Kahfi Talk less Do More

Sound of Text TikTok, Fitur Pembuat Pesan Suara pada Aplikasi TikTok

3 min read

Sound of text TikTok

Jika sebelumnya mungkin Anda hanya mengenal Sound of Text yang berlaku untuk pesan chat Whatsapp saja. Namun kini, bagi Anda pengguna TikTok, Anda juga bisa menggunakan fitur pengubah pesan teks menjadi pesan suara ini, yang dikenal dengan Sound of Text TikTok.

Hampir sama dengan fitur Sound of Text lainnya. Pada fitur Sound of Text untuk TikTok ini juga, Anda bisa membuat sebuah pesan suara, yang diambil dari pesan teks yang Anda buat sebelumnya. Apakah cara menggunakan fitur Sound of Text untuk TikTok ini sama dengan fitur pengubah pesan teks menjadi pesan suara lainnya? Untuk mengetahuinya, ada baiknya Anda membaca penjelasannya seperti berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Sound Of Text BTS

Apa yang Dimaksud Sound of Text TikTok?

Sebagai media sosial yang kini semakin banyak digemari, TikTok bukan hanya bisa digunakan untuk mengunggah video singkat saja. Kini, Anda juga bisa membuat audio/pesan suara pada video yang Anda unggah, dengan kata-kata yang bisa Anda buat sendiri.

Dimana fitur untuk membuat pesan suara TikTok ini dikenal dengan Sound of Text TikTok. Lalu apa bedanya fitur yang satu ini dengan fitur Sound of Text lainnya? Sebenarnya tak jauh berbeda, dimana Anda bisa menulis sebuah pesan teks, yang nantinya bisa diubah menjadi pesan suara.

Baca Juga: Cara Membuat Pesan Suara Untuk Nada Dering Whatsapp

Meskipun terlihat sama dengan fitur Sound of Text lainnya. Namun fitur pengubah pesan teks menjadi suara untuk aplikasi TikTok ini nantinya, bisa Anda masukkan ke dalam video yang Anda unggah.

Sehingga video yang diunggah tersebut akan dilengkapi audio (pesan suara) dengan kata-kata yang bisa Anda buat sendiri. Sangat menarik, bukan? Belum lagi, karena memang pesan suara yang ada pada video TikTok tersebut memang Anda buat sendiri.

Maka tentunya, kata-katanya bisa sekaligus mewakili perasaan Anda saat itu, maupun bisa dibuat sesuai dengan video yang Anda unggah tersebut. Lalu bagaimana cara membuat Sound of Text untuk aplikasi TikTok ini? Anda bisa mengetahuinya dalam tutorial di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat sound of text Anime

Cara Membuat Pesan Suara TikTok dengan Sound of Text

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi Sound of Text TikTok, setelah menyimak penjelasan diatas. Maka kini Anda juga perlu menyimak pembahasan selanjutnya, yang akan menjelaskan mengenai cara membuat sebuah pesan suara untuk video TikTok ini. Tentunya dengan fitur Sound of Text, yang memang disediakan untuk para pengguna aplikasi TikTok.

Bagaimana caranya? Ini dia panduan lengkapnya:

1.Buka Aplikasi TikTok

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat pesan suara untuk aplikasi TikTok ini tentunya dengan membuka aplikasi TikTok tersebut terlebih dahulu. Sebelum membuka aplikasi, pastikan dulu bahwa Anda telah melakukan update aplikasi tersebut sebelumnya. Agar nantinya, aplikasi TikTok tersebut bisa Anda gunakan. Baik untuk mengunggah video, maupun untuk  membuat pesan suara melalui Sound of Text.

2. Buat Video

Buat Video

Langkah selanjutnya, setelah Anda masuk ke aplikasi TikTok ini yaitu dengan membuat sebuah video. Buatlah video seperti biasanya dengan menekan ikon (+). Namun pastikan, bahwa video yang Anda buat tersebut belum dilengkapi teks.

3. Tambahkan Teks

Barulah setelah video tersebut telah selesai Anda buat. Maka kini, Anda bisa menambahkan teks pada video tersebut. Anda bisa menambahkan teks pada kolom yang tersedia, dengan terlebih dahulu menekan opsi Text. Biasanya, kolom untuk membuat pesan teks tersebut berada tepat di bawah video.

4. Edit Teks

Agar pesan teks yang Anda buat tersebut terlihat rapi dan menarik. Maka Anda bisa melakukan pengeditan. Misalnya dengan menggunakan warna teks hingga bentuk tulisan yang Anda inginkan, maupun yang sesuai dengan video yang telah Anda buat sebelumnya.

5. Klik Opsi Done

Jika dirasa, video dan juga pesan teks yang telah Anda buat tersebut telah sesuai dengan yang Anda inginkan. Maka kini, Anda bisa meng-klik opsi Done. Sebagai tanda bahwa Anda telah selesai melakukan pengeditan, dan akan dilanjutkan dengan menambahkan pesan tersebut pada video Anda.

6. Tap Tulisan (Teks) dan Tambahkan Teks ke Video       

Jika langkah-langkah diatas telah Anda lakukan dengan benar dan berurutan. Maka Anda bisa langsung melanjutkan ke langkah/tahapan selanjutnya. Dimana pada tahap ini, Anda bisa meng-klik (tap) pesan teks tersebut hingga muncul tulisan Text to Speech. Kemudian, tambahkan pesan teks tersebut pada video yang akan Anda unggah tersebut.

 7. Klik Opsi Text to Speech

Klik Opsi Text to Speech

Untuk mengubah pesan teks tersebut menjadi pesan suara, maka Anda bisa meng-klik opsi Text to Speech. Tepatnya setelah opsi Text to Speech tersebut muncul, saat Anda menge-klik (tap) pesan teks yang telah Anda buat sebelumnya. Opsi Text to Speech ini biasanya muncul di menu paling atas aplikasi.

8. Tunggu Hingga Muncul Konversi Suara

Sebelum pesan suara tersebut mengiringi video TikTok Anda. Maka Anda bisa mendengarkan terlebih dahulu pesan suara tersebut. Tentunya agar Anda bisa melakukan pengeditan terlebih dahulu, bilamana ada kata-kata yang kurang sesuai dengan keinginan Anda.

Anda bisa mendengarkan pesan suara tersebut, tak lama setelah Anda menge-klik opsi Text to Speech. Biasanya, konversi suara yang berasal dari pesan teks, akan muncul kemudian. Anda hanya tinggal menunggu, hingga konversi suara tersebut muncul.

9. Lakukan Pengeditan Video Beserta Pesan Suara dari Sound of Text

Untuk membuat postingan menjadi terlihat menarik, maka Anda bisa melakukan pengeditan pada video serta pesan suara, sebelum akhirnya Anda benar-benar mengunggahnya di aplikasi TikTok. Karena tentu saja, video yang menarik akan lebih disukai banyak orang. Hingga tak menutup kemungkinan, dengan postingan video yang disertai pesan suara tersebut, akan mendatangkan follower dan jumlah like dalam kapasitas (jumlah) banyak juga.

10. Upload Video

Upload Video

Langkah terakhir, tentunya dengan mengunggah video tersebut. Dengan demikian, Anda kini bisa membuat sebuah video yang disertai dengan pesan suara. Tak tanggung-tanggung, pesan suara tersebut bisa Anda buat sendiri, dengan kata-kata yang bisa Anda tulis dan rangkai sendiri. Sangat menarik untuk dicoba, bukan?

 

Maka dari itu, bagi Anda yang belum pernah mengunggah video TikTok dengan fitur Sound of Text TikTok ini. Mengapa Anda tidak mencoba cara-cara diatas? Karena pastinya, mengunggah video yang disertai pesan suara yang lucu dan menarik, akan jauh lebih disukai, daripada video yang tanpa memiliki latar suara sama sekali.

Kahfi Talk less Do More