Kahfi Talk less Do More

Tutorial Mudah Memperbaiki TV Sharp Mati Total

3 min read

TV Sharp mati total

Kerusakan TV Sharp mati total adalah salah satu kerusakan yang sering terjadi dan bisa dibilang lumayan mudah untuk memperbaikinya. Tentunya hal ini tergantung pada tingkat kerusakan dan area komponen TV yang terdampak.

Kerusakan seperti halnya TV Sharp mati total sebenarnya juga terjadi pada merk lainnya. Perlu dicatat, jika kerusakan disebabkan kena petir, kemungkinan besar banyak komponen yang rusak, dan banyak piranti yang harus untuk diganti dengan mesin TV yang baru.

Cara Memperbaiki TV Sharp Mati Total

Cara memperbaiki TV Sharp mati total mudah dilakukan bagi yang memiliki keterampilan dasar elektronik. Namun, bagi orang awam apabila kerusakan sederhana, mungkin dapat dicoba memperbaikinya dengan bantuan tutorial di bawah.

Pertama sebelum Anda mencoba langkah memperbaiki, ketahuilah terlebih dahulu apa penyebab tv tidak bisa menyala. Secara umum terdapat dua kasus TV Sharp mati total yaitu :

  • Kasus dengan lampu indikator menyala, atau biasa disebut kerusakan TV standby, dan bukan mati total. Jenis ini menandakan adanya listrik yang telah masuk ke power supply primer dan output sekunder diakibatkan oleh blok output power supply.
  • Kasus dengan lampu indikator tidak menyala, gejalanya tidak ada reaksi atau tidak ada suara mencuit, bunyi tik tik, maupun bunyi cit cit ketika dinyalakan. Akan lebih parah jika gejala ini dibarengi oleh MCB listrik trip atau jeglek.

Jika demikian dapat dikatakan kerusakan sangat parah. Namun bukan berarti tidak bisa ditangani. Justru hal ini lebih mudah, karena bisa pastikan 70% penyebab TV mati total lampu indikator tidak menyala berada di area primer power supply.

Kedua kasus kerusakan tersebut akan berbeda letak penyebab TV Sharp mati total dan cara menanganinya. Maka dari itu perlu pemahaman lebih lanjut bagaimana langkah solusi mengatasi, simak pembahasan di bawah.

1. Pengecekan Blok Regulator

Pengecekan awal TV Sharp mati total bisa dilakukan dengan mengecek blok regulator TV Sharp tidak bekerja atau masih berfungsi aman. Telisik pada transistor regulator D1884 apakah sehat.

Lanjutkan pada beberapa resistor kapur yang memiliki nilai satuan ohm, cek apakah masih tersambung atau dalam kondisi putus. Resistor kapur semestinya berada di jalur penyearah diode, sebelum masuk elco besar 400 volt, jika putus jelas tegangan pasti terhenti disini.

Apabila ketersediaan resistor kapur pengganti tidak ada, dan Anda perlu mempertimbangkan biaya beli komponen, sebagai alternative Anda bisa jumper menggunakan kabel. Karena ada beberapa mesin TV lainnya tidak ada resistor kapur ini.

Setelah Anda melakukan proses penjumperan yang menggunakan kabel, jangan lupa cek kembali komponen lainnya dalam blok regulator, seperti resistor kecil, kapasitor, hal ini untuk mengetahui kemungkinan kering, diode dan zener mungkin short atau malah putus.

2. Pengecekan Tegangan Elco

Tahap selanjutnya memperbaiki TV Sharp alexander mati total lampu indikator tidak menyala, setelah Anda memastikan komponen regulator baik, saatnya untuk dicoba. Setelah tegangan listrik masuk, cek tegangan pada elco besar.

Apabila sudah ada 300VDC berarti tegangan sudah masuk dengan baik. Sekarang cek tegangan TV Sharp lampu indikator mati B normal atau B+ lah drop berdenyut, serta dengarkan apakah ada suara yang muncul pada trafo regulator.

Jika yang terjadi selama perbaikan TV Sharp mati total B+ drop, kemungkinan terdapat beban berat. Solusinya cobalah lepas B+ flyback. Kalau hasilnya masih tetap sama tegangan drop berdenyut, dan flyback juga masih dalam kondisi baik tidak short, lanjutkan tahap 3.

3. Trafo Regulator

Lakukan cek kembali pada bagian regulator, sekarang fokus pada satu komponen ic osc TEA2261 yang belum coba diganti. Jika masih saja sama, terpaksa gunakan Gacun untuk mengganti rangkaian regulator.

Kalau hasilnya masih tetap sama tegangan drop disertai bunyi, cobalah cabut trafo regulator bisa jadi masalahnya trafo tersebut rusak. Kemudian sambung trafo menggunakan Gacun dengan kabel diluar PCB.

Semestinya hasilnya bisa normal dan bunyi bising hilang. Namun, Anehnya kadang jika dipasang di PCB kondisi TV Sharp Q Vision mati total kembali ke tegangan drop seperti awal.

Padahal saat pengecekan semua output regulator, mulai dari jalur tegangan B+ dan tegangan ic chroma, bahkan audio tidak ada yang mengalami konslet. Lalu bagaimana atasi TV Sharp mati total jika sudah demikian? Tetap tenang lanjutkan langkah berikut.

4. Mengganti Elco B+

Biaya service TV led Sharp mati total keseluruhan mungkin akan lebih mending ketimbang Anda membeli TV baru, karenanya jangan menyerah terlebih dahulu. Cobalah untuk mengganti elco B+ 100uf/160v, dan cek menggunakan kapasitor meter sampai normal,

Seharusnya saat ini bunyi bising hilang dan tegangan B+ sudah mampu keluar lampu indikator menyala merah. Namun, pada beberapa kasus ketika di ON kan, tetap tidak bisa. Hal tersebut menandakan TV masih protek atau mungkin masih terdapat beban di regulator.

Cobalah dengan melepas ICaudio TDA7056, kemudian nyalakan TV. Semestinya dengan cara tersebut TV bisa langsung menyala, dan indikator berubah warna hijau. Jika benar maka IC TDA7056nya yang rusak. Biasanya oleh avometer IC ini tidak  terdeteksi konslet.

5. TR Horizontal TT2140

Jika langkah diatas tidak memperbaiki kerusakan TV Sharp 14 inch mati total, maka titik masalah berada di area lain. Coba periksa TR Horizontal TT2140, gejala awal pada umumnya TV tiba-tiba mati saat pertama dinyalakan. Ikuti langkah berikut:

  • Ganti komponen C719 filter VCC STR W5453 karena bila C tersebut mulai kering akan berakibat melonjaknya tegangan B+, yang seharusnya 125v bisa naik menjadi 150v dan bahkan kadang menyebabkan pada trafo ada suara berdenyit.
  • Cek tingkat tegangan Trafo drive horizontal minimal 12v dan ganti dengan Elco C610 220uf 25v, karena apabila Elco mulai kering akan mengakibatkan TR horizontal cepat panas dan short.
  • Ganti komponen C643 470uf 16v karena komponen tersebut merupakan filter 8v supply IC Chroma termasuk juga pada bagian Oscilator horizontal dan vertikal.

6. Penyolderan Ulang Regulator Primer dan Sekunder

Kondisi solderan yang sudah tidak baik bisa menjadi penyebab kerusakan TV mati total Untuk itu sebelum Anda mulai mengecek satu persatu komponen pada bagian regulator primer maupun sekunder, ada baiknya melakukan penyolderan ulang terlebih dulu

Jika setelah Anda melakukan proses penyolderan ulang dan belum membuahkan hasil apapun, maka Anda bisa coba tahap berikutnya.

7. Periksa Fuse/Kabel Listrik pada bagian Regulator

Fuse atau sekring yang putus secara otomatis, pasti akan membuat TV mati total. Begitu juga dengan kabel listrik atau kabel AC bilamana putus menyebabkan Arus listrik tidak akan bisa mengalir dalam suatu rangkaian.

Penutup

Sebenarnya kasus yang menyebabkan  TV Sharp mati total masih banyak jangan menyerah, asal tekun dan sabar pasti pada akhirnya Anda temukan solusi yang tepat.

Kahfi Talk less Do More