Kahfi Talk less Do More

Kerusakan Tv Polytron Bagian Vertikal, Ini Gejalanya

3 min read

Kerusakan Tv Polytron Bagian Vertikal

Kerusakan Tv Polytron bagian vertikal bisa terjadi di beberapa tipe Tv Polytron. Macam-macam kerusakan Tv Polytron ini salah satu penyebabnya adalah masalah tegangan Ic Vertikal Tv Polytron yang tidak normal.

Tipe Tv Polytron U-slim adalah model Tv Polytron yang sering rusak bagian vertikalnya. Jika sedang menangani kerusakan Tv Polytron jadul seperti tipe Tv Polytron U-slim, maka simak gejala, penyebab, dan solusinya berikut ini:

Memahami Gejala Kerusakan Tv Polytron Bagian Vertikal

Kerusakan Tv Polytron Bagian Vertikal

Gejala kerusakan Tv Polytron sangat bervariasi, termasuk kerusakan pada bagian vertikal yang sering terjadi pada beberapa tipe Tv Polytron. Baik bagian software dan hardware pada Tv Polytron.

Biasanya masalah produk asli Indonesia ini ada di bagian hardwarenya.  Masalah pada tegangan IC vertikal adalah salah satu masalah hardware Tv Polytron U-slim yang banyak ditemui.

Skema vertikal Tv Polytron U-slim memiliki tegangan dual power. Atau dikenal juga dengan sebutan sistem simetris dengan current +,0,-. Jika tegangan sumber vertikalnya drop, maka layar Tv Polytron akan bermasalah.

Seperti muncul garis horizontal, layar tidak penuh, layar Tv hanya setengah. Gejala kerusakan Tv Polytron bagian vertikal biasanya diawali dari protek Tv Polytron U-slim.  Bagian vertikal yang paling sering bermasalah memang pada tipe Tv Polytron U-slim.

Hal itu karena daftar tegangan Tv Polytron U-Slim yang bisa berubah sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu. Misalnya pengukuran yang ditemukan pada tegangan IC vertikal Tv Polytron U-slim rata-rata adalah 17 dan 16 volt.

Meskipun pada kaki flyback Tv Polytron tertulis 12 volt. Lalu apa maksud dari tulisan tersebut yang tidak sesuai dengan ketepatan pengukurannya? Hal tersebut bisa saja menunjukan Tv Polytron garis vertikal-nya.

Trending:  Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 set

Yakni bagian tegangan AC, sementara setelah jadi DC tegangan berubah naik jadi 16 volt dc sampai 17 volt dc. Perubahan Tv Polytron tegangan naik turun ini juga terjadi pada kondisi tertentu.

Hal ini karena pada tegangan vertikal 14 sampai 25 volt, Tv Polytron masih bisa menyala  secara normal. Jadi masalahnya, bisa jadi Anda salah mengukur tegangan simetris-nya. Anda mungkin mengira tegangan vertikal Tv Polytron naik.

Padahal pengukuran yang harus digunakan adalah current + dan -, bukan mengukur dengan tegangan masing-masing garis vertikalnya. Alias harus diukur dari ground-nya bukan -. Bahkan jika mengukur dari + ke -, hasilnya justru akan melonjak jauh hingga 35 volt.

Nah, inilah masalahnya yang sering muncul dimana tegangan Ic Vertikal Tv Polytron 0 volt, aliah drop. Penyebab masalah ini biasanya karena resistor fuse Tv Polytron adalah 1 ohm yang ada di tegangan ic vertikal dioda penyearah.

Jika bagian resistor itu putus, maka bisa jadi indikasi ada  kerusakan Tv Polytron bagian vertikal. Meskipun beberapa macam kerusakan seperti ini bisa terjadi karena resistor yang memang error sejak awal.

Lalu bagaimana cara menurunkan tegangan IC vertikal Tv Polytron yang over agar normal kembali? Berikut ini penjelasan tentang  daftar tegangan Tv Polytron U-Slim yang normal agar meminimalisir kerusakan Tv Polytron bagian vertikal-nya.

Tegangan Normal IC Vertikal Pada Tv Polytron

Tanda macam-macam kerusakan Tv Polytron yang sering terjadi adalah layar gelap atau hanya terlihat gambar pelangi di layar. Kerusakan tersebut umumnya terjadi karena dioda penyearah 12 volt pada bagian vertikalnya.

Meskipun tidak ditemukan kebocoran saat diukur dengan ohm meter, tetapi saat bekerja dengan kekuatan arus, maka bagian dioda ini akan lebih sering terjadi error. Baik itu pada bagian penyearah – atau bagian +.

Elco yang bekerja pada bagian tegangan Ic Vertikal biasanya juga kan mengalami drop yang terlepas dengan tegangan 0 volt.  Hal ini karena Elco yang kering tidak terlalu signifikan, tetapi tetap bisa menyebabkan Tv Polytron tidak normal, seperti protek atau layar menyempit.

Trending:  Mengenal Kaki Transistor TIP 3055 dan 2955

Tegangan ic Vertikal Tv Polytron drop bisa terjadi karena ic vertikalnya short.  Anda bisa memastikan masalah ini dengan melihat di body ic vertikal, apakah retak atau ada yang gosong. Jika tanda tersebut tidak muncul, lepas ic vertikal dulu untuk memastikan.

Jika tidak ditemukan tegangan, maka kerusakan Tv Polytron bagian vertikal terjadi pada bagian sumber tegangannya, yakni bagian flyback. Jika flyback 0 volt, biasanya flybacknya tersebut belum bekerja dengan sempurna, yakni tidak ada b+115.

Kerusakan ini tentu lebih kompleks karena Anda harus memeriksa bagian tegangan sumber flyback Tv Polytron lebih detail lagi.

Daftar Kerusakan Tv Polytron U-slim

Setelah memahami gejala kerusakan Tv Polytron bagian vertikal dan tegangan normalnya, Anda bisa memahami rangkuman daftar kerusakan Tv Polytron U-slim berikut ini untuk mengenali tanda-tanda kerusakannya:

1. Tidak Ada Siaran

Tv Polytron tidak dapat menangkap sinyal siaran bisa terjadi karena chanel hilang dan Anda harus mencarinya kembali. Selain itu penyebabnya juga bisa terjadi karena ada kerusakan di bagian hardware.

Lakukan pemeriksaan pada bagian tuner, jika normal maka ganti bagian tunernya. Jika masih belum bisa nyala dengan normal, gantilah IC CF-nya dan periksa bagian tegangan B+ ke tuner. Setelah itu pastikan angka arus AGP tunernya naik 0 sampai 3,3 volt.

2. Layar Melebar

Layar yang melebar bisa terjadi karena kerusakan Tv Polytron bagian vertikal pada kerja elco-nya. Periksa tegangan B+ di FBT JF0501-19587 yang jika normal adalah bertegangan 115 volt. Penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan ini adalah kapasitor yang rusak.

3. Tv Polytron Mati Total atau Keluar Suara Berdenging

Kerusakan Tv Polytron U-slim ini biasanya akan disertai suara dengung yang terjadi karena bagian power supply-nya menanggung beban berat. Bagian power yang rusak adalah komponen Ic vertikalnya atau transistor horizontalnya.

Masalahnya juga bisa timbul dari flyback short yang disertai ground. Cara mengatasinya, Anda identifikasi terlebih dahulu bagian mana yang bermasalah, lalu copot dan pasang kembali.

4. Layar Bergaris Vertikal

Layar yang bergaris vertikal biasanya diawali dengan tanda layar yang gelap, sedangkan saat screennya dinaikan justru muncul satu garis vertikal di tengah-tengah layar Tv. Artinya masalah ini ada di blog bagian vertikalnya.

Trending:  Daftar Komponen TV Tabung yang Sering Rusak

Cara mengatasinya dan mengganti bagian elconya dengan 100uf 50V atau pump up, maka masalah ini sudah dapat teratasi.

5. Tv Polytron Slim Protek

Jika Tv Polytron Anda mengalami kerusakan protek, coba hidupkan terlebih dahulu di posisi standby. Lalu tekan tombol menu di remot hingga Tv-nya star. Maka akan terlihat kerusakan di bagian elco-nya terutama bagian vertikal atau ic vertikal Tv Polytron mati.

Perlu Anda ingat bahwa setiap tipe Tv Polytron bisa memiliki kondisi yang berbeda pada gejala kerusakannya. Kerusakan Tv Polytron bagian vertikal adalah gejala yang perlu Anda khawatirkan jika sedang menangani kerusakan Tv Polytron U-slim seperti di atas.

Kahfi Talk less Do More