Kahfi Talk less Do More

3+ Opsi Cara Update iOS tanpa Wifi yang Mudah!

3 min read

Cara Update iOS Tanpa Wifi

Sistem pada perangkat dibutuhkan peng-update-an, hal ini demi pengoptimalan perangkat Anda termasuk sistem iOS. Melakukan update sistem tentu dibutuhkan data yang cukup sehingga harus menggunakan wifi. Meski begitu Anda pun tetap bisa melakukan cara update iOS tanpa Wifi.

Sekilas Tentang iOS

Pertama kalinya iOS diriliskan di tahun 2007 dengan nama iPhone OS hingga pada perilisan yang keempat kalinya barulah berubah menjadi iOS. Hingga saat ini, Apple terus meluncurkan inovasi teknologinya yakni iOS 15.

Bisa dikatakan iOS serupa dengan sistem operasi lainnya seperti Mobile Android, yang artinya nyawa dari perangkat itu sendiri.

Jika disandingkan iOS dengan Android tentulah sangat berbeda mulai dari ada tidaknya launcher aplikasi hingga konsep yang dikembangkan keduanya.

BACA JUGA: Cara Update Sakura School Simulator Versi Terbaru, Lengkap!

Seperti yang disebutkan di atas, Apple selalu melakukan pembaruan terbaru pada sistemnya, sehingga Anda sebagai penggunanya perlu melakukan pembaruan atau update iOS.

Melakukan update iOS memang membutuhkan daya yang tinggi sehingga perlunya Wifi. Meski begitu, Anda pun tetap bisa melakukan update tanpa wifi meski dengan syarat tertentu. Lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

Langkah Cara Update iOS tanpa Wifi

Ketika tidak ada Wifi yang terhubung sama sekali, maka Anda bisa melakukan update iOS dengan dua metode yang akan dijelaskan pada uraian di bawah ini.

Langkah Cara Update iOS tanpa Wifi
Kampunggadget.com

1. Update iOS tanpa dengan Data Seluler

Pertama Anda bisa mengandalkan data seluler untuk melakukan update iOS. Lebih jelasnya Untuk melakukan update iOS tanpa Wifi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama untuk bisa melakukan update iOS dengan data seluler pastikan jaringan optimal dan stabil. Selain itu, baterai iPhone Anda harus di atas 75%, sebab update iOS memang memakan banyak daya baterai.
  • Selanjutnya, Anda bisa pergi ke halaman pengaturan terlebih dahulu, selanjutnya silahkan klik opsi Umum pada pengaturan tersebut.
  • Geser ke bawah dan temukan opsi pembaruan perangkat lunak ataupun software update.
  • Karena Anda menggunakan data seluler untuk melakukan update iOS, maka Anda harus mengklik download and install.
  • Tunggu beberapa saat hingga pengupdatean atau instalan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mencoba update iOS terbaru.   Cara ini sangat mudah dilakukan bukan?

Selain dengan menggunakan data seluler, Anda pun bisa menggunakan metode lainnya yakni di bawah ini penjelasannya.

2. Update dengan Bantuan Perangkat Kedua

Selain dengan  metode update yang mengandalkan data seluler Anda pun bisa menggunakan bantuan perangkat kedua, yakni PC atau laptop.

Update dengan Bantuan Perangkat Kedua
Carisinyal.com

Tentu cara pengupdatean ini berbeda dengan cara sebelumnya, lebih jelasnya di bawah ini mengenai langkah-langkah update iOS iPhone dengan PC/Laptop.

  • Pertama Anda harus menyambungkan perangkat iPhone ke PC ataupun laptop terlebih dahulu. Untuk menyambungkannya, Anda bisa menggunakan kabel data USB yang sesuai dengan portnya.
  • Selanjutnya, jika iPhone telah terhubung ke PC atau laptop, Anda bisa langsung membuka aplikasi iTunes dan selanjutnya pilih perangkat yang akan di update
  • Kemudian Anda bisa langsung masuk menuju halaman Ringkasan selanjutnya pilih tab Periksa Pembaruan.
  • Jika Anda menemukan ada update atau pembaruan iOS terbaru, silahkan klik unduh atau download barulah pilih opsi perbarui.
  • Jika diminta password atau kata sandi, Anda bisa memasukan kata sandi yang dibutuhkan dengan benar. Tunggulah beberapa saat hingga update iOS selesai dan berhasil.

3. Hotspot dari Ponsel lain

Ketika ponsel Anda tidak sedang memiliki data seluler dan bahkan perangkat komputer atau laptop pun tidak ada, Anda masih bisa melakukan update iOS iPhone dengan cara lain yakni dengan menggunakan hotspot dari ponsel lain.

Hotspot dari Ponsel lain
Teknokompas.com

Pastikan juga ponsel yang di hotspot memiliki kuota data seluler atau setidaknya pulsa yang mencukupi. Jangan sampai di pertengahan pengupdatean data seluler  dari hp yang di hotspot habis.

Oleh sebab itu, pastikan dahulu. Jika sudah benar-benar yakin hubungkan ponsel Anda ke hotspot tersebut lalu buka pengaturan ponsel iPhone Anda.

Silahkan pergi ke halaman update software, jika sudah Anda bisa langsung mengklik update and install.

BACA JUGA: Cara Memperbarui WA GB atau Cara Update Whatsapp GB Terbaru

Tunggu beberapa saat hingga update iOS selesai.

Nah itulah terkait cara update iOS tanpa Wifi. Melakukan update atau pembaruan sangatlah penting dilakukan secara rutin. Sehingga performa sistem iOSnya tetap stabil.

Tak hanya itu, masih banyak alasan penting lainnya sehingga mengharuskan Anda untuk melakukan update iOS  dengan secara rutin yang akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini.

Alasan Harus Update iOS Secara Rutin

Terdapat beberapa alasan yang mengharuskan Anda untuk melakukan update iOS secara rutin, setidaknya ada 4 di bawah ini.

Alasan Harus Update iOS Secara Rutin
haberturk.com

1. Perbaikan Keamanan

Dengan melakukan update iOS secara rutin, keamanan ponsel Anda dapat diperbaiki. Anda tidak boleh meremehkan tingkat keamanan ponsel.

Tingkat keamanan yang tinggi membuat Anda terhindar dari gangguan dan privasi data yang lebih aman. hal ini akan meminimalisir pencurian data pada ponsel iOS Anda.

Oleh sebab itulah, Anda perlu melakukan update iOS dengan tepat waktu.

2. Sistem iOS yang Lebih Optimal

Selain dapat memperbaiki keamanan pada ponsel Anda, melakukan update iOS secara rutin dapat mengoptimalkan sistem pada ponsel Anda.

Pada tempo waktu tertentu, Apple selalu melakukan pembaruan maupun update iOS termasuk pada perangkat iPad dengan hitungan mingguan dan bulanan.

Adanya pembaruan ini dilakukan untuk mengoptimalkan sistem sehingga menjadi lebih halus atau smooth.

3. Performa dan Daya Baterai Lebih Optimal

Tidak sampai di sana dengan melakukan pembaruan iOS secara rutin pun dapat mengoptimalkan performa dan daya baterai pada ponsel iPhone Anda.

Usia iPhone yang sudah lama dapat membuat performa menjadi menurun dan tidak optimal lagi. Maka cara mengatasinya harus dilakukan update iOS secara rutin.

Dengan ini penggunaan baterai menjadi lebih tahan lama dan kinerja iPhone menjadi tetap prima.

Performa dan Daya Baterai Lebih Optimal

4. Perbaikan Bug dan Fitur Baru

Dengan melakukan update iOS Anda bisa memperbaiki bug. Dengan ini penggunaan ponsel iPhone menjadikan pengalaman yang tidak kalah penting.

Selain itu, Anda pun pasti sedang menunggu-nunggu fitur terbaru yang diupdate oleh Apple, kan? Dengan melakukan update inilah Anda bisa mendapatkan fitur terbarunya apalagi jika Anda mendapatkan tampilan yang baru. Hal ini tentu sangat menarik untuk dicoba, kan?

Itulah beberapa alasan utama kenapa Anda harus melakukan update iOS dengan rutin atau setidaknya di waktu tertentu.

Meskipun untuk tidak melakukan update pun tidak bermasalah, akan tetapi perangkat lunak yang dipasang pada ponsel Anda meminta pembaruan dan Anda tidak melakukannya ini bisa berakibat fatal, yakni Anda tidak bisa memasang dan menggunakannya.

Demikianlah penjelasan terkait cara update iOS tanpa Wifi untuk iPhone. Dengan 3 metode cara di atas, Anda  bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kahfi Talk less Do More