Kahfi Talk less Do More

Cara Reset Epson L310 dengan Resetter dan Manual

1 min read

reset printer Epson L310

reset printer Epson L310

Apakah Anda adalah seorang pengguna printer Epson? Lalu, apakah printer Anda pernah mengalami masalah yang menghambat pekerjaan? Cara reset printer Epson L310 di bawah ini akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa printer adalah hardware yang perlu mendapatkan perhatian. Seringkali benda ini berhenti bekerja karena berbagai hal sedangkan Anda sedang membutuhkannya.

Reset Printer Epson L310

Sebenarnya printer yang satu ini tergolong hardware yang jarang bermasalah dibandingkan seri lainnya. Namun ketika Anda sudah mencetak setidaknya 6000 halaman, pesan error biasanya akan muncul.

Dan ketika lampu indikator berkedip-kedip, maka Anda sebaiknya melakukan pengaturan ulang. Hard reset adalah salah satu cara yang paling umum. Namun Anda juga bisa menggunakan resetter yang bisa diunduh secara gratis.

1. Cara Reset Epson L310 Manual

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur ulang printer. Cara yang paling mudah adalah dengan langkah berikut ini:

  • Pertama, cabut kabel power selama satu menit, lalu pasang lagi kabelnya.
  • Setelahnya, tekan tombol power dan resume secara bersamaan dan tahan selama lima detik; lepaskan. Ulangi cara ini selama dua atau tiga kali.
  • Kemudian, diamkan printer selama lima detik lagi. Lalu Anda bisa mencoba untuk menyalakan printer secara normal.

Langkah-langkah di atas merupakan cara reset printer Epson L310 manual, sesuai dengan buku petunjuk. Apabila masalah printer berasal dari sistem yang bingung atau kertas yang menggumpal, maka cara ini sudah cukup membantu.

Namun bagaimana jika printer masih belum bekerja? Simak cara otomatis di bawah ini, yang mengharuskan Anda menggunakan resetter.

Cara Menggunakan Resetter Epson L310

Apabila cara manual tidak berhasil untuk kasus Anda, maka Anda harus coba menggunakan resetter. Resetter sendiri adalah program yang dibuat untuk mengatasi masalah printer. Namun sebelum menggunakannya, Anda harus download driver reset printer epson l310.

Kabar baiknya, driver ini tersedia secara gratis di internet. Pastikan Anda hanya mengunduh dari situs terpercaya.

  • Setelah Anda mengunduh dan install driver resetter atau mengekstrak semua file yang ada di dalamnya, Anda bisa membuka aplikasi resetter.
  • Setelahnya, Anda harus mengisi informasi dasar tentang printer, seperti model dan port yang menyambungkannya dengan perangkat Anda.
  • Kemudian, Anda harus memilih di antara “sequential adjustment” dan “particular adjustment”. Apabila Anda sudah mengetahui masalah pada printer, pilih yang kedua.
  • Lalu, pilih “waste ink pad counter” yang ada di bawah menu “Maintenance”. Setelah klik OK, Anda harus mencentang “main pad counter” dan proses dengan “check”.
  • Sistem akan mencari tahu apa yang harus dilakukan dan Anda bisa klik “OK” pada jendela dialog. Setelah semua proses selesai, klik “finish”.

Cara di atas adalah langkah untuk reset printer l310 online. Oleh karena itu, Anda sebaiknya harus memiliki koneksi internet ketika menjalankannya.

Sebaiknya, Anda juga cek tempat pembuangan tinta yang letaknya di bagian bawah printer. Apabila bak tinta sudah penuh, busa saringannya harus segera diganti agar tidak menimbulkan kerusakan berkepanjangan.

Akhir Kata

Memiliki printer adalah suatu hal yang membantu pekerjaan Anda. Namun agar hardware tetap berjalan optimal, Anda harus rajin melakukan pengecekan.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk reset printer Epson L310. Selain melakukan pengaturan ulang, pastikan perangkat memang dalam keadaan prima, mengingat printer juga perlu perhatian khusus seperti perangkat lainnya.

Kahfi Talk less Do More