Kahfi Talk less Do More

Cara Menyetel Parabola 2 LNB, Jangan Bingung ini Caranya!

3 min read

Cara Menyetel Parabola 2 LNB

Parabola dilengkapi dengan LNB untuk membantu menangkap sinyal dari satelit. Parabola bisa dipasang satu LNB maupun dua LNB. Cara memasang 1 LNB parabola cukup mudah dilakukan. Namun, bagaimana cara memasang dan cara menyetel parabola 2 LNB?

Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam cara memasang LNB parabola? Jawaban dan penjelasan lebih lengkapnya akan dibahas dalam artikel yang satu ini. Yuk, simak informasi lengkap tentang cara menyetel parabola 2 LNB di sini!

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merakit LNB Parabola

Apa yang dimaksud dengan LNB parabola? LNB adalah perangkat yang dapat digunakan atau dipasang pada parabola untuk menangkap dan menerima sinyal dari satelit. Parabola bisa dipasang satu LNB maupun lebih agar jangkauannya lebih luas.

BACA JUGA: 3 Langkah Sederhana Cara Mencari Siaran di Satelit Palapa

LNB juga dibantu oleh perangkat bernama dish parabola. Dish parabola berguna sebagai reflektor sinyal yang masuk untuk diteruskan atau dipantulkan ke LNB.

Sebelum mengetahui cara memasang 2 LNB, sebaiknya pelajari dulu beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merakitnya. Apa saja hal yang harus diperhatikan ketika memasang 2 LNB parabola? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama, yaitu:

1. Jenis LNB yang Akan Dipasang di Parabola

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis LNB yang akan dipasang pada parabola. LNB banyak jenisnya, seperti LNB Telkom, LNB Palapa, dan lain sebagainya. Anda harus menyesuaikan dua jenis LNB yang dipasang dengan tipe parabola.

Trending:  Identifikasi Persamaan IC Vertikal LA78141

2. Arah 0 Derajat pada LNB Harus Sejajar

Pada bagian atas LNB terdapat sudut arah LNB yang harus dipasang sejajar atau satu garis lurus pada 0 derajat. Tujuannya adalah untuk memudahkan semua transponder tertangkap polaritas horizontal dan vertikal, sehingga tracking satelit akan lebih mudah dilakukan.

BACA JUGA: Cara Mencari Arah Satelit Telkom – 4 Terbaru 2022

3. Perhatikan Jarak Merakit 2 LNB

Jarak antara 2 jenis LNB yang dipasang juga harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai kedua LNB memiliki jarak yang terlalu dekat, sehingga menyebabkan sinyal saling tarik menarik.

Jarak yang dianjurkan antar 2 LNB kurang lebih sekitar 3 hingga 4 cm. Jarak ini juga dipengaruhi oleh jenis dish parabola yang digunakan.

4. LNB Sejajar dengan Baut Penyangga Arah Timur dan Barat

Usahakan LNB dipasang sejajar dengan baut penyangga arah Timur dan juga arah Barat. Tujuannya adalah agar nantinya memudahkan dalam tracking sinyal satelit.

Bagaimana Cara Menyetel Parabola 2 LNB Telkom 4 dan Palapa D?

Parabola 2 LNB

Dua buah jenis LNB yang dapat dipasang di parabola adalah LNB Telkom 4 dan LNB Palapa D. Bagaimana Cara pasang LNB parabola palapa D dan LNB Telkom 4 di parabola?

Cara memasang LNB Parabola Telkom 4 dan Palapa D harus dilakukan dengan teliti. Hal ini karena memasang dan merakit 2 LNB parabola merupakan kunci keberhasilan untuk mencari sinyal dengan 2 LNB.

BACA JUGA: Cara Mencari Frekuensi Trans 7 Mpeg 2 Terkini!

Bagaimana cara memasang 2 LNB? Berikut ini Cara pasang LNB parabola Telkom 4 dan Palapa D dengan mudah, yaitu:

1. Pasang 2 LNB pada Posisi 0 Derajat atau Sejajar

Cara pasang LNB parabola terbaru yang pertama adalah memasang 2 buah LNB sejajar dengan 0 derajat. Posisi LNB 1 dapat digunakan untuk memasang LNB satelit Palapa dengan menggunakan dua buah konektor di sebelah Barat.

Sementara posisi LNB 2 digunakan untuk memasang LNB satelit Telkom menggunakan satu buah konektor. Penempatan LNB 2 ini berada di sebelah Timur.

2. Sesuaikan Jarak Antara 2 LNB

Cara menyetel parabola 2 LNB selanjutnya adalah menyesuaikan jarak antara LNB Palapa dan LNB Telkom. Jarak antara dua buah LNB kurang lebih 3 hingga 4 cm. Namun, jarak ini juga ditentukan oleh jenis dish parabola yang digunakan.

Trending:  Penyebab Dan Cara Memperbaiki TV Rusak Bagi Pemula

Ketika menggunakan dish parabola 6 feet, maka jarak antara dua LNB sebaiknya 0,5 hingga 1,5 cm. Sementara ketika menggunakan dish parabola ukuran 8 feet, maka jarak dua LNB sebaiknya sekitar 1,5 cm hingga 2,5 cm.

3. Atur Posisi Tinggi Rendahnya LNB

Cara menyetel parabola 2 LNB selanjutnya adalah mengatur posisi tinggi dan rendahnya 2 LNB. Pada bagian samping LNB terdapat deretan angka-angka untuk mengatur posisi ketinggian LNB. Adna bisa mengaturnya pada ketinggian antara 38 hingga 40.

4. Pasang ke Tiang untuk Tracking

Cara pasang 2 LNB selanjutnya adalah memasang LNB yang sudah selesai di rakit. Pasang pada tiang dengan mengencangkan bautnya, tetapi jangan terlalu kencang. Hal ini dilakukan untuk melakukan tracking satelit.

Nanti, setelah tracking satelit berhasil dilakukan, Anda bisa mengencangkan baut tersebut.

Cara Tracking Satelit dengan Tepat

Setelah LNB terpasang, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan tracking satelit. Bagaimana cara melakukannya? Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk tracking satelit dengan tepat, yaitu:

  1. Arahkan parabola yang sudah terpasang LNB ke arah selatan untuk mencari sinyal dari satelit Palapa terlebih dahulu. Anda bisa menetapkan channel info receiver pada saluran satelit Palapa, seperti saluran MNC.
  2. Kemudian, geser secara perlahan posisi jalur Timur dan Barat. Perhatikan juga kualitas sinyal yang diperoleh dan tampilkan pada layar TV.
  3. Atur mounting sedikit demi sedikit ke arah kemiringan posisi Utara dan aur juga kemiringan antara arah Timur dan Barat. Umumnya posisi satelit palapa agak condong ke arah Timur.
  4. Ketika sinyal Palapa sudah didapatkan dengan maksimal, maka televisi akan menampilkan gambar dengan kualitas maksimal atau tidak buram dan jelas.
  5. Setelah mendapatkan sinyal satelit Palapa yang bagus, maka langkah selanjutnya adalah tracking untuk menemukan sinyal satelit LNB 2 yaitu sinyal satelit Telkom.
  6. Anda tidak perlu menggeser terlalu banyak seperti saat mencari sinyal satelit Palapa. Cukup geser-geser sedikit saja untuk menemukan sinyal satelit Telkom.
  7. Temukan titik keseimbangan titik fokus antara satelit Palapa dan juga satelit Telkom.
  8. Anda juga bisa cek settingan 22K receiver jika susah menemukannya. Atur setting 22K Palapa pada posisi mati terlebih dahulu dan atur satelit Telkom 22K pada posisi hidup agar lebih mudah menemukan sinyal satelit Telkom.
  9. Ketika sinyal Telkom sudah didapatkan dengan maksimal, maka televisi akan menampilkan gambar dengan kualitas maksimal atau tidak buram dan jelas.
  10. Setelah menemukan dua sinyal satelit dan menghasilkan sinyal dengan kualitas maksimal, maka kencangkan baut agar tidak mudah bergeser-geser kembali.
Trending:  Cara Modif Power 400 watt untuk TOA

Cara menyetel parabola 2 LNB memang lebih rumit dari pada cara memasang parabola menggunakan 1 LNB. Namun, tentu saja hasil yang diperoleh lebih bagus karena Anda akan mendapatkan dua sinyal satelit sekaligus, seperti sinyal satelit Palapa dan sinyal satelit Telkom.

Ketika memasang 2 LNB pada parabola, sebaiknya perhatikan hal-hal yang harus diperhatikan di atas ya. Selain itu, pasanglah 2 LNB dengan hati-hari, teliti, dan tepat. Posisi pemasangan LNB sangat mempengaruhi dan menentukan hasil yang akan diperoleh.

Kahfi Talk less Do More