Kahfi Talk less Do More

1 Barel Berapa Liter? Begini Penjelasannya

3 min read

Satu Barel Berapa Liter

Apa yang dimaksud dengan barel? 1 barel berapa liter? Bagaimana cara konversi barel ke liter? Jadi barel adalah satuan volume untuk menyatakan minyak bumi mentah. Yang berasal dari Bahasa Inggris Blue Barel yang disingkat BB.

Yang dalam Bahasa Indonesia artinya tong biru. Lalu 1 barel  berapa liter? Dan bagaimana cara mengkonversikan? Bagi kamu yang tertarik tentang topic barel ini. Simak ulasan sampai akhir ya.

Penjelasan Tentang Apa itu Barel

Jika berbicara tentang barel pasti tidak luput tentang hasil minyak bumi mentah. Karena seperti yang dibahas sebelumnya, barel adalah satuan untuk menyatakan hasil minyak bumi mentah. Barel sendiri atau dalam Bahasa Inggris Blue Barrel dan biasa disingkat BBL.

Mulai dikenal atau lebih familiar digunakan di Amerika Utara untuk menghitung volume minyak mentah maupun produk dari petroleum lainnya. Berawal pada tahun 1860 di ladang minyak tepatnya di Penncylvania dimana minyak bumi masih pada masa awal produksi.

Sehingga tidak ada standar volume yang bisa digunakan untuk mengukur volume minyak bumi mentah. Sehingga minyak tersebut kemudian disimpan dalam sebuah barel.

Namun, kemudian produsen minyak mengirim berbagai minyak bumi dalam sebuah barel minyak dengan ukuran yang berbeda – beda. Hingga pada tahun 1866, para perusahaan minyak bumi di Pennsylvania memutuskan untuk membuat standar volume minyak.

Untuk meyakinkan dan menghindari ketidakpercayaan konsumen. Dan pada 31 Agustus 1866, telah mengumumkan bahwa produsen minyak bumi mentah akan dijual per galon. Dengan adanya edaran tersebut, gallon Inggris menjadi standar bagi Amerika Serikat.

Kemudian tahun 1872, penjualan minyak ditetapkan standar satu barel atau sama dengan 42 Gallon. Yang kemudian standart ini diadopsi oleh para produsen minyak dan menyebar ke Benua Amerika, Eropa hingga Indonesia. Jadi 1 barel ada berapa liter?

Lalu 1 Barel Berapa Liter Minyak?

Satu barel berapa galon? Jadi seperti yang kita ketahui bahwa satu barel sama dengan 42 galon. Jumlah standar 42 galon ini sebenarnya lebih banyak daripada standar industry lainnya yang hanya berjumlah 40 gallons.

Karena 2 gallons digunakan untuk memperhitungkan kebocoran.Untuk satu galon minyak  berapa liter? Satu barel sama dengan 3,785 liter. Jadi jika satu barel sama dengan 42 gallon maka,

1 Barel = 42 galon

1 Barel = 42 galon × 3,785 liter

1 Barel = 158,970 liter

Dan biasanya akan dibulatkan menjadi 159 liter. Jadi dari perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa 1 barel berapa liter minyak sama dengan 159 liter.

Apa itu Minyak Bumi Mentah?

Setelah kita membahas panjang lebar mengenai barel, dimana barel adalah satuan standart untuk minyak bumi mentah. Mungkin masih ada yang bingung nih, minyak bumi mentah itu apa sih? Nah disini akan kita bahas singkat apa itu minyak bumi.

Jadi minyak bumi mentah atau petroleum biasanya dijuluki emas hitam yang merupakan cairan kental berwarna coklat gelap atau bahkan kehijauan dan mudah terbakar yang ada di lapisan atas dari are kerak bumi.

Minyak bumi diambil dari sumur – sumur minyak di pertambangan minyak, dimana lokasi ini diketahui setelah melalui proses studi geologi analisis sedimen, karakter, struk sumber dan lain sebagainya.

Yang kemudian minyak tersebut akan diproses di tempat pengilangan minyak hingga dihasilkan berbagai macam bahan bakar, mulai dari minyak tanah, bensin hingga aspal.

2 Jenis Minyak Bumi

Jadi secara umum, minyak bumi terbagi menjadi dua jenis. Yaitu crude oil dan heavy crude oil. Light crude oil sendiri merupakan minyak mentah yang keluar dari bumi dan mengandung hidrokarbon sehingga mudah terbakar.

Selain itu, minyak jenis ini juga mengandung sulfur, oksigen, dan nitrogen. Light crude ini terbentuk dari sisa mahluk hidup yang sudah mati jutaan tahun silam dan kemudian fosilnya terurai di bawah tanah.

Sedangkan Heavy Crude adalah minyak yang terkandung dalam batuan, maupun pasir minyak dan tercampur dengan air.

7 Kilang Minyak Bumi Mentah di Indonesia

Setelah kita membahas mengenai satuan barel dan 1 barel ada berapa liter. Sekarang kita akan membahas kilang minyak bumi mentah yang ada di Indonesia. Karena seperti yang kita tahu, Indonesia kaya akan sumber daya salah satunya minyak.

Untuk itu kita akan ulas 7 kilang minyak bumi mentah di Indonesia, dimana kilang minyak adalah pabrik industri pengelola minyak mentah yang nantinya akan dijadikan produk petroleum. Berikut 7 kilang minyak bumi mentah di Indonesia.

1. Kilang Brandan

Kilang minyak yang pertama adalah kilang minyak yang ada di pangkalan branda, tepatnya di Sumatera Utara yang sudah dibangun sejak sangat lama.

Namun sayang kilang minyak ini berhenti beroperasi di tahun 2007 silam akibat pasokan minyak mentah yang tidak berkecukupan.

2. Kilang di Riau

Kilang yang kedua ada kilang dumai di Riau. Yang telah memproduksi Bahan Bakar Minyak atau BBM serta Non Bahan Bakar Minyak atau NBBM. Serta dapat menampung kilang sebanyak 127 ribu barel per harinya.

Dan hasil minyak ini telah didistribusikan ke penjuru indonesia bahkan hingga sampai mancanegara sekalipun.

3. Kilang di Cilacap

Kilang Cilacap termasuk salah satu kilang dengan fasilitas komplit dan produksi terbesar, sebesar 348 ribu barel per harinya. Bahkan kilang tersebut memenuhi 34% dari kebutuhan BBM Nasional.

Bahkan dalam ruang lingkung satu negara, hanya kilang di cilacap ini yang mampu menghasilkan aspal serta base oil yang berguna untuk infrastruktur.

4. Kilang Balikpapan

Kilang Balikpapan yang berada di tepi teluk Balikpapan ini memiliki kapasitas 260.000 barel setiap harinya. Dan memiliki area seluas 2,5km. Kilang ini bertugas mengolah minyak mentah sehingga akhirnya jadi produk yang siap untuk dipasarkan.

5. Kasim

Kilang Kasim yang ada di Desa Malabam Kecamatan Seget, Kabupaten Sorong, Papua. Kurang lebih 90 km sebelah selatan Kota Sorong.

6. Balongan

Kilang Balongan yang berada di Indramayu, Jawa Barat yang memproduksi pertamax plus, solar, Kerosine atau minyak tanah, LPG dan lain sebagainya.

7. Cepu

Kilang cepu diharapkan bisa menyediakan kebutuhan BBM rakyat dan pertahanan militer di Jawa. Dimana kilang minyak cepu ditopang dengan 6 lapangan minyak yaitu Nglondo, Lendok, Semanggi, Tapen, Tambakrejo, dan Kawenangan.

Penutup

Jadi dapat disimpulkan bahwa barel yang dalam Bahasa Inggris Barrel dan biasa disingkat BBL. Barel adalah  ukuran yang telah dijadikan standar volume minyak bumi mentah sejak beberapa puluh tahun lalu dan menyebar hingga ke Indonesia.

Dan jika ditanya 1 barel berapa liter? Jawabannya adalah dalam satu barel ada 159 liter minyak.

Minyak bumi mentah atau petroleum biasanya merupakan cairan kental berwarna coklat gelap atau bahkan kehijauan dan mudah terbakar yang ada di lapisan atas dari are kerak bumi dengan 2 jenis minyak yang berbeda.

Semoga sedikit informasi ini bisa menambah wawasan kita mengenai minyak bumi mentah.

Kahfi Talk less Do More