Kahfi Talk less Do More

Cara Reset Printer Epson L220 dengan Software and Manual

1 min read

reset printer Epson L220

reset printer Epson L220

Mengetahui cara reset printer Epson L220 adalah hal penting apalagi jika Anda memiliki printer seri tersebut. Seringkali printer yang bermasalah menghambat pekerjaan Anda. Namun jangan khawatir karena selalu ada solusi untuk setiap masalah pada hardware.

Di artikel ini, kami telah menuliskan beberapa hal yang mungkin terjadi dan bisa Anda lakukan untuk mengatasi printer ngadat. Mengingat Epson adalah merk yang terbilang jarang mengalami error, cara mengatasinya pun tidak akan ribet.

Reset Printer Epson L220

Selain printer yang tiba-tiba macet dan tidak mau bekerja, biasanya Anda akn melihat lampu indikator yang berkedip-kedip diiringi dengan pesan error. Reboot adalah cara yang paling umum apabila printer berhenti bekerja tanpa adanya pesan error.

Namun jika ada pesan yang muncul di layar perangkat, sebaiknya Anda mengeceknya ulang dan bisa menggunakan resetter Epson L220 untuk mengatasi masalahnya.

1. Cara Reset Printer Epson L220 Manual

Apabila Anda ingin melakukan reset printer Epson L220 tanpa software, cara berikut ini cukup ampuh dan terbukti bisa mengembalikan printer ke fungsi semula.

Selain itu, langkah-langkahnya aman dan sesuai dengan anjuran di buku manual printer. Apabila Anda sudah siap, ikuti langkah-langkah pengaturan berikut ini.

  • Pertama, cabut kabel power dan diamkan untuk beberapa menit agar sistem melakukan pendinginan.
  • Setelahnya, pasang kembali kabel power dan nyalakan seperti biasa. Sebaiknya Anda menunggu beberapa saat hingga printer benar-benar nyala sempurna.
  • Kemudian dalam keadaan sudah nyala, tekan tombol resume atau logo tinta selama setidaknya 5 detik dan lepaskan. Anda bisa mengulangi langkah ini hingga dua kali dan pastikan ada jeda beberapa detik di antaranya.

Biasanya, sistem akan melakukan proses reset dengan sendirinya. Bersabarlah dan tunggu prosesnya hingga selesai dengan sempurna, ya.

Apabila cara di atas berhasil, maka lampu indikator akan berhenti blinking dan tentu saja Anda bisa menggunakan printer seperti semula.

2. Reset Epson L220 dengan Resetter

Apabila langkah manual sebelumnya tidak memberikan perubahan apa-apa, Anda bisa lanjut ke cara reset printer Epson L220 online berikut ini. Cara berikut ini akan menggunakan resetter yang bisa Anda unduh di internet.

Banyak pihak yang memberikan akses free download untuk resetter Epson. Namun pastikan Anda hanya mendapatkannya dari tempat yang trusted.

  • Pertama, pastikan printer dalam keadaan nyala dan tersambung dengan perangkat Anda. Lalu, buka aplikasi resetternya.
  • Klik “Select” dan isi informasi dasar tentang model printer dan port. Setelahnya klik “OK” dan klik “Particular adjustment”. Dengan memilih mode yang ini, Anda bisa mengakses bagian mana yang ingin dibenahi, misal “waste ink pad counter”.
  • Lalu, centang “main pad counter” dan lanjutkan dengan “check”. Setelahnya, pengecekan selesai, klik “Initialization” dan tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah semuanya selesai, klik “Finish”.

Metode ini seharusnya sudah mengembalikan kemampuan printer seperti semula. Namun jangan lupa juga cek bak pembuangan tinta, ya, barangkali perlu diganti.

Akhir Kata

Perlu Anda ketahui, printer yang error tidak hanya terjadi pada perangkat Anda. Hal ini sering terjadi apalagi jika printer memang sering digunakan secara produktif. Oleh karena itu, mengecek kesehatan printer adalah salah satu prioritas para pemilik printer.

Demikian berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang reset printer Epson L220. Dua cara di atas sangat manjur mengatasi pesan error yang sering muncul akibat perangkat yang memang digunakan secara aktif.

Kahfi Talk less Do More