Kahfi Talk less Do More

Fungsi Dan Cara Merangkai Skema Power Supply Simetris 15 Volt

3 min read

Power supply dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam rangkaian elektronika. Salah satu jenis dari power supply adalah power supply simetris. Apa saja fungsi power supply simetris? Bagaimana gambaran skema power supply simetris 15 Volt?

Apakah skema power supply simetris 15 Volt dapat dibuat sendiri? Bagaimana cara membuat power supply simetris 15 Volt? Informasi lebih lengkap tentang power supply simetris 15 Volt akan dibahas melalui artikel yang satu ini!

Definisi dan Pengertian Power Supply Simetris

Apa yang dimaksud dengan power supply? Power supply adalah sebuah alat berupa perangkat yang dapat digunakan untuk menyediakan sumber energi atau tegangan DC pada berbagai rangkaian elektronika. Power supply umumnya juga disebut dengan istilah adaptor atau regulator.

Secara umum, power supply disusun oleh beberapa bagian. Apa saja bagian dari sebuah power supply? Bagian-bagian dari power supply yaitu transformator, dioda, dan kapasitor.

Berdasarkan jenis tegangan output yang dihasilkan, power supply dibedakan menjadi dua jenis. Dua jenis power supply tersebut adalah power supply simetris dan power supply non simetris. Power supply non simetris memiliki satu output tegangan yaitu positif.

Sementara itu, apa itu power supply simetris? Power supply simetris merupakan jenis power supply yang memiliki dua buah output tegangan dengan dua polaritas berlawan, yaitu positif dan negatif.

Power supply simetris 15 Volt artinya power supply simetris tersebut mampu memberikan tegangan sebesar 15 Volt. Skema power supply simetris 15 Volt akan memberikan gambaran lebih jelas tentang rangkaian power supply 15 Volt.

Harga power supply simetris 15 Volt beragam mulai dari Rp 13.000 hingga Rp 25.000. Anda dapat membelinya langsung di toko peralatan elektronik. Selain itu, power supply simetris 15 Volt juga bisa dibeli melalui berbagai online shop.

Fungsi atau Kegunaan dari Power Supply Simetris

Apa fungsi power supply atau adaptor? Fungsi power supply simetris adalah memberikan energi tegangan terhadap suatu rangkaian elektronik dalam perangkat elektronik. Fungsi power supply simetris 15 Volt adalah memberikan tegangan sebesar 15 Volt kepada perangkat elektronik.

Power supply simetris dapat bekerja dengan baik ketika skema power supply simetris 15 Volt dirancang dengan baik dalam suatu alat. Berikut ini beberapa perangkat elektronik yang menggunakan power supply simetris sebagai sumber tegangan, yaitu:

  • Rangkaian audio equalizer
  • Mixing console
  • Perangkat motherboard dalam komputer
  • Power amplifier
  • Sirkuit tone control

Selain beberapa perangkat elektronik tersebut, power supply simetris jug dapat digunakan pada rangkaian elektronik lainnya.

Contoh Skema Power Supply Simetris

Bagaimana skema power supply simetris? Berikut ini contoh skema power supply simetris secara sederhana!

1. Contoh Skema Power Supply Simetris Trafo CT

Skema Power Supply Simetris Trafo CT

ruangteknisi.com

Skema power supply sederhana seperti ini biasanya tidak membutuhkan tambahan sirkuit regulator tegangan. Skema seperti ini banyak digunakan pada sirkuit power amplifier.

2. Contoh Skema Power Supply Simetris IC Regulator

Power Supply Simetris IC Regulator

ruangteknisi.com

Skema Power Supply Simetris 15 Volt dan Cara Merangkainya

Cara merakit power supply simetris 15 Volt cukup mudah dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Tentunya dalam merangkainya dibutuhkan skema atau gambaran power supply simetris 15 Volt.

Seperti apa skema power supply simetris 15 Volt? Bagaimana cara merangkai power supply simetris 15 Volt? Berikut ini skema dari power supply simetris 15 Volt beserta penjelasan tentang cara merangkainya, yaitu:

1. Skema dari Power Supply Simetris 15 Volt IC 7815 dan 7915

Power supply simetris 15 Volt dapat dirangkai menggunakan IC 7815 dan 7915. Fungsi IC 7815 dan 7915 adalah menstabilkan dan mengarahkan tegangan 15 Volt dengan tepat sesuai kebutuhan rangkaian elektronik.

Berikut ini skema rinci dari power supply simetris 15 Volt menggunakan IC 7815 dan 7915, yaitu:

Power Supply Simetris 15 Volt IC 7815 dan 7915

Bagaimana cara untuk merangkai supply simetris 15 Volt menggunakan skema di atas? Pertama, Anda harus mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan untuk merangkai rangkaian power supply simetris 15 Volt di atas, yaitu:

  • Diode 1A 4 X 4
  • Trafo CT
  • IC 7815 dan IC 7915
  • Elko 2200 UF 35V
  • Elko 22UF 50V
  • Kapasitor 104J 100V
  • PCB

Setelah mempersiapkan semua bahan tersebut, Anda bisa langsung merangkai sesuai dengan skema yang diberikan. Perhatikan dengan baik letak kaki IC 7815, polaritas elco, dan juga polaritas dioda. Ketiga komponen tersebut harus dipasang dengan benar dan tidak boleh terbalik.

Jika Anda memasangnya dengan terbalik atau salah, maka komponen yang dirangkai tidak akan dapat bekerja atau mati.

Ketika memasang dioda, Anda bisa memperhatikan setrip warna putih. Ketika setrip putih berada di depan, maka itu artinya output positif. Namun, jika setrip putih ada di belakang, maka artinya output negatif.

Pemasangan polaritas elko juga harus tepat. Aki negatif pada polaritas elko ditunjukkan dengan tanda setrip puih atau setrip hitam.

IC juga harus dipasang dengan tepat sesuai skema yang ada. Jangan sampai terbalik karena dapat menyebabkan tegangan mati atau bahkan terlalu berlebihan (over).

2. Skema Rangkaian Power Supply Simetris 15 Volt TIP31 dan TIP32

Selain menggunakan IC 7815 dan 7915, power supply simetris 15 Volt juga dapat dirangkai menggunakan transistor TIP31 dan TIP32. Bagaimana skema dari power supply tersebut? Berikut ini skema dari power supply simetris 15 Volt Transistor TIP13 dan TIP32, yaitu:

Power Supply Simetris 15 Volt TIP31 dan TIP32

Selain menggunakan IC, power supply simetris juga bisa dirangkai menggunakan transistor. Rangkaian power supply simetris menggunakan transistor memang lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan IC. Hal ini karena transistor tidak dapat digunakan untuk menurunkan tegangan.

Anda harus menggunakan komponen tambahan seperti diode zener 15V. Komponen tambahan ini digunakan untuk menurunkan dan menstabilkan tegangan menjadi 15V sesuai dengan kebutuhan rangkaian power supply.

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan komponen pendukung lainnya, seperti R 220 Ohm. Komponen ini berguna sebagai penstabil tegangan pada transistor.

Setelah mempersiapkan semua komponen tambahan, maka Anda bisa langsung merangkainya sesuai dengan skema dari power supply simetris 15 Volt. Perhatikan baik-baik setiap letak komponen dan pasang dengan benar agar rangkaian bisa bekerja dengan baik.

Power supply simetris 15 Volt yang dirangkai menggunakan transistor memang lebih rumit, tetapi memiliki keunggulan. Keunggulannya adalah output tegangan yang dihasilkan lebih bersih dibandingkan dengan output tegangan power supply simetris menggunakan IC.

Penutup

Skema power supply simetris 15 Volt menggunakan IC maupun transistor di atas dapat digunakan sebagai panduan ketika merangkainya. Setelah selesai dirangkai, Anda bisa langsung mencobanya di perangkat elektronik.

Perhatikan letak komponen dan cara merangkainya dengan baik dan tepat. Ketika setiap komponen disusun dengan tepat, maka power supply dapat bekerja dengan baik memberikan energi atau tegangan yang sesuai untuk perangkat elektronik.

Kahfi Talk less Do More