Kahfi Talk less Do More

Fungsi dan Ukuran ID Card Lengkap dengan Penjelasannya

7 min read

Ukuran ID Card

Ukuran ID card berbeda-beda tergantung kebutuhan dan aturan yang berlaku. Standar ini termasuk ketika membuat KTP atau kebutuhan lain termasuk event tertentu. Ukuran yang tepat dan pas akan mempermanis tampilan dari kartu pengenal tersebut.

Pada umumnya ID card berisikan nama, jabatan dan foto yang bersangkutan. Pada saat membuat kartu ini tidak bisa sembarangan karena ada ukuran tertentu di masing-masing pembuat atau toko.

Jika suatu saat harus membuat ID card atau bertugas memesannya, ada baiknya menggunakan ukuran yang tepat. Ukuran ini ada bermacam-macam dan dapat disesuaikan, berapa saja ukurannya cek langsung dalam artikel ini yang sudah diulas lengkap tim efyei.com.

Ukuran ID Card Sesuai Bahan Kertas

Ukuran ID Card Sesuai Bahan Kertas

ID card atau disebut  juga dengan Identity Card sebagai kartu tanda pengenal seseorang. Dapat pula digunakan sebagai kartu atau tanda pengenal seseorang dalam sebuah acara atau event tertentu.

Jika diperhatikan, ID card ini seakan-akan sama saja satu dengan yang lainnya. Namun, tidak semuanya sama tergantung ukuran, desain dan harganya. Desain biasa akan berbeda dengan desain yang terkesan mewah atau sebaliknya.

Di bawah ini adalah klasifikasi dari ID card untuk berbagai aktivitas dengan bahan yang berbeda.

1. Kertas ID Card B1

B1 merupakan ukuran paling kecil dalam sebuah kartu identitas. Ukuran kertas ID card B1 10 x 6,5 cm (Tinggi 10 cm dan Lebar 6,5 cm).

Pada Kertas ID card B1 desain umum yang dipilih terkadang lebih sederhana dan ringan yang pada umumnya digunakan saat sebuah acara berlangsung.

Ketika digunakan dalam sebuah event akan dipermanis dengan tali lanyard. Tali ini untuk mempermudah penempatan kartu dan dapat dilihat dengan jelas oleh yang lain.

2. Kertas ID Card B2

Ukuran berikutnya adalah B2, ukurannya lebih besar sedikit dibandingkan B1. Ukuran yang dipatok adalah 12,6 x 7,9 cm. Dengan ukuran  lebih besar maka akan tampak jelas nama serta foto yang terpampang di kartu.

Ukuran seperti ini banyak juga digunakan untuk keperluan event atau acara sebagai kartu panitia. Baik itu panitia latihan kepemimpinan, diklat atau yang lainnya.

3. Kertas ID Card B3

Ukuran kartu juga dilihat dari manfaat dan fungsi ketika akan digunakan. Saat melakukan seminar atau rapat yang bersifat formal, ukuran yang dipergunakan biasanya B3.

Ukuran Kertas ID card B3 3,7 x 4,9 Inc, dalam centimeter berukuran 9,5 x 12,4 Cm dan dalam milimeter berukuran 95 x 124 mm.

Pengelompokan kartu dapat dilihat dari penggunaan dan terkesan berbeda. Jenis B3 jarang sekali digunakan untuk event yang bersifat santai. Dari ukuran serta desainnya memang lebih cocok untuk acara resmi.

Trending:  Berapa Jumlah Subscriber Channel Youtube Agung Hapsah?

4. Kertas ID Card B4

Patokan ukuran untuk jenis B4 adalah 13,5 x 9,5 cm atau dalam milimeter berukuran 135 x 95 mm.

Ukuran ini cocok dipergunakan untuk karyawan pada sebuah perusahaan. Biasa pula disebut dengan dan sesuaikan ukuran name tag.

Ukuran yang tepat dan pas akan menampilkan desain dan logo sesuai perusahaan yang dinaungi. Biasanya terdapat plastik di bagian luar sebagai pelindung sehingga aman ketika terkena air atau waterproof.

5. Kertas ID Card B5

Ukuran Kertas ID Card B5 17,6 x 25 cm atau dalam milimeter 176 x 250 mm. Umumnya Ukuran ID card B5 sering digunakan untuk karyawan pada perusahaan atau instansi pemerintah.

6. Kerta ID Card B6

Ukuran Kertas ID Card B6 12,5 x 17,6 Cm atau dalam milimeter 125 x 176 mm. Sama Seperti Ukuran ID card di atas, Ukuran ID card B6 sering juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan instansi dinas.

7. Kertas ID Card A1

ID Card A1 berukuran 8,5 x 5,3 cm. Untuk ukuran plastiknya atau cardcase 3,9 x 2,7 in, dalam centimeter berukuran 10 x 6,8 cm atau dalam milimeter 100 x 68 mm.

Jenis A1 setingkat lebih bagus daripada B4 dan biasa digunakan sebagai name tag perusahaan juga. Waterproof atau anti air sehingga aman untuk pelindung ketika terkena air hujan.

Bersifat lebih resmi dan formal, kartu ini lebih cantik tampilannya. Baik dari segi hasil cetak atau warnanya. Penampilan terkesan eksklusif, mewah dan menarik saat digunakan sebagai kartu identitas diri.

8. Kertas ID Card A2

ID card A2 berukuran 9,1 x 6,7 cm atau dalam milimeter 91 x 67 mm. Sedangkan ukuran Cardcase ID A2 berukuran 10,6 x 8,2 cm atau dalam milimeter 106 x 82 mm.

Kertas jenis A2 digunakan juga sebagai tanda pengenal untuk banyak keperluan perusahaan. Ukuran ini cocok untuk kartu nama untuk kantoran dengan data lebih lengkap.

Dengan begitu pantas dan layak ketika digunakan untuk keperluan lainnya. Data yang dimuat di dalamnya lebih banyak dengan informasi lengkap dan foto sebagai pendukung.

Ukuran ID Card Standar Internasional

Di Luar negeri sebuah ID card memiliki standar ukuran tersendiri. Hal ini diatur dalam Standar Ukuran oleh ISO (International Organitation Of Standard).

ISO Merupakan suatu organisasi yang mengatur standar ukuran termasuk ID Card. Ada Beberapa standar ID CARD International berdasarkan kelasnya, yuk simak di bawah ini;

1. ID Card 000

ID Card 000 berukuran 2,5 x 1,5 Cm atau dalam milimeter 25 x 15 mm. ID Card 000 disebut juga tipe CR80 atau ID Card 4.

ID Card 000 memiliki karakteristik yang unik dibanding ID card lain. Ciri-cirinya sudut ID card nya terpotong dan tidak lancip.

ID Card ini biasa digunakan pada SIM Cards atau kartu seluler maupun Chip.

2. ID Card 1

Standar ID Card 1 dalam centimeter berukuran 8,56 x 5,398 Cm atau dalam milimeter 85,6 x 53,98 mm.

Ukuran ID card 1 sering digunakan pada kartu ATM, SIM Dan KTP.

3. ID Card 2

ID Card 2 berukuran 10,5 x 7,4 cm atau dalam milimeter 105 x 74 mm. ID card 2 jarang di jumpai karena dinilai terlalu besar dan tidak praktis.

Tapi Negara Prancis menggunakan ukuran ID Card 2 sebagai standar ukuran kartu ID.

4. ID Card 3

ID Card 3 12,5 x 8,8 Cm atau dalam milimeter 125 x 88 mm. Ukuran ID card 3 bisa kita lihat pada pasport dan visa.

Perbandingan Ukuran ID Card Negara Indonesia, Perancis, Jepang Dan Inggris

1. ID Card Di Indonesia

ID card di Indonesia memiliki 2 ukuran yang serng digunakan yaitu ukuran 8,8 x 5,3 cm dan ukuran 9,0 x 5,5 cm.

2. ID Card di Perancis

ID Card di Perancis berukuran 10,5 x 7,4 cm atau dalam milimeter 105 x 74 mm. Ukuran ini sangat populer di negara Menara eiffel tersebut.

Trending:  Daftar Harga iPhone Terbaru 2021 dengan Spesifikasi Lengkap

3. ID Card di Jepang

ID Card di Jepang berukuran 9,1 x 5,5 cm. ID card di jepang umumnya lebih besar dari ukuran ID card Asia lainnya.

4. ID card di Inggris

ID card di Inggris Memiliki ukuran yang lebih kecil dari negara Indonesia. Ukuran ID card disana umumnya 8,5 x 5,5 cm atau dalam milimeter 85 x 55 mm.

5. ID card di Negara Asia dan Sekitarnya

ID card di Negara Asia dan Sekitarnya seperti Taiwan, India, Vietnam, Hongkong, Australia, Fillipina, singapura dan lain-lain berukuran 9 x 5,5 cm.

ID Card dalam Berbagai Ukuran dan Keperluan

Melihat ukurannya yang berbeda-beda satu dengan yang lain, terdapat fungsi dan keperluan lain. Kartu identitas disesuaikan dengan kebutuhan agar terlihat menarik dan lebih bagus ketika dikenakan pemakainya.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa ukuran dengan desain tertentu yang sering digunakan. Lebih lengkapnya dapat dilihat berikut ini.

1. ID Card KTP

Ukuran ID card KTP di Indonesia adalah landscape. Ukuran ini sama dengan ukuran kartu SIM dan BPJS bahkan kartu ATM. Secara umum ukuran kartu identitas resmi ini biasa disebut dengan ID-1.

Standar ukuran yang dipergunakan adalah 85,60 x 53,98 mm, jika dijadikan cm menjadi 8,560 x 5,398. Untuk diketahui ukuran standar ini sudah ditetapkan oleh ISO 7810.

Ukuran yang telah ditetapkan ini menjadi ukuran tepat dan pas dengan data pemiliknya. Zaman dulu ukuran ID card pixel dari KTP adalah 1011 pixel dengan 638 pixels.

2. ID Card Panitia

Sedangkan yang kedua adalah ID card panitia dengan ukuran yang berbeda pada masing-masing toko pembuatnya. Secara umum ukuran ID card panitia adalah 105 x 74 mm, jika dijadikan cm menjadi 10,5 x 7,4 cm.

Ukuran standar yang jika digunakan akan tampak manis dan menarik. Dengan ukuran tepat seperti ini kartu tanda pengenal lebih terlihat eksklusif meskipun desainnya simpel.

3. Kartu Nama Pribadi

Meskipun sekarang ini orang lebih banyak menyimpan data dan apapun di HP, kartu nama pribadi tetap tak bisa diabaikan. Kartu pengenal ini sebagai upaya dalam hubungan bisnis dan pekerjaan.

Ukuran kartu nama pribadi memang terbilang kecil yaitu 90 x 53 mm, atau dapat diubah dengan ukuran inch. Dengan ukuran seperti itu maka akan lebih mudah ketika disimpan di dompet.

Ukuran mungil yang akan mempermudah pemiliknya untuk dibawa kemana-mana saat bepergian. Selain dijadikan ukuran kartu nama pribadi, ukuran mungil sebagai patokan juga dapat digunakan sebagai kartu pelajar atau perusahaan.

Semuanya tergantung pilihan dan selera yang akan membuatnya. Tentu disesuaikan dengan kebutuhan sehingga cocok dan pas pemilihan desain serta ukurannya.

Menerapkan Ukuran Kartu Pengenal

Membuat kartu nama tak serumit yang dibayangkan. Cara menerapkan ukuran ID card di Word dapat dilakukan dengan cepat jika telah mengetahui tahapannya. Langkah ini digunakan ketika akan mendesain kartu dengan ukuran tepat sesuai kebutuhan.

Cara menerapkan ukuran ID di Microsoft Word terbilang mudah karena memang desain kartu nama sangat sederhana saja. Jika ingin membuat sendiri di Word dengan mengubah ukuran yang diinginkan dapat melakukannya dengan cara seperti berikut ini.

1. Masuk MS Word

Langkah pertama yang dilakukan adalah masuk ke MS Word.

2. Pilih Page Layout

Kemudian lanjutkan dengan memilih ‘Page Layout’. Di sini akan ditemukan panah ke bawah untuk ukuran ID card di word dengan muncul jendela berikutnya di Penyetelan Halaman.

3. Pilih Ukuran Kertas

Pilih tab ‘Kertas’ dan di sini saatnya untuk menentukan ukuran kertas. Sesuaikan dengan keinginan dengan memilih ‘Ukuran Kustom’.

Ketika di ukuran yang telah ada ini tidak ditemukan, dapat menggantinya sendiri. Lakukan dengan memasukkan ukuran yang dibutuhkan.

Jika sudah tepat ukurannya, pilih Ok. Setelah itu dapat melakukan langkah dengan membuat desain sesuai keinginan.

Trending:  Kumpulan Nomor NIK dan KK Gratis Terbaru 2022 Online Generator Untuk Registrasi

Perlu diketahui bentuk ukuran dari ID card ini dapat didesain dalam landscape atau portrait. Landscape apabila orientasi lebar lebih panjang daripada tingginya. Bentuk ini biasanya dipergunakan untuk desain KTP, SIM, atau kartu lain yang bersifat resmi.

Adapun ukuran ID card portrait merupakan jika orientasi tinggi lebih lebih panjang dibandingkan ukuran lebarnya. Pada umumnya desain model seperti ini digunakan untuk kartu panitia di event tertentu.

Atur ringkasnya Anda bisa lihat Cara di Bawah ini

Cara Print ID Card Di Ms. Word Sesuai Ukuran

  1. Buka Ms. Word
  2. Klik Layout -> Page Setup – Klik  Paper
  3. Setting ukuran ID card sesuai yang ingin anda cetak. Misal Ingin Mencetak ID Card B1. Ukuran ID Card B1 10 x 6,5 cm
  4. Berarti Setting height 10 cm dan width 6,5 cm, klik OK
  5. Atur Margin, Klik Layout -> Page setup – Klik Margins dan ubah ukuran margins
  6. Atur Desain Anda sesuai selera, Atau cari saja template ID Card disini
  7. Tekan Ctrl + P untuk print atau Klik File -> Print
  8. selesai

Fungsi dan Kegunaan ID Card

ID card memiliki banyak fungsi atau kegunaan ketika seseorang memilikinya. Bukan hanya untuk tanda pengenal yang akan mudah dilihat yang lain secara keseluruhan, tapi juga fungsi lain.

Mungkin, pernah melihat tanda pengenal yang dapat digunakan sebagai kartu untuk belanja. Dapat pula untuk membayar tol dan hal lain yang lebih praktis. Memang banyak fungsi yang bukan hanya sebagai pengenal saja tapi hal lain yang tak kalah pentingnya.

Adapun fungsi sesuai kegunaan ID card antara lain adalah:

1. Biasa

Kartu pengenal biasa hanya sebagai pengenal saja. Misalnya saja kartu pengenal yang hanya terdapat, nama, jabatan, foto dan identitas lain, seperti halnya KTP dan SIM.

2. Magnetik

ID card magnetik terdapat panel hitam di sisi belakangnya. Kartu ini bukan ID card biasa tapi berfungsi menyimpan data pemiliknya, misalnya sebagai kartu transaksi.

3. Proximity

Meskipun terlihat biasa saja dan layaknya kartu tanpa pengenal lain, ada yang tak biasa. Di kartu ini terdapat chip sebagai alat menghindari pemalsuan atau penggunaan lain kartu oleh orang lain.

4. Mifare

Jenis ID card mifare biasanya digunakan sebagai transportasi publik, kartu kredit, kartu tol, tikel dan yang lainnya. Ada alat pembaca sehingga bukan hanya tanda pengenal biasa tapi dapat digunakan untuk keperluan lain.

Tanya Jawab Seputar ID Card

Kartu pengenal memang memiliki banyak ragam ukuran dengan fungsi yang berbeda. Meskipun terlihat sama tapi tidak persis tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

Setelah mengetahui berbagai macam tentang ID card, biasanya muncul pertanyaan yang bikin penasaran. Pertanyaan berikut mewakili pertanyaan lain yang sering muncul, antara lain:

1. Berapa ukuran ID card Karyawan?

ID card karyawan biasanya ukuran B1, B2, B3, B4, A1, A2 dan penjelasan telah ada di atas.

2. Berapa ukuran ID card KTP?

Ukuran KTP elektronik standar untuk Indonesia adalah 8,56 cm x 5,39 cm. Ukuran ini telah ditetapkan dan ada aturan tersendiri. Apalagi sekarang ini KTP sudah e KTP, sehingga ukuran patokannya paten.

3. Berapa ukuran ID card di Word?

Untuk ukuran tanda pengenal pada Word adalah 90 x 53 mm atau 9,0 x 5,3 cm.

4. Name tag B4 ukuran berapa?

Ukuran name tag yang B4 pada umumnya menggunakan patokan 150 X 105 mm.

Mengetahui lebih lengkap tentang berbagai hal tentang ID card akan menambah wawasan. Ternyata ukuran yang digunakan berbeda tergantung dari kebutuhan masing-masing. Ketika membuat dan mendesain ukuran ini sangat penting.

Adapuan desain ID card sebetulnya sederhana, lagi-lagi hanya perlu disesuaikan kebutuhan saja. Ukuran ID card yang tepat dan pas akan menambah kesan eksklusif dan menarik ketika dipasang pemiliknya. Baik dikalungkan dengan tali atau ditempatkan pada kantong kemeja.

Kahfi Talk less Do More