Kahfi Talk less Do More

Cara Mencari Telkom 3S yang Hilang Agar Kembali

3 min read

Cara Mencari Telkom 3S

Informasi tentang cara mencari telkom 3s saat ini banyak dicari dan diperlukan oleh para pemakai antena parabola di tanah air. Hal tersebut menyusul setelah tersiarnya kabar yang menginformasikan jika satelit Telkom 1 telah mengalami gangguan anomali.

Menurut Menkominfo, gangguan yang terjadi pada satelit Telkom 1 sehingga menyebabkan terjadinya pergeseran orbit itu bukan karena sebab lain.

Namun terjadi karena baterai pada satelit sudah tidak berfungsi sehingga bahan bakarnya habis, lalu membuat satelit keluar orbit.

Efek sampingnya adalah dibutuhkannya satelit pengganti bagi para penikmat tayangan TV nasional yang memanfaatkan sinyal dari Telkom 1 ke satelit Telkom 3. Itulah mengapa cara mencari Telkom 3s pun jadi banyak dicari oleh orang.

Cara Mendapatkan Satelit Telkom 3S

Cara Mencari Telkom 3S

Apabila ditelaah secara teknis, maka satelit Telkom 1 yang kehabisan baterai tersebut tidak mungkin akan dapat digunakan lagi. Untuk itu diperlukan solusi pemindahan satelit segera dan secepatnya.

Untuk itu jalan keluar terbaiknya saat ini adalah memindahkan sinyal bagi para pemilik antena parabola pada garis bujur satelit Telkom 3s yaitu pada arah dimana Telkom 3s akan menempati slot orbit nomor 118 derajat bujur timur, di atas Pulau Kalimantan.

Selain melakukan pemindahan pada garis bujur satelit Telkom 3s, ada efek samping yang dirasakan akibat dari kejadian ini.

Tidak lain tidak bukan adalah para pemirsa siaran TV nasional yang memanfaatkan penerimaan sinyal dengan antena parabola harus mendapatkan cara mencari Telkom 3s.

Hal tersebut khususnya pada antena parabola yang memakai frekuensi 2 LNB yaitu satelit Palapa D dan Telkom 1 dimana beberapa saluran TV di dalamnya mengalami lost signal.

Namun meski begitu tak perlu khawatir karena frekuensi LNB Telkom 3s mudah untuk dicari.

Sebuah hal utama yang perlu dipahami adalah bahwa baik satelit Telkom 1 maupun satelit Telkom 3S memiliki lokasi orbit yang saling berbeda. Untuk Telkom 1 ada di garis bujur satelit 108.2°E (BT), sedangkan frekuensi terbaru Telkom 3S di 118°E (BT)

Trending:  Jangan Bingung, Ini Dia Cara Memasang Dioda dan Elco pada Trafo

Untuk itu, nantinya akan ada perubahan arah pada antena parabola yang digunakan ke arah yang seharusnya sebagai cara mencari sinyal parabola 2 LNB. Secara lebih detail berikut ini langkah di dalam cara mencari Telkom 3s.

1. Menggabungkan Satelit Palapa D dan Telkom 3S

Sebelum masuk ke tahapan cara mencari telkom 3s, perlu juga diketahui jika akibat adanya gangguan anomali pada satelit Telkom 1, maka dari pihak pemilik satelit, yaitu PT Telkom Indonesia melakukan pemindahan slot transponder yang ada didalamnya ke satelit lainnya.

Salah satunya adalah melakukan pemindahan transponder dari Telkom 1 ke Telkom 3S, sehingga tentu saja channel-channel yang selama ini ada pada Telkom 1 yang tidak ada sinyal karena terjadinya pergeseran orbit satelit akan berpindah.

Nantinya secara bertahap semua frekuensi satelit akan segera dipindahkan secara bertahap ke dalam transpondernya masing-masing yang ada di satelit telkom 3S.

2. Memasang LNB Palapa dan Telkom

Cara mencari Telkom 3s berikutnya adalah merubah sinyal parabola 2 LNB. Cara merubah sinyalnya adalah dengan merubah frekuensi LNB.

LNB sendiri adalah salah satu bagian yang ada pada antena parabola. Fungsi utamanya adalah untuk menerima sinyal. Jenis LNB ini ada 3 macam, yaitu LNB KU band, LNB C Band dan LNB S Band.

Cara pengaturan semua jenis LNB Parabola ini sama, termasuk frekuensi LNB Telkom 3s. Yang membuatnya berbeda satu sama lain adalah jenis frekuensinya.

Jadi jenis frekuensi yang dimasukkan harus sama dengan jenis frekuensi satelit yang akan diterima.

  • Untuk frekuensi C Band, gunakan frekuensi 5150 pada setting menu, hal ini berlaku juga untuk pengaturan antena Telkom 4.
  • Untuk frekuensi KU Band, bisa memakai frekuensi Universal atau 9750/10600.

3. Memindah Satelit Telkom 1 ke Telkom 3S

Langkah untuk melakukan cara mencari Telkom 3s adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum melakukan pencarian sinyal Telkom 3, maka lakukan lebih dahulu perubahan nama satelit pada pengaturan di dalam receiver untuk LNB TELKOM 1.
  2. Gantilah namanya menjadi TELKOM 3S (opsional). lalu jangan melakukan penghapusan daftar list transponder yang ada di dalam satelit tersebut.
  3. Selanjutnya lakukan perubahan switch port LNB pada receiver, yaitu Switch DiSEqC 2×1 atau Switch 22K On/Off.
  4. Apabila diputuskan untuk memakai DiSEqC 2×1, lakukan hal sebagai berikut: jika pada pengaturan awal receiver yang tertulis pada posisi port 1 adalah Palapa D maka lakukanlah perubahan sehingga menempati port 2. Sebaliknya gunakan posisi port 1 untuk Telkom 3S.
  5. Namun apabila memakai Switch 22K On/Off, maka lakukan hal berikut ini: jika awalnya Palapa D ada di posisi 22K on maka gantilah posisinya menjadi 22K off. Kemudian isilah posisi 22K off dengan satelit Telkom 3S.
  6. Dengan melakukan perubahan pada port terminal LNB maka saat ini fokus akan berpusat pada Telkom 3S, dan tidak lagi pada satelit Palapa D.
  7. Perubahan jarak atau arah boleh diubah, namun juga boleh tidak dilakukan perubahan karena jarak antara 2 LNB yang baru tidak terlalu jauh berbeda. Jika dulu jarak antara Telkom 1 (108.2) ke Palapa D (113) adalah 4.8, maka untuk saat ini jarak antara satelit Palapa D (113) ke satelit Telkom 3S (118) adalah 5.
  8. Yang perlu dilakukan adalah menaikkan tinggi tiang penyangga dari antena parabola sehingga kemiringan yang ke arah timur kurang lebih hanya sekitar 2 cm saja.
  9. Nah jika Anda ingin fokus ke satelit palapa D, maka lakukanlah penggeseran tiang fokus, yaitu 3 buah tiang penyangga bracket LNB, hingga benar-benar fokus ke satelit Telkom 3S sebagai to set.
Trending:  Cara Menyetel Parabola 2 LNB, Jangan Bingung ini Caranya!

Penyebab Sinyal Parabola yang Hilang

Seperti yang sudah disinggung di atas, karena habisnya baterai yang terdapat pada satelit Telkom 1 maka satelit mengalami pergeseran pada orbit yang seharusnya sehingga Telkom 3s tidak ada sinyal. Namun sebenarnya ada beberapa sebab lain sehingga sinyal parabola hilang.

  • Kondisi cuaca yang buruk, misalkan saja telah terjadi mendung serta hujan lebat, badai petir yang juga disertai angin dan hujan, dan berbagai kondisi cuaca buruk lain, juga akan dapat membuat Telkom 3s tidak ada sinyal.
  • Timbulnya kerusakan pada kabel di bagian LNB, atau adanya sebuah kabel LNB yang terlepas.
  • Terjadinya pergeseran arah pada dish. Ketika pergeseran dish ini terjadi, maka tentu saja sinyal akan hilang. Jalan keluar yang harus dilakukan untuk mengatasi persoalan ini adalah, para pemilik antena parabola harus melakukan pencarian ulang atau tracking terhadap sinyal yang hilang. Namun semua langkah yang dilakukan harus dimulai dari awal mula langkah.
  • Adanya kerusakan pada beberapa atau salah satu dari perangkat yang ada di dalam sebuah perangkat antena parabola.
  • Telah terjadi sebuah perubahan frekuensi dari channel TV.

Demikianlah uraian langkah mengenai cara mencari Telkom 3s, beserta penjelasan dari faktor penyebab sehingga sinyal dari Telkom 3S banyak dicari warga pengguna antena parabola.

Kahfi Talk less Do More