Kahfi Talk less Do More

5 Cara Menghapus Foto Profil di FB Lewat HP dan PC

3 min read

Cara Menghapus Foto Profil di FB

Hingga sekarang, Facebook masih menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Tak heran banyak orang suka update dengan mengubah foto terbaru. Terkadang juga banyak yang mencari cara menghapus foto profil di FB karena berganti pasangan.

Foto yang sudah diunggah di media Facebook tentunya sudah menjadi milik publik dan bisa diakses dengan mudah. Untuk menghindari kesalahpahaman, biasanya orang-orang akan menghapus foto lama. Misalnya, foto dengan mantan pacar dan lain sebagainya.

Beruntungnya, Facebook memberikan kemudahan untuk menghapus foto profil tersebut. Dengan demikian, orang-orang yang ingin menghapus kenangan masa lalu akan lebih mudah dilakukan. Nah, simak cara menghapus foto profil Facebook berikut!

1. Menghapus Foto Profil FB di Aplikasi Android

Facebook menyediakan beberapa jenis aplikasi yang bisa dipasang di Android maupun iOS. Cara pertama ini lebih banyak digunakan karena pengguna Android lebih banyak dibandingkan pengguna iOS atau Apple.

Nah, simak cara menghapus foto profil di FB dengan cepat di HP berikut!

  • Masuk terlebih dahulu ke aplikasi Facebook di HP kamu.
  • Pilih bagian menu yang berada di bagian kanan atas yang ditunjukkan strip tiga.
  • Klik di bagian bawah tulisan “Menu” atau foto profil kamu.
  • Kamu akan dibawa ke halaman profil. Di bagian ini, kamu bisa melihat semua postingan kamu, mulai dari status, foto, video, dan lain sebagainya.
  • Masuk ke bagian foto profil yang ditunjukkan dengan ikon kamera.
  • Klik “Lihat foto profil”, maka kamu akan melihat secara detail foto profil.
  • Selanjutnya, pilih ikon titik tiga di bagian kanan atas.
  • Langsung pilih “Hapus foto”, maka foto kamu akan dihapus secara permanen.

Cara ini akan menghapus foto profil FB kamu. Untuk menggantinya dengan yang lain, kamu bisa mengulangi cara di atas dan memilih foto dari HP atau dari foto yang sudah di-upload di Facebook.

Dengan menghapus foto profil ini, maka orang lain tidak akan bisa mengaksesnya. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghindari tindakan yang tidak bertanggung jawab dari oknum tertentu.

2. Menghapus Foto Profil FB Melalui Aplikasi di iOS

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pengguna iOS cenderung lebih sedikit daripada pengguna Android. Namun demikian, cara menghapus foto ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di aplikasi Android. Hanya saja, peletakan beberapa menu agak berbeda.

Lalu, bagaimana cara menghapus foto profil di aplikasi iOS ini?

  • Masuk terlebih dahulu ke aplikasi Facebook yang ada di iPhone kamu.
  • Cari bagian profil, lalu klik foto yang ada di bagian profil tersebut.
  • Kamu akan masuk ke halaman profil. Sama halnya pada aplikasi Android, di halaman ini terdapat semua aktivitas kamu di Facebook, mulai dari update status, foto, video, dan lain sebagainya. Selain itu, ada aktivitas dari teman yang menandai nama akun kamu di Facebook.
  • Klik bagian foto profil, kemudian pilih bagian “Lihat foto profil”.
  • Setelah itu, klik bagian titik tiga di bagian kanan atas. Langsung saja klik “Hapus foto”.
  • Setelah itu, maka tampilan Facebook kamu akan kosong. Kamu bisa menggantinya dengan foto lain.

Jika ingin digunakan untuk personal branding, kamu harus menggunakan foto yang unik dan menarik. Pastikan juga untuk membuat foto yang sesuai dengan tujuan personal branding.

Selain itu, banyak orang yang membuat foto profil untuk tujuan kampanye. Misalnya, kampanye Hari Pendidikan, Hari Kemerdekaan, dan lain sebagainya.

3. Menghapus Foto Profil FB Melalui Website

Mungkin kamu akan bingung kenapa foto profil FB tidak bisa dihapus? Pada update terbaru, Facebook memang tidak menyediakan cara untuk menghapus foto profil lewat website.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ada cara lain yang bisa dilakukan dengan mudah. Simak cara menghapus foto profil FB melalui website berikut!

  • Tuliskan alamat Facebook.com terlebih dahulu.
  • Login sesuai akun dan password Facebook yang ingin kamu hapus foto profilnya.
  • Masuk ke bagian profil dan pilih bagian foto.
  • Di sini tidak ada menu untuk menghapus foto profil Facebook. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan alternatif dengan membuat foto kosong.
  • Ganti foto profil Facebook kamu dengan foto kosong yang sudah dibuat.
  • Kemudian, simpan penggantian foto profil kamu.
  • Untuk cara menghapus foto melalui website ini memang tidak bisa dilakukan. Alternatif penggantian dengan foto kosong tentunya lebih mudah dan hasilnya pun sama saja dengan penggantian foto profil tersebut.
  • Setelah itu, masuk ke galeri foto kamu.
  • Pilih foto profil yang sudah kamu ganti.
  • Kemudian, hapus foto tersebut dari galeri foto Facebook.

Cara untuk menghapus foto profil melalui website ini cenderung lebih panjang. Karena Facebook di aplikasi website memang meniadakan fitur menghapus foto profil. Maka dari itu, kamu harus menggantinya dengan foto kosong, kemudian menghapusnya di bagian galeri foto.

4.  Menghapus Foto Profil FB di Aplikasi Facebook Lite

Untuk aplikasi Facebook Lite ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi Android Facebook standar. Oleh karena itu, cara menghapus foto profil di FB Lite sama dengan yang dilakukan di FB standar. Dengan demikian, kamu hanya perlu mengulangi beberapa cara yang dilakukan pada cara yang pertama.

Meski ada beberapa tampilan yang berbeda, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan yang ada di aplikasi. Tidak perlu khawatir akan mengubah aplikasi Facebook kamu atau membuat tampilannya berantakan. Sebab, setiap aktivitas dalam Facebook selalu memunculkan notifikasi pertanyaan untuk memastikan tindakan yang dilakukan.

Asalkan kamu cermat dalam mengelola Facebook, maka tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Namun, kamu perlu memastikan cara agar akun kamu tetap aman dan terhindar dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sebab, banyak sekali akun Facebook yang dibobol, kemudian digunakan untuk melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, hendaknya kamu mengunggah foto profil yang aman dan tidak mengundang berbagai tindakan kejahatan.

Jika sudah telanjur, kamu harus buru-buru untuk menghapusnya atau segera atur akun Facebook kamu menjadi privat. Dengan cara tersebut, akan mengurangi risiko foto menjadi sasaran orang tidak bertanggung jawab sehingga hanya orang tertentu yang bisa mengakses foto kamu.

5. Menghapus Foto Unggahan di FB

Cara yang satu ini sebenarnya terkait dengan cara menghapus foto profil. Hanya saja, letaknya berbeda dan kamu harus mencarinya terlebih dahulu di galeri Facebook.

  • Masuk ke Facebook. Buka bagian profil, lalu buka galeri foto di Album Facebook.
  • Cari foto yang ingin dihapus dengan menggulirkannya ke bawah.
  • Setelah ditemukan, klik foto tersebut.
  • Pilih ikon titik tiga di bagian kanan atas. Pilih “Hapus foto”, maka foto kamu akan terhapus secara permanen.

Itulah cara menghapus foto profil di FB yang bisa dilakukan melalui aplikasi Android, iOS, hingga website. Semua cara yang dilakukan ini sangat simpel, mudah, dan cepat.

Kahfi Talk less Do More