Kahfi Talk less Do More

Cara Mudah Melihat ID Discord Anda Dan Cara Menggunakannya

3 min read

Discord menjadi aplikasi yang biasa digunakan gamers untuk berkomunikasi antar pengguna satu dengan lainnya, menggunakan server pribadi. Adapun pengguna dapat melakukan interaksi untuk menyampaikan pesan suara maupun tertulis (chatting).

Adapun dalam tulisan ini, Anda akan memahami cara melihat ID discord secara mudah. Berbeda dengan aplikasi lainnya, dengan menggunakan discord pengguna dapat menikmati fitur yang disediakan, misalnya memasang bot, untuk mendengarkan musik sekaligus mencari gambar di satu tempat.

Pemakaian discord mungkin tidak sepopuler Zoom, jika melihat aktivitas selama pandemi COVID-19 secara online begitu aktifnya. Hal ini bisa saja fokus penggunaannya yang masih terpusat untuk para gamers.

BACA JUGA: Begini Cara Melihat Email Facebook Orang Lain & Akun Sendiri

Meskipun begitu, seiring berjalannya waktu, banyak orang yang memilih menggunakan discord untuk tetap terhubung dengan teman-teman, komunitas, dan lain sebagainya. Pun aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan platform ini beragam seperti, bertukar teks, suara, bahkan obrolan video.

Apabila Anda masih awam dengan aplikasi ini dan ingin lebih tahu lagi tentang ID discord, simak ulasan ini hingga selesai, agar Anda mendapatkan keseluruhan insight-nya!

Tentang Aplikasi Discord

Didirikan pada tahun 2015, aplikasi discord mulai berkembang di kalangan gamers dan memang menjadi fokus utama dalam pengembangannya. Saat membuat aplikasi ini, pembuatnya menginginkan cara sederhana dalam berkomunikasi sambil memainkan permainan.

Sehingga dengan begitu, pengguna bisa bermain game desktop melalui aplikasi yang tidak menghabiskan sumber daya komutasi dan tidak memperlambat kinerja.

Dalam layanan ini komunitas disebut ‘server’, yang berisi saluran suara, teks, dan video. Jika Anda mengetahui aplikasi populer ‘Slack’, sebuah perangkat lunak komunikasi korporat, maka akan menemukan beberapa kesamaan di aplikasi discord, khususnya saat pendaftaran akunnya.

Adapun pengguna bisa menjadi bagian server, dan bisa membentuk komunitasnya sendiri secara online.

Bagaimana Cara Menggunakan Discord?

Setelah menyimak gambaran umum aplikasi discord, Anda dapat memahami cara menggunakan discord, sebelum mengikuti cara melihat ID discord di artikel ini. Seperti halnya di aplikasi komunikasi lainnya, discord memiliki opsi gratis di sistem operasi Windows dan macOS.

Anda juga bisa menggunakan discord di perangkat smartphone baik iOS dan android.

Pada awalnya, Anda akan diminta membuat akun, yang umum dilakukan pada saat menggunakan aplikasi komunikasi lain. Setelah itu, Anda harus bergabung dengan server.

Cara termudah untuk bergabung, bisa menggunakan undangan dari teman yang lebih dulu memulai discord.  Syaratnya pun mudah diikuti, yakni membuka tautan yang mengarahkan Anda ke server dan berinteraksi langsung di saluran secara langsung.

Jika Anda belum mengenal siapapun di dalam discord, bisa memulainya dengan membuat obrolan sendiri atau bergabung dengan opsi publik yang sudah ada. Saat melakukan obrolan sendiri, caranya cukup mudah dan sederhana.

BACA JUGA: Cara Melihat Jumlah Subscriber yang di Hidden / diSembunyikan / Private

Tentu ini membutuhkan waktu, agar Anda memiliki teman untuk mengobrol dan membangun komunitas Anda.

Sebelumnya, untuk membangun komunitas, Anda bisa menekan ikon sisi kiri layar, agar menemukan pilihan undangan pertemanan dengan orang lain. Jika Anda tidak berkenan membangun komunitas sendiri, bisa menekan ikon ‘kaca pembesar’, untuk menemukan server populer di sana.

Saat bergabung di suatu komunitas, pastikan bahwa akun Anda nyata, dan tunduk dengan aturan server tentang konten dan perilaku di dalam komunitas.

Saat bergabung di komunitas, Anda bisa beralih ke menu daftar saluran, yang sebelumnya telah disiapkan di sisi kiri antarmuka. Di bagian ini pula, Anda bisa melihat anggota di sisi yang sama, sehingga mudah untuk ditemukan dan kembali lagi nanti.

Cara Melihat ID Discord

Cara Melihat ID Discord

Setelah memahami informasi di atas, berikut akan dijelaskan cara melihat ID discord melalui dua perangkat, yakni PC/Laptop dan smartphone. Cara ini mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Anda bisa menerapkannya, baik untuk melihat ID diri sendiri dan orang lain.

Melihat ID discord merupakan hal umum, mungkin Anda memiliki beberapa alasan untuk mengetahuinya. Untuk pengguna awal, tentu akan merasa sulit untuk menemukan ID miliknya sendiri ataupun orang lain.

Terlepas apapun alasan Anda ingin melihat ID discord ini, berikut akan dijelaskan secara rinci cara mudahnya.

Melihat ID Discord Melalui PC atau Laptop

Secara singkat untuk mengetahui ID Anda atau orang lain di aplikasi discord dengan menggunakan laptop atau PC bisa diikuti dengan tutorial berikut.

1. Pertama, buka aplikasi discord dan login ke akun Anda.

2. Kemudian klik ikon ‘Setting’ atau pengaturan di akun discord Anda.

Setting

3. Lalu, di halaman tersebut pilih kolom ‘Advance’ dan aktifkan ‘Developer Mode’ dengan menggeser ikon bulat ke sisi kanan.

aktifkan Developer Mode

aktifkan Developer Mode

4. Jika sudah, buka server discord Anda dan kirimkan pesan di sana, sebagai berikut.

buka server discord

5. Klik ikon titik tiga, dan arahkan kursor ke bawah, pilih ‘Copy ID Discord

Copy ID Discord

6. Selanjutnya paste ID discord yang sebelumnya ke kolom yang telah tersedia sebagai berikut.

paste ID discord

7. Selesai

Melihat ID Discord Melalui Smartphone

Untuk ID discord yang terhidden dapat Anda lihat melalui smartphone dengan cara yang cukup mudah. Agar bisa langsung mempraktekkannya, berikut tutorialnya bagi Anda!

1. Pertama, bukalah aplikasi discord yang sebelumnya sudah terinstall di perangkat Anda. Pun cara ini bisa Anda akses melalui browser perangkat dengan membuka situs discord.

2. Lalu, klik ikon ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ di akun discord Anda.

Setting atau Pengaturan

3. Bila sudah, pilih menu ‘Behavior’ dan aktifkan ‘Developer Mode’ dengan cara memindahkan bullet ke sisi kanan. Seperti gambar berikut.

Developer Mode

4. Kemudian buka server discord Anda dan masukkan pesan di sana.

server discord

5. Klik pesan yang Anda tuliskan, dan arahkan ke bawah untuk meng-copy ID discord.

Copy ID Discord

6. Selanjutnya, ID yang telah di copy, bubuhkan ke kolom yang tersedia untuk melihat ID discord.

7. Selesai

Saat Anda ingin melihat ID discord milik orang lain, bisa menggunakan cara di atas. Hanya saja ada letak yang berbeda, yakni klik profil orang yang akan Anda lihat ID-nya, lalu scroll ke bawah dan pilih ‘Copy ID Discord’ orang tersebut.

Selanjutnya langkah terakhir adalah mem-paste ID discord, selesai. Anda juga perlu mengaktifkan ‘Developer Mode’, biar langkah ini berhasil.

Saat berada di Developer Mode, Anda bisa mendapatkan informasi berupa server ID dan Message ID. Jika Anda membutuhkan ID Server, maka klik kanan pada nama server dan pilih ‘Copy ID’.

Apabila ingin menemukan ID pesan, tinggal klik kanan di bagian manapun sekitar teks dan pilih ‘Copy ID’. Ingat! cara ini tidak akan berhasil, jika Anda lupa mengaktifkan ‘Developer Mode’.

Berikut menjadi penjelasan panjang tentang aplikasi discord dan cara melihat ID discord baik melalui PC/laptop atau smartphone.

Tutorial ini sangat mudah untuk Anda ikuti, oleh karena itu Anda perlu memperhatikan langkah-langkahnya dengan seksama. Selain itu, Anda juga lebih mengenali aplikasi discord, yang populer di kalangan gamers.

Kahfi Talk less Do More