv lanjutkan dengan mengklik kursor bagian kanan.
  2. Semestinya akan muncul menu pengaktifan saluran, langsung pilih dan tekan opsi “Buat Saluran”.
  3. Klik pada pilihan “Pilih Satelit” yang salurannya ingin Anda tambahkan pada receiver.
  4. Berikutnya, geser ke barah awah sampai Anda menemukan pilihan tambah “TP” dan langsung saja tekan OK.
  5. Kemudian isi frekuensi TP, simbol nilai, dan polaritas hingga muncul kualitas sinyal yang terbaik.
  6. Apabila sudah, Anda bisa lanjut ke bagian “cari”.
  7. Kemudian, klik bebas tujuannya untuk tracking siaran secara acak atau untuk tracking semua siaran yang tersedia.
  8. Tahapan terakhir yaitu Anda bisa klik tombol Menu pada remot tv, hal ini dilakukan setelah usai mengatur dan mencari satelite yang Anda lakukan dirasa cukup dan selesai.
Trending:  Cara Menyetel Parabola 2 LNB, Jangan Bingung ini Caranya!

3. Tracking Satelit Telkom-4 dengan Positioner

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saluran TV yang disiarkan melalui satelit palapa – d kini digantikan oleh satelit Telkom-4. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara menambah satelit Telkom 4 serta cara menggabungkan satelit palapa – dan Telkom 4.

Cara mencari siaran di satelit palapa – dengan memanfaatkan positioner tidaklah rumit, agar Anda tidak pusing silakan ikuti panduan berikut untuk tracking satelit Telkom-4.

  1. Terlebih dahulu tambahkan frekuensi atau biasa disebut transponder pada receiver parabola Anda, misalnya saluran Trans 7 dengan frekuensi pada titik 3875 H 6000.
  2. Kemudian, masukkan frekuensi TP, simbol nilai, beserta Polaritas pada receiver parabola sebelum Anda mengubah arah.
  3. Jika sudah, selanjutnya manfaatkan remot actuator untuk mengubah arah dari parabola Anda. Pastikan bahwa Anda menggerakkan parabola secara perlahan, sambil melihat kualitas sinyal terbaik yang bisa didapatkan.
  4. Tahap akhir, jangan lupa untuk melakukan Blind Scan pada receiver sampai Anda mendapatkan semua channel pada satelit Telkom-4.

Cara Memasukkan Kode Frekuensi ke Receiver

Untuk bisa memasukan kode frekuensi siaran ke receiver sebenarnya cukup mudah. Dalam prakteknya Anda perlu untuk memasukan kode frekuensi satelit palapa – d. Meskipun memiliki merk dan tipe yang berbeda namun pada prinsipnya semua receiver sama.

Kode frekuensi yang sudah Anda ketahui dapat dimasukkan ke receiver menggunakan cara seperti di bawah ini:

  1. Langkah pertama yakni mengetahui kode frekuensi pada satelit palapa terlebih dahulu.
  2. Kemudian masukkan nilai MHz frekuensi pada bagian kolom paling kiri.
  3. Lalu isikan polaritas lengkap, baik berupa horizontal ataupun vertikal.
  4. Setelahnya, memasukkan angka symbol rate menggunakan satuan kSPs pada bagian kolom paling kanan.

Kode frekuensi transponder Palapa D dapat dimasukkan pada receiver parabola dengan cara yang berbeda. Yang terpenting adalah semuanya disesuaikan dengan menu pada pengaturan satelit atau antenanya.

Daftar Frekuensi satelit palapa – d yang Terbaru

  • Indosiar, SCTV (Indonesia) dan O Channel > 3835 H 7000 > FTA2
  • Papua Channel > 3832 V 1600 > FTA2
  • KTV (Indonesia) > 3819 V 1000 > FTA2
  • TV 9 Nusantara > 3815 V 1700 > FTA2
  • Aceh TV, Bandung TV, Jogja TV, Surabaya TV > 3814 H 6363 > FTA2
  • TVOne > 3786 H 5632 > FTA2
  • INews dan MNC TV > 3774 H 6500 > FTA2
  • TVRI, TVRI Nasional, TVRI Sport, dan TVRI 3 > 3767 H 4000 > FTA2
Trending:  Penyebab dan Cara Mengatasi TV Polytron Mati Total

Akhir Kata

Dengan cara mencari siaran di satelit palapa – di atas Anda tidak perlu khawatir untuk  selalu mengakses situs streaming film, karena Anda tetap bisa mendapatkan hiburan melalui TV dalam negeri.

Kahfi Talk less Do More