Kahfi Talk less Do More

Kerusakan TV China Gambar Bergaris: Ketahui Penyebabnya Berikut!

3 min read

Kerusakan TV China Gambar Bergaris

Televisi atau TV merupakan sarana hiburan yang dapat menampilkan berbagai siaran acara menarik. Tentunya gambar dan audio TV yang berkualitas akan membuat Anda semakin nyaman menonton TV. Jika kerusakan TV China gambar bergaris terjadi, maka akan sangat merepotkan.

Anda tidak akan nyaman menonton acara TV dengan gambar garis-garis pada layarnya, bukan? Lalu, kenapa gambar TV garis-garis? Kenapa kerusakan TV China gambar bergaris dapat terjadi? Bagaimana cara menghilangkan garis pada TV? Simak jawabannya di artikel ini!

Apa Penyebab Kerusakan TV China Gambar Bergaris?

Kerusakan TV China Gambar Bergaris

Menonton acara yang ditayangkan di televisi tentunya akan terasa nyaman jika TV menampilkan gambar dan audio berkualitas. Namun, karena pemakaian yang terlalu lama atau penyebab lainnya bisa membuat TV mengalami kerusakan.

Macam-macam kerusakan TV China dapat terjadi karena penyebab atau alasan tertentu. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah TV China gambar bergaris horizontal atau TV China gambar bergaris vertikal. Bisa juga tampilan layar berupa gambar garis-garis tanpa pola.

BACA JUGA: Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Kenapa gambar layar TV bergaris-garis? Terdapat beberapa penyebab layar TV gambar garis-garis. Berikut ini beberapa penyebab atau alasan munculnya garis-garis pada layar TV, yaitu:

1. Kerusakan TV China Gambar Bergaris Akibat Tegangan 180 Volt

Tegangan 180 Volt pada televisi memiliki fungsi penting sebagai penguat video. Ketika tegangan 180 Volt pada televisi mengalami masalah, maka TV akan mengalami beberapa kerusakan. Berikut ini beberapa ciri TV mengalami kerusakan tegangan 180 Volt, yaitu:

  • Kontras pada layar TV akan berkurang
  • Warna pada layar bercampur
  • Gambar kurang jelas atau blur

Selain itu, kerusakan pada tegangan 180 Volt juga bisa menjadi alasan layar TV China bergaris-garis.

2. Flyback Bermasalah

Kerusakan atau permasalahan pada tegangan 180 Volt juga bisa terjadi karena flyback. Ciri televisi yang mengalami flyback adalah layar televisi akan blanking. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya tegangan video output.

3. Kelebihan Tegangan Screen

Tegangan screen yang berlebihan bisa membuat layar terlihat lebih terang dan muncul garis-garis, sehingga tidak nyaman untuk dilihat.

4. Kerusakan IC Croma atau Gambar

Layar TV bergaris bagian atas atau bergaris-garis acak bisa disebabkan karena kerusakan pada bagian IC croma/ gambar. IC croma yang mengalami kerusakan parah tidak dapat menyalurkan sinyal ke penguat warna merah, biru, dan hijau.

Akibatnya, layar televisi akan menampilkan garis-garis dan layar berwarna putih polos.

5. Korosi atau Timbul Jamur di Soket CRT

Soket CTR merupakan salah satu bagian penting yang ada di dalam televisi. Fungsinya adalah sebagai konektor tegangan. Songket CTR bisa mengalami kerusakan, seperti berkarat karena korosi maupun ditumbuhi jamur.

Ketika songket CTR mengalami kerusakan, maka layar televisi akan blanking dan muncul garis-garis. Selain itu, kerusakan pada bagian ini bisa juga menjadi penyebab televisi tidak memunculkan gambar dan suara.

6. Kabel Penghubung PCB Rusak

Kerusakan pada televisi, sehingga muncul garis-garis di layar juga dapat disebabkan karena televisi mengalami kerusakan pada bagian kabel penghubung PCB.

7. Kerusakan TV China Gambar Bergaris karena Penyebab Lainnya

Selain beberapa penyebab yang sudah dijelaskan di atas, ada penyebab lainnya yang membuat TV China bisa mengalami kerusakan berupa munculnya garis-garis pada layar. Berikut ini beberapa penyebab lainnya, yaitu:

  • IC vertikal kendur
  • Elco horizontal kendur
  • Putusnya kawat yoke
  • Terdapat masalah pada Elco dekat IC vertikal
  • Terdapat kabel televisi yang putus

Bagaimana Cara Mengatasi Kerusakan TV China Gambar Bergaris?

TV Gambar Bergaris

TV China gambar bergaris di tengah atau garis-garis acak harus segera diperbaiki agar Anda bisa kembali menonton televisi dengan nyaman. Pastikan dulu Anda mengetahui penyebab TV mengalami kerusakan tersebut agar tahu penanganan seperti apa yang tepat untuk dilakukan.

BACA JUGA: Daftar Komponen TV Tabung yang Sering Rusak

Bagaimana Cara menghilangkan garis-garis pada layar TV LCD atau jenis TV lainnya? Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki TV yang mengalami kerusakan tersebut, yaitu:

1. Lakukan Pemeriksaan dan Perbaikan Tegangan TV

Cara untuk mengatasi kerusakan munculnya garis-garis pada TV China yang pertama adalah melakukan pemeriksaan pada tegangan yang mengalir. Anda harus memeriksa tegangan 180 Volt, tegangan screen, tegangan output IC power Tcon, dan lain sebagainya.

Jika ada tegangan yang berlebihan, maka perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan menurunkan tegangan tersebut. Jika ada tegangan yang kurang, maka perbaikannya adalah menambah besarnya tegangan yang mengalir.

2. Mengganti Panel atau Bagian yang Rusak

Cara menghilangkan garis-garis pada layar TV yang kedua adalah dengan mengganti panel atau bagian rangkaian elektronik televisi yang mengalami kerusakan. Ketika flyback berma atau IC croma rusak dan tidak bisa diperbaiki, maka Anda hanya bisa mengganti bagian tersebut dengan yang baru.

Songket CTR yang sudah berkarat atau timbul jamur juga sebaiknya segera diganti agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Anda juga bisa mengganti kabel penghubung PCB yang rusak atau putus agar garis-garis pada layar televisi hilang.

Jika kerusakan ditemukan pada komponen Elco yang berdekatan dengan IC Vertikal, maka Anda juga harus menggantinya dengan yang baru. Namun, sebelum menggantinya Anda bisa mengecek dulu menggunakan Avometer.

Ketika elco tersebut memang sudah rusak dan harus diganti, maka lakukanlah penggantian elco dengan hati-hati. Jangan sampai penggantian elco dekat IC vertikal ini mempengaruhi elco lainnya yang ada di sampingnya ya.

3. Solder Ulang pada Komponen Televisi yang Kendur

Komponen-komponen rangkaian elektronika pada televisi juga bisa kendur. Umumnya, kondisi seperti ini disebabkan karena pemasangan atau solder awal yang kurang kuat atau TV yang terlalu panas hingga menyebabkan solderan kendur.

Televisi bisa memunculkan layar dengan gambar garis-garis karena adanya komponen televisi yang kendur. Misalnya, kendurnya bagian IC vertikal, Elco horizontal, dan bagian lainnya.

Bagaimana cara mengatasinya? Anda tidak perlu mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Cara mengatasi TV China gambar bergaris karena penyebab seperti ini adalah melakukan solder ulang di komponen-komponen yang kendur.

Perhatikan baik-baik dan lakukan solder ulang dengan teliti ya.

4. Menyambungkan Kabel yang Putus

Kawat yoke yang putus bisa menyebabkan munculnya garis-garis pada layar TV sehingga sangat mengganggu ketika sedang menonton televisi. Garis-garis yang muncul bisa berbentuk trapesium atau berbentuk acak.

Bagaimana cara mengatasi kawat yoke yang putus? Cara mengatasi kawat yang putus cukup mudah. Anda hanya perlu menyambungkan kembali kawat yoke yang putus. Setelah itu, coba kembali nyalakan televisi untuk mengecek tampilan layarnya.

Penutup

Kerusakan TV China gambar bergaris sangat umum terjadi. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh banyak penyebab. Namun, tidak usah khawatir karena kerusakan seperti itu bisa diatasi dengan penanganan yang tepat.

Pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui penyebab kerusakan TV China gambar bergaris dengan tepat. Ya, cara mengatasi TV bergambar garis-garis memang berbeda-beda tergantung penyebab kerusakannya.

Kahfi Talk less Do More