Kahfi Talk less Do More

Panduan Mudah Cara Menghapus Toko di Shopee

3 min read

Cara Menghapus Toko di Shopee

Shopee telah dikenal menjadi salah satu marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Banyak toko yang menyediakan berbagai produk yang kini telah tergabung dalam Shopee. Meski begitu, kegiatan berjualan di Shopee tidak selancar apa yang direncanakan. Bahkan, para penjual pun juga kerap menemui masalah ketika berjualan secara online. Karena hal tersebutlah terdapat penjual yang ingin melakukan penghapusan toko. Hinggabanyak penjual yang kini mencari informasi cara menghapus toko di Shopee secara online.

Untuk melakukan penghapusan toko Shopee sangatlah mudah untuk dilakukan. Hal yang perlu Anda lakukan dalam penghapusan akun toko Shopee yaitu, memenuhi setiap persyaratannya kemudian mengajukan permohonan penghapusan.

BACA JUGA: Cara Hapus Akun Google di HP Xiaomi

Untuk mengetahui secara lengkap tentang berbagai cara untuk menghapus toko Shopee, berikut adalah informasi yang dapat Anda simak!

Cara Menghapus Toko di Shopee

Cara Menghapus Toko di Shopee

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam menghapus akun Shopee terdapat dua hal utama yang harus dilakukan. Hal-hal tersebut yaitu memastikan bahwa toko Anda telah memenuhi persyaratan serta melakukan pengajuan penghapusan toko. Bagi Anda yang ingin mengetahui kedua hal tersebut secara detail, maka berikut ini adalah informasinya.

Menghapus Toko Shopee Karena Diretas

Menghapus Toko Shopee Karena Diretas

Untuk para penjual Shopee, Anda harus lebih berhati-hati terhadap keamanan toko Anda. Hal tersebut karena saat ini banyak terjadi kasus toko Shopee yang diretas. Akibatnya, toko tersebut tidak bisa Anda kendalikan lagi.

Dengan kata lain, semua kendali yang ada di toko tersebut sudah berpindah tangan ke pihak yang meretas. Tentu saja kejadian tersebut akan membuat Anda sangat merugi.

BACA JUGA: 7 Cara Menghapus Semua Unggahan atau Postingan di FB

Pertanda bahwa toko Shopee sedang diretas yaitu penggantian password secara tiba-tiba sehingga Anda tidak bisa melakukan login. Selain itu, biasanya para peretas tersebut mengubah produk-produk yang ada di toko.

Bahkan, pertanda lain bahwa toko Anda sedang diretas yaitu adanya perubahan pada informasi umum toko yang meliputi nama, deskripsi, dan lain sebagainya.

Langkah-langkah Menghapus Toko Di Shopee

Untuk menghindari hal buruk yang terjadi, salah satu tindakan yang bisa Anda ambil ketika toko sedang diretas yaitu melakukan penghapusan toko. Penghapusan toko bisa Anda lakukan tanpa harus melakukan login terlebih dahulu. Untuk mengetahui cara menghapus toko di Shopee yang diretas, berikut ini adalah panduan langkah-langkahnya.

  1. Bagi Anda yang mengalami kejadian peretasan terhadap toko Shopee, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba login terlebih dahulu. Lakukan login dengan email dan password yang biasanya Anda gunakan.
  2. Apabila Anda tidak bisa login dengan menggunakan email dan password yang biasanya digunakan, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghubungi Customer Service (CS) Shopee. Anda dapat menghubungi pihak CS Shopee melalui nomor 1500702. Namun, sebelum, menghubungi CS Shopee, pastikan Anda memiliki pulsa minimal Rp 25 ribu.
  3. Tunggu beberapa saat hingga Anda terhubung dengan CS Shopee. Seperti yang diketahui, layanan pelanggan Shopee biasanya memiliki antrian yang cukup banyak, oleh karena itu pastikan Anda menunggu hingga Anda terhubung dengan CS.
  4. Apabila Anda telah terhubung dengan CS, ceritakan tentang permasalahan bahwa toko Shopee yang dimiliki telah diretas. Kemudian, mintalah CS untuk menghapus toko Anda tersebut.
  5. Pada saat pemrosesan penghapusan toko, Anda akan diminta untuk memvalidasi kartu identitas, foto selfie, nomor rekening, dan lain sebagainya. Pastikan Anda mengikuti semua arahan dari CS guna penghapusan toko.
  6. Apabila Anda telah memvalidasi semua berkas yang diperlukan, maka selanjutnya Shopee akan memproses permohonan penghapusan toko Anda. Tunggu beberapa saat hingga Shopee selesai melakukan penghapusan toko.

Menghapus Toko Shopee Karena Keinginan Penjual

Menghapus Toko Shopee Karena Keinginan Penjual

Selain karena diretas, Anda sebagai penjual di toko Shopee juga dapat mengajukan permohonan penghapusan toko. Biasanya, penghapusan toko atas keinginan penjual dikarenakan adanya permasalahan yang telah dialami oleh penjual ketika berjualan di marketplace ini.

Alasan yang paling umum ditemukan ketika penjual ingin menghapus toko Shopee, salah satunya adalah karena adanya permasalahan pada sistem Shopee itu sendiri. Maksud dari adanya permasalahan pada sistem Shopee yaitu misalnya ketika sedang ada pesanan, sistem Shopee sering mengalami error sehingga merugikan penjual.

Sedangkan alasan lainnya yang cukup banyak ditemukan yaitu adanya ketidaksesuaian toko dengan produk yang dijual. Seperti yang diketahui, adanya kesesuaian informasi umum toko dengan produk yang dijual merupakan hal penting yang harus selalu diperhatikan demi penjualan yang tinggi.

Apabila nama toko tersebut tidak sesuai dengan produk yang dijualnya, maka secara otomatis bisa menyebabkan penurunan kepercayaan pembeli kepada toko tersebut.

Langkah-Langkah Menghapus Toko Shopee Karena Keinginan Penjual

Langkah Menghapus Toko Shopee Karena Keinginan Penjual

Dua alasan tersebut hanyalah beberapa contoh dari banyaknya alasan mengapa penjual ingin melakukan penghapusan toko Shopee. Bagi Anda yang merasakan permasalahan yang sama dan ingin menghapus toko Shopee, maka Anda wajib menyimak cara menghapus toko Shopee berikut ini dengan seksama!

  1. Penghapusan toko Shopee hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Shopee yang telah terinstall di ponsel. Oleh karena itu, cara pertama yang harus dilakukan yaitu membuka aplikasi Shopee yang ada di ponsel Anda.
  2. Setelah itu, loginlah ke akun Shopee yang terhubung dengan akun toko Shopee yang ingin dihapus. Untuk melakukan login, Anda harus memasukkan informasi, seperti email dan kata sandi akun. Masukkan informasi login tersebut ke kolom yang sudah disediakan.
  3. Klik “Masuk” untuk melanjutkan proses login.
  4. Apabila akun Anda berhasil dibuka dengan sempurna, selanjutnya Anda harus beralih ke akun toko. Untuk membuka akun toko Shopee, Anda bisa pergi menuju menu “Saya” yang berada di bagian pojok kanan bawah halaman. Kemudian, klik menu “Toko Saya” yang berada di bagian pojok kiri bawah halaman Saya.
  5. Cara menghapus toko Shopee selanjutnya adalah membuka menu “Pengaturan”. Setelah akun toko berhasil terbuka, maka Anda harus pergi ke menu “Pengaturan” dengan cara klik ikon gear yang terletak di bagian pojok kanan atas halaman.
  6. Di halaman Pengaturan Akun, Anda akan melihat berbagai opsi yang bisa dipilih. Pilihlah opsi “Ajukan Penghapusan Akun” untuk memulai pengajuan penghapusan akun. Lalu, klik OK apabila terdapat notifikasi yang muncul.
  7. Klik “Lanjut”, lalu Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi.
  8. Masukkan kode verifikasi dari Shopee yang telah dikirimkan ke nomor ponsel Anda ke dalam kolom yang telah disediakan lalu klik “Lanjut”.
  9. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih alasan penghapusan akun. Masukkan alasan tersebut sejelas mungkin dengan memberikan penjelasan di kotak yang sudah disediakan.
  10. Kemudian masukkan alamat email Anda dan centang kotak yang bertuliskan persetujuan mengenai syarat dan ketentuannya.
  11. Klik “Kirimkan” untuk melanjutkan proses penghapusan toko Shopee Anda.

Demikian informasi mengenai cara menghapus toko Shopee yang mudah dan bisa Anda ikuti. Menghapus toko Shopee memang bukanlah keputusan yang mudah. Hal tersebut karena apabila Anda sudah menghapus toko, maka toko tersebut akan terhapus secara permanen dan tidak bisa dipulihkan kembali. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkannya terlebih dahulu secara matang.

Kahfi Talk less Do More