Kahfi Talk less Do More

Sound Of Text Indonesia: Tools untuk Membuat Notifikasi Kekinian

3 min read

Sound Of Text Indonesia

Sound of text Indonesia menjadi salah satu tools yang belakangan ini viral karena banyak digunakan di media sosial. Menggunakan platform tersebut, para pengguna bisa berkreasi dengan membuat file-file audio yang unik dan juga menarik untuk kebutuhan sehari-hari.

Beberapa penggunaan sound of text yang sering dijumpai antara lain adalah dalam nada dering untuk notifikasi di smartphone. Dengan adanya nada dering yang dibuat secara custom ini membuat notifikasi yang muncul di ponsel menjadi terdengar semakin menarik.

Daftar isi

Apa Itu Sound Of Text Indonesia?

Apa Itu Sound Of Text Indonesia

Sebelum membahas secara lebih jauh terkait dengan seluk-beluk dunia sound of text, terlebih dahulu perlu diulas tentang apa itu sound of text. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih memahami apa itu platform sound of text yang belakangan banyak dibicarakan para generasi muda.

Singkatnya, sound of text adalah sebuah platform atau perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengubah teks ke dalam bentuk file audio. Nantinya file audio yang dihasilkan tersebut akan memiliki format berupa mp3 dan kemudian bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Baca juga: Cara Membuat Sound Of Text Jawa

Sementara itu, sound of text Indonesia merupakan jenis file audio yang dihasilkan dari tulisan dengan menggunakan bahasa native Indonesia. Artinya, file audio yang dihasilkan dari sound of text tersebut akan memiliki pengucapan dan cara pengucapan menggunakan bahasa Indonesia.

Sebenarnya, selain bahasa Indonesia tersedia juga berbagai macam jenis bahasa lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari bahasa Korea, Inggris, dan lain sebagainya. Sehingga Anda bisa memilih jenis bahasa yang akan digunakan sesuai dengan selera.

Baca Juga: Cara Membuat Pesan Suara Bahasa Sunda

Sound of text termasuk platform yang bersifat gratis sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya ketika menggunakannya. Bahkan Anda pun bisa langsung mengakses tools ini melalui internet dan mesin pencari yang Anda miliki.

Cara Menggunakan Sound of Text

Cara Menggunakan Sound of Text

Setelah mengetahui apa itu sound of text, mungkin Anda juga bertanya-tanya mengenai cara penggunaan dari tools ini. Seperti yang sudah disebutkan dalam paragraf sebelumnya bahwa secara umum cara penggunaan tools ini terbilang sangat mudah.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan tools sound of text tersebut.

1. Kunjungi Situs Resmi Sound of Text Indonesia

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan jika ingin menggunakan tools ini adalah mengunjungi situs resmi dari platform tersebut. Anda bisa langsung mengunjungi situs sound of text dengan menggunakan browser atau mesin pencari yang ada di perangkat Anda.

2. Masukkan Teks yang Ingin Diubah

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan sound of text adalah dengan memasukkan teks yang akan diubah. Setelah laman tersebut berhasil dibuka maka Anda bisa memasukkan teks pada kolom yang sudah disediakan.

Silakan Anda bisa masukkan teks secara bebas sesuai dengan apa yang ingin diubah menjadi file teks audio. Anda bisa mengetikkan kata-kata dalam bahasa Indonesia secara bebas yang nantinya akan diubah ke dalam format mp3.

3. Pilih Bahasa yang Akan Digunakan

Tahapan penggunaan sound of text yang berikutnya adalah dengan memilih jenis bahasa yang akan digunakan. Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia, silakan Anda bisa  pilih Indonesia di dalam kolom pilihan bahasa yang tersedia. Nantinya file audio yang dihasilkan akan menggunakan native dari bahasa Indonesia saat pengucapannya.

Baca Juga: Cara Membuat Sound Of Text Bahasa Madura

4. Dengarkan Preview Suara

Apabila Anda sudah selesai melakukan pengubahan, maka opsi berikutnya yang bisa diambil adalah dengan mendengarkan file audio yang akan dihasilkan. Anda bisa klik pada bagian preview untuk mendengarkan kualitas file  audio hasil konversi tersebut.

5. Unduh dan Simpan

Kalau semua dirasa sudah sesuai dengan yang diharapkan, maka Anda bisa langsung melakukan pengunduhan terhadap file audio tersebut. Format yang tersedia adalah mp3 yang bisa langsung diunduh dan disimpan pada perangkat yang Anda miliki.

Kelebihan Menggunakan Sound of Text

 

Kelebihan Menggunakan Sound of Text

Sebagai salah satu tools yang cukup populer, sound of text menawarkan berbagai macam keunggulan bagi penggunanya. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh sound of text.

1. Penggunaannya yang Mudah

Sound of text menawarkan proses penggunaan yang sangat mudah. Bahkan bagi para pemula sekalipun, tools ini tidak akan terlalu banyak memberikan kesulitan. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam melakukan proses pengubahan teks menjadi audio tanpa perlu merasa kebingungan.

Secara umum, cara penggunaan dari sound of text pun begitu gampang. Cukup buka situsnya, masukkan teks yang ingin diubah, dan kemudian unduh hasilnya. Melalui proses yang sangat mudah ini, Anda bisa melakukan pengubahan teks secara lebih praktis.

2. Tampilan Situs yang Sangat Clean

Keunggulan lain yang juga ditawarkan oleh sound of text adalah tampilan situsnya yang begitu clean dan menawan. Di dalam situs tersebut tidak terdapat menu-menu yang membingungkan sehingga tampilannya terlihat sangat clean dan memanjakan mata.

Tampilan situs yang begitu clean membuat penggunaan situs ini menjadi semakin optimal. Sehingga para pengguna tidak akan merasa kebingungan terhadap cara penggunaan situs yang begitu ringan dan juga bersih ini.

3. Sangat User Friendly

Ketika menggunakan sound of text, Anda tidak perlu merasa kebingungan karena platform yang satu ini sangat user friendly. Artinya, proses navigasinya sangat memudahkan bagi para pengunjung sehingga bisa langsung menemukan menu-menu yang dibutuhkan.

Begitu mengunjungi situs sound of text, Anda akan langsung disuguhkan dengan tampilan website berisikan kotak yang bisa diinput teks. Selain itu, letak tombol-tombol menu untuk melakukan konversi pun berada pada tempat yang strategis sehingga tidak akan membingungkan para pengunjung yang baru pertama kali membuka situs tersebut.

4. Proses Konversi yang Cukup Cepat

Kelebihan lain yang juga menjadi daya tarik dari sound of text ini adalah proses konversi yang cukup cepat. Dalam prosesnya, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama saat ingin mengubah teks menjadi file audio sesuai dengan yang dikehendaki.

Prosesnya yang cepat tersebut membuat banyak pengguna semakin tertarik  untuk menggunakan tools yang satu ini. Kemudahan dan kecepatan dalam memproses data teks tentunya menjadi kombinasi keunggulan yang tidak boleh dilewatkan.

5. Tersedia Banyak Mode Bahasa

Tersedia Banyak Mode Bahasa

Tidak hanya bahasa Indonesia saja, sound of text juga menyediakan berbagai macam pilihan bahasa dari berbagai belahan dunia. Selain bahasa Indonesia Anda bisa juga memilih bahasa Korea, Inggris, dan bahkan bahasa-bahasa lain yang menarik untuk dieksplorasi.

Banyaknya pilihan bahasa ini, akan membuat proses kreasi pembuatan file audio dari teks menjadi semakin maksimal. Pada kasus tertentu, Anda pun bisa saja menggunakan lirik-lirik lagu dalam bahasa asing untuk diubah menjadi file audio yang menarik untuk dijadikan sebagai nada dering.

Itulah pembahasan lengkap mengenai sound of text Indonesia yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu merasa kebingungan jika ingin membuat sebuah file audio custom dari kumpulan teks-teks di dalamnya.

Kahfi Talk less Do More