Kahfi Talk less Do More

Penyebab dan Cara Mengatasi TV Polytron Mati Total

3 min read

Cara Mengatasi TV Polytron Mati Total

Banyak sekali hal yang menyebabkan TV Polytron mati total sehingga tidak bisa diartikan dan difokuskan pada satu permasalahan saja.

Kerusakan ini biasanya memberikan tanda tanda tertentu seperti TV Polytron mati total lampu indikator tidak menyala, suara berdenging yang cukup kencang, dan bahkan terkadang ada bunyi cuit pada TV polytron tersebut.

Maka dari itu harus benar benar meneliti lagi apa permasalahan yang menyebabkan TV Polytron mati total. Sehingga memahami cara memperbaiki TV Polytron rusak dengan benar. Dengan begitu maka permasalahan pada TV tersebut bisa teratasi dengan baik.

3 Penyebab TV Polytron Bisa Mati Total

Pasalnya permasalahan yang menyebabkan kerusakan TV Polytron dikarenakan oleh regulator primer ataupun sekunder. Jika dirangkum secara ringkas mati total biasanya terjadi karena,

  • Kerusakan pada power supply yang ada pada regulator.
  • Output regulator yang menjadi masalah.
  • Shor pada diode dumper.
  • Elco kering atau terjadi short.
  • Masalah pada transistor horizontal short.
  • Transformator flyback yang rusak atau terkena short.
  • Hingga timah yang retak dan tidak bisa merekat sempurna.

Namun  penyebab tv polytron mati total tersebut sering terjadi pada tv polytron tabung dengan perlakuan berbeda di setiap tipe TV Polytron yang akan diperbaiki. Mari kita simak penjelasan lebih detailnya berikut ini,

1. Kerusakan Pada Regulator Primer

Regular atau power supply pada polytron slim rata-rata hampir sama di setiap tipenya yaitu menggunakan tipe fet 7n65c. Inilah yang menjadikan TV Polytron mati total. Fet yang rusak akan mengakibatkan regulator berhenti.

Saat arus listrik masuk dalam rangkaian dan tidak ada efek apapun ketika menancapkannya, hal ini perlu diperhatikan dan lebih berhati hati. Anda harus mengecek terlebih dahulu pada bagian elco 400v.

Biasanya jika arus listrik tersebut tidak memberikan respon yang baik maka tidak jarang ia malah masuk ke dalam elco tersebut. Hal tersebut sangat berbahaya jika tidak di cek terlebih dahulu. Dengan begitu maka akan menjadikan regulator drop dan menyebabkan bunyi cuit pada areanya.

Elco tersebut yang dimasuki tegangan merupakan tanda jika fet 7n65c tidak bekerja dengan baik. Untuk itu diperlukan pengecekan pada semua jenis komponen yang sudah terhubung dengan fet tersebut.

Namun jika elco masih bisa menyimpan namun bisa habis secara perlahan maka tandanya adalah masih ada transistor yang berfungsi. Sehingga dapat menghabiskan sisa arus listrik yang ada pada elco filter.

Apabila tv polytron mati dan disertai dengan mcb rumah yang anjlok. Hal itu menandakan ada komponen aktif yang short. Biasanya hal tersebut disebabkan karena ic 501/7n65c short antar kakinya.

2. Jebolnya Fet 7n65c

TV Polytron mati total juga menjadi akibat dari kerusakan pada komponen tersebut yang ada pada regulator. Harusnya diselidiki terlebih dahulu dan tidak tergesa gesa untuk mengganti komponen FET jika terjadi sebuah masalah.

Jika tidak diselidiki maka akan menjadikan fet tersebut jebol secara terus menerus. Factor yang mempengaruhi adalah,

  • Tidak ada tegangan gate di kaki 1.
  • Shortnya tidak sesuai yaitu pada kapasitor c520/102j 2kv.
  • Kualitas fet yang tidak memadai atau terkadang juga dikarenakan fet palsu.
  • Dikarenakan trafo regulator yang rusak.

3. Kerusakan Pada regulator Bagian Sekunder

Tidak serta merta kerusakan TV Polytron mati total dikarenakan bagian premier saja. Tetapi juga bisa dipicu karena adanya hal yang janggal pada blok sekunder yang memicu kerusakan pada TV.

Gejalanya berbeda beda seperti,

  • Lampu indikator berkedip
  • Tegangan regulator yang drop
  • Lampu led yang tetap menyala

Dari beberapa tanda tanda atau gejala tersebut ada satu masalah yang parah yaitu lampu indikator yang terus berkedip. Hal ini disebabkan karena terjadi short di bagian transistor horizontal.

Namun, tak perlu terburu-buru anda harus mengecek di bagian kapasitornya agar tidak terjadi berulang kali sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih besar. Jika di cek ternyata memang bermasalah maka anda bisa mengganti transistor horizontalnya.

Jika tegangan outputnya mengalami penurunan yaitu pada tegangan 10 volt maka hal tersebut yang menyebabkan TV Polytron mati total dan indikator akan berkedip secara terus menerus dan semakin cepat.

Kedua regulator tersebut sangat mudah jika ingin diperbaiki asalkan anda harus teliti untuk memeriksa satu persatu komponen yang ada pada tv polytron tersebut. Jika anda kurang berkenan untuk melakukannya sendirian maka anda bisa gunakan jasa servis TV.

4 Cara Memperbaiki TV Polytron yang Mati Total

Setelah anda mengetahui penyebab yang menjadikan TV Polytron tidak mau hidup. Selanjutnya, anda akan mengetahui bagaimana cara memperbaiki atau servis TV Polytron mati total.

1. Lampu Indikator yang Berkedip

Kerusakan ini jarang sekali terjadi dan hanya terjadi pada beberapa tipe TV Polytron saja. Namun, jika anda sedang mengalami masalah yang sama anda bisa mengikuti tata cara berikut ini,

  • periksalah C250 yang berukuran 120J 2KV jika lampu hanya berkedip dan tv masih dalam keadaan baik.
  • Periksalah resistor 2’2 Ohm
  • Jika ada masalah pada keduanya maka anda diperbolehkan untuk menggantinya
  • Jika mengalami penurunan tegangan anda bisa mengecek elco C503 ukuran 1000 uF 25 volt.

2. TV Polytron Type MX51323 Mati total

Seperti halnya yang sudah dikatakan bahwa TV Polytron memiliki banyak tipe dan berbeda beda cara menanganinya. Pada tipe ini biasanya penyebabnya adalah dioda yang mati. Untuk mengatasinya anda hanya perlu menggantinya saja.

3. TV Polytron yang Mati Total dan Berbunyi Cit

Banyak orang yang ,mengalami masalah serupa yaitu mati total yang juga berbunyi mencuit. Penyebab dari bunyi dan mati total tersebut dikarenakan tegangan + terhubung dengan ground secara langsung.

Cara mengatasi TV Polytron rusak dan bunyi cit adalah dengan cara melakukan pengecekan pada diode B+ 115 Volt, kondensator, transistor horizontal, flyback juga dengan IC Vertikal. Jika sudah dan tidak bisa diselesaikan maka anda bisa menggantinya.

4. TV Polytron Type Slim Mati Total

Biasanya TV ini akan mengeluarkan bunyi seperti berdengin dan itu ditandai karena power supply yang sedang menerima beban yang berat sehingga akan muncul suara tersebut.

Anda harus mencoba mengecek terlebih dahulu. Biasanya kerusakan berada pada Flyback B+ yang short dengan ground. Maka jika sudah ketemu maka anda bisa menggantinya.

Kesimpulan

Sebenarnya semua masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mudah. Pastinya dengan penanganan yang tepat akan menjadikan semuanya baik baik saja. Semoga bermanfaat dan bisa anda terapkan di rumah.

Demikian cara memperbaiki TV Polytron yang mati total dan juga penyebab- penyebab yang mungkin terjadi.

Jika anda dalam mengatasi TV Polytron mati total dibutuhkan pengecekan berkala maka anda bisa menyerahkan semuanya kepada pihak yang bisa diberi tanggung jawab tersebut. Sehingga hal tersebut tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Kahfi Talk less Do More