Kahfi Talk less Do More

Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 set

3 min read

Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 set

Tujuan akhir seseorang mencari informasi tentang cara paralel transistor final Toshiba 2 set adalah agar hasil suara dari amplifier Toshiba menjadi maksimal. Selain itu menambah rangkaian transistor akan mengurangi beban kerja transistor tunggal pada amplifier.

Akan tetapi skema paralel transistor final juga harus diwaspadai. Penambahan jumlah transistor final, apapun mereknya entah Toshiba atau Sanken akan memberi efek domino berupa pasokan daya drop. Untuk itulah diperlukan sebuah resistor untuk tr final Toshiba.

Nah jika penasaran akan cara paralel transistor final Toshiba 2 set, silahkan ikuti uraiannya di bawah ini.

Manfaat Menambah Transistor

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang melakukan penambahan transistor, antara lain:

  • Manfaat pertama ketika melakukan penambahan dengan cara parallel, transistor final pada sebuah amplifier adalah terjadinya penambahan daya amplifier. Semakin banyak pasang transistor, maka konsekuensi logisnya adalah daya yang dihasilkan juga akan semakin tinggi. Namun pada saat yang sama beban amplifier juga akan semakin berat.
  • Manfaat berikutnya, dengan melakukan penambahan jumlah transistor final maka beban kerja masing-masing transistor akan berkurang. Akan tetapi perlu diingat jika hal ini juga akan menyebabkan daya watt yang digunakan akan bertambah juga.

Pahami bahwa ketika rangkaian TR final ditambah, maka harus juga dilakukan penambahan pada kemampuan trafo yang digunakan. Hal ini harus diperhitungkan masak-masak sebab semakin banyak TR final yang dipasang, maka daya dan beban juga akan ikut bertambah.

Cara paralel transistor final Toshiba 2 set yang mengabaikan penambahan pada daya trafo maka manfaat utama dari penambahan transistor yang telah diuraikan di atas tidak akan tercapai. Namun kebalikannya trafo justru akan drop kekurangan pasokan tenaga.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menambah Transistor

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada cara paralel transistor final Toshiba 2 set, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Jangan melakukan pemasangan transistor yang berbeda merek pada satu rangkaian skema sebab akan ada perbedaan pada setiap merek transistor berdasarkan spesifikasi dari produsennya, misalkan beda pada jumlah daya atau tegangan masing-masing transistor.
  • Selain itu gunakan juga transistor dengan jenis dan nomer tipe yang sama, karena pada setiap jenis dan nomer transistor yang berbeda akan menghasilkan tingkat panas yang berbeda pula. Jadi misalkan telah memakai tr socl 506, maka jika ingin melakukan penambahan transistor, maka sebaiknya jangan gunakan tr socl 504. Apabila hal ini tetap dipaksakan maka kualitas suara yang dihasilkan akan memiliki mutu jelek.
  • Karena dengan penggunaan lebih banyak transistor final akan memerlukan pasokan daya yang lebih besar, maka pertimbangkan memasang resistor untuk paralel tr final. Tujuannya tentu saja agar arus serta output amplifier yang dihasilkan akan menjadi seimbang. Ketidak seimbangan yang terjadi akan menjadi beban bagi transistor yang terpasang, sekaligus mempengaruhi hasil audio.

Komponen untuk Penambahan Transistor

Ada sebuah komponen dasar dan penting ketika melakukan cara paralel transistor final Toshiba 2 set. Komponen tersebut mutlak diperlukan keberadaannya untuk menunjang efektifitas manfaat dari transistor.

Komponen yang diperlukan adalah Resistor kapur 0,1 ohm dengan daya 5 watt sampai 0,5 ohm dengan daya yang juga sebesar 5 watt. Resistor ini akan dipasangkan pada setiap kaki emitor transistor final.

Fungsi dari pemasangan resistor untuk membantu melakukan penyeimbangan terhadap adanya perbedaan karakteristik pada setiap TR final. Pemasangan resistor ini sekaligus sebagai jalan pintas saat tidak dapat menemukan transistor final berkarakteristik sama.

Tujuan utama dengan dipasangkannya resistor kapur 0,5 ohm / 5 watt pada setiap kaki emitor TR final adalah akan dapat membantu menyeimbangkan semua transistor final yang telah dan akan dipasang.

Dengan hal itu pula maka diharapkan panas yang dihasilkan oleh transistor akan dapat tersebar secara merata dan menyeluruh secara seimbang.

Untuk saat ini ada dua bentuk transistor yang beredar di pasaran, yang memiliki kesamaan mulai dari kaki, pangkalan, emitor hingga pangkalnya. Kedua transistor tersebut yaitu:

  • Sanken (‘2SC2922 dan 2SA1216)
  • Toshiba dan St (2N3055 & MJE2955). Keduanya memiliki kaki yang sama, pangkalan, kolektor dan emitor.

Cara Menambah Transistor Final Amplifier

Cara paralel transistor final Toshiba 2 set atau lebih ternyata sangat gampang. Namun diperlukan tingkat ketelitian yang sangat tinggi pada saat proses pemasangannya. Agar lebih jelas apa saja langkah pada cara paralel transistor final Toshiba 2 set, silahkan simak berikut:

  • Inti cara pemasangan transistor pada semua skema adalah lakukan metode penyambungan yang sama antar kaki transistor. Selain itu pemasangan komponen lainnya juga memakai azas pasang yang sama juga, yaitu basis dengan basis, kolektor dengan kolektor, dan emitor dengan emitor.
  • Pasanglah pada kaki basis dan kolektor dengan dua jenis transistor yaitu NPN dan PNP, yang mana antar keduanya tidak tersambung alisa terpisah. Namun pastikan bahwa pada kaki emitor NPN dan PNP, harus membentuk ke output speaker dengan cara kaki emitor bertemu satu sama lain.
  • Kemudian berikan resistor pembatas sebesar 10 0hm pada setiap kaki basis. Sedangkan pada kaki Emitor pasangkanlah resistor 5W 0,5 ohm atau bisa juga 0,47 ohm. Hal tersebut harus dilakukan agar terjadi keseimbangan antara resistor dan output sekering.
  • Lakukan proses tersebut dengan sangat hati-hati. Karena kesalahan pada proses penyambungan antar kaki, akan mengakibatkan korslet, terutama pada bagian basis dengan Kolektor. Jika konslet terjadi maka akan menyebabkan kerusakan fatal pada semua transistor yang ada.
  • Sedikit tips yang dapat digunakan untuk mengetahui urutan kaki:

Paling depan, dari arah kiri adalah basis, kolektor tengah, kemudian baru emitor.

  • Dengan dilakukan pasang transistor berarti juga akan dibutuhkan penambahan pendingin yang lebih besar sebab ketika adanya peningkatan penambahan tegangan maka ini artinya beban kerja pada transistor final akan meningkat sehingga suhu juga akan ikut meningkat.
  • Oleh karena itu usahakan untuk juga melakukan penambahan voltase pada sumber daya atau power supply sehingga sumber daya yang dibutuhkan oleh transistor untuk bekerja akan dapat terpenuhi.
  • Perlu dipahami jika pada suatu sistem OCL, semakin tinggi daya maka akan lebih baik jika dilakukan sebuah penambahan transistor final dengan keseimbangan daya PSU.

Jadi pada intinya dapat disimpulkan bahwa cara paralel transistor final Toshiba 2 set atau penambahan pada merek transistor lainnya sangat mudah.

Azas utamanya ada dua buah, yaitu yang pertama adalah samakan jenis dan kaki transistor masing-masing. Lalu azas yang kedua adalah lakukan penambahan resistor pada setiap bagian emitor.

Namun jika menggunakan driver dengan jenis ocl 140 watt dan power blazer 500 watt, maka penambahan resistor pada setiap bagian emitor tidak diperlukan karena desain driver yang sangat berbeda.

Demikianlah uraian tentang bagaimana cara paralel transistor final Toshiba 2 set yang dapat disampaikan. Semoga dengan informasi ini akan semakin terampil untuk merakit transistor final sendiri ya.

Kahfi Talk less Do More