Kahfi Talk less Do More

Cara Modif Power 400 watt untuk TOA

3 min read

Cara Modif Power 400 watt untuk TOA

Tak terasa sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan segera memasuki bulan suci Ramadhan. Khusus di tanah air, keberadaan speaker TOA di masa-masa ini seakan tiba-tiba naik daun. Bahkan hingga informasi tentang cara modif power 400 watt untuk TOA dicari.

Tidak perlu heran karena alat pengeras suara yang satu ini memang banyak sekali digunakan selama bulan suci ini. Mulai untuk panggilan adzan, waktu sahur, waktu Imsyak hingga waktu berbuka puasa, speaker TOA selalu diandalkan untuk memberitahukan kepada umat.

BACA JUGA: Cara TEF SOCL 504 yang Bisa Dicoba Sendiri

Mengingat akan fungsinya tersebut, maka banyak sekali yang ingin melakukan modif power 400 watt untuk TOA, dengan maksud dan tujuan yang jelas, yaitu speaker TOA akan dapat memiliki kemampuan suara yang maksimal lantangnya dan tidak pecah.

Penyebab Suara Speaker Pecah

Seperti yang sempat disinggung sedikit di atas, ada alasan kuat bagi para pengurus masjid saat mendekati bulan Ramadhan melakukan modif power 400 watt untuk TOA, atau bagi pengurus musala melakukan modif power 150 watt untuk TOA.

Selain dibutuhkan fungsi dengan suara lantang untuk menyiarkan syiar keIslaman, modif juga kerap dilakukan karena suara speaker masjid pecah dan sember.

BACA JUGA: Cara Menyambungkan 3 Speaker Agar Tidak Gampang Jebol

Berikut ini beberapa penyebab sehingga speaker masjid atau mushola perlu dilakukan modif power 150 watt untuk TOA.

1. Power Amplifier Tak Sesuai Kapasitas

Seringkali suara yang keluar dari speaker terdengar sembar dan pecah adalah karena memaksakan untuk menggunakan daya atau power yang kecil dan tidak seimbang pada alat pengeras suara tersebut.

Padahal selain membuat suara tidak maksimal, hal tersebut juga akan menjadi penyebab speaker cepat rusak karena kurangnya daya atau power inputnya. Kondisi seperti ini biasanya kerap terjadi pada speaker yang memakai power rakitan.

2. Speaker Box Tak Berkualitas

Minimnya dana anggaran yang dimiliki oleh masjid atau mushola biasanya akan membuat keputusan yang ceroboh ini dilakukan, yaitu membeli dan menggunakan speaker abal abal. Meski pada awalnya terlihat hemat, namun hal ini justru akan mengakibatkan kerugian.

3. Settingan atau Rakitan Modifikasi yang Salah.

Meski banyak sekali cara membuat rangkaian komponen untuk membuat power rakitan guna memodifikasi speaker TOA pada masjid atau musala, namun pada kenyataannya langkah untuk melakukannya tak semudah itu.

Jika saat melakukan setting rakitan untuk up power suara pada speaker terdapat kesalahan maka tentu saja hasil akhirnya suara output yang dihasilkan akan terdengar tidak berkualitas bagus, seperti sember atau pecah.

Oleh karena itu, lakukan cara setting dengan hati-hati dan lebih baik lagi jika semua itu diserahkan saja pada ahli perakitan.

Bahan Komponen Elektro untuk Modif Power 400 watt untuk TOA

Beberapa bahan yang dibutuhkan pada saat akan melakukan modif power 400 watt untuk TOA adalah sebagai berikut:

  • 2 buah Amplifier.
  • 2 pasang transistor Toshiba.
  • Driver untuk speaker merk Sanken 400 watt.
  • 4 set transistor jengkol MJE3055.
  • Echo min 4 input atau penguat TOA.
  • Resistor 10K ohm.
  • Trafo merk Era 5A, 32Volt
  • 2 buah Elko 10.000, 80 volt.
  • Capasitor starter untuk bagian input 220 Volt.

Cara Modif Power 400 watt untuk TOA

Sebenarnya ketika ingin menambahkan daya atau power pada speaker atau corong dengan merk TOA itu sangat mudah, karena cara modif 400 watt untuk middle dapat dilakukan dengan menggunakan power build up yang khusus untuk speaker merk TOA.

Akan tetapi kadang kala, karena faktor budget anggaran yang minim maka banyak yang menggunakan power TOA rakitan agar suara yang keluar bisa middle. Jadi dalam melakukan modif power 400 watt untuk TOA itu sebenarnya gampang-gampang susah.

Diperlukan sebuah pemahaman yang detail dan mendalam tentang karakter yang dimiliki oleh sebuah amplifier karena pada setiap rangkaian power untuk speaker, dalam hal ini speaker merk TOA pasti akan memiliki karakter suara yang berbeda.

Dengan memahami karakter suara ini, maka langkah untuk melakukan modifikasi akan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Dari beberapa referensi, untuk karakter yang dimiliki oleh kit amplifier 400 watt adalah cenderung membuat lantang nada suara pada bagian rendahnya atau pada nada suara bass.

Nah setelah tahu karakternya maka cara modif power 400 watt untuk middle adalah sebagai berikut:

  1. Untuk speaker di bagian luar ruangan, agar suara TOA dapat menjangkau dua arah dan dua frekuensi yang berbeda, maka dibutuhkan dua buah amplifier pada proses modif power 400 watt untuk TOA
  2. Sedangkan untuk speaker di dalam ruangan, digunakan 2 pasang transistor merk Toshiba
  3. Driver power untuk speaker TOA bagian atas digunakan driver merek Sanken 400 watt. Lalu pasanglah 4 buah set transistor jengkol seri MJE 3055 pada bagian transistor untuk meringankan beban. Jika ingin cara perakitan yang lebih simple maka bisa mengganti transistor jengkol dengan jenis lainnya.
  4. Cara modif power OCL untuk speaker TOA berikutnya adalah lakukan pengaturan frekuensi pre ampli dar premic.
  5. Untuk penguat frekuensi tengah , gunakanlah tone control dengan middle agar suara yang dihasilkan lebih kuat di bagian midle dan dapat mengurangi nada bagian bass.
  6. Pasang Echo dengan 4 input.
  7. Gunakan kontrol volume tersendiri tanpa melalui pm mic pada bagian aux agar suara musik yang dihasilkan nantinya tidak pecah.
  8. Atur bagian aux agar langsung menuju tone control. Caranya adalah dengan melakukan pembatasan setiap input yang ke tone control dengan resistor 10K ohm. Hal ini bertujuan agar ketika speaker dinyalakan secara bersamaan tidak akan ada sinyal yang terpengaruh oleh setiap kontrol yang ada.
  9. Agar dapat digunakan pada dua sesi, maka pada cara modif power OCL untuk speaker TOA, gunakan balance untuk mengatur volume pada speaker atas dan bawah.
  10. Gunakan tone control sendiri pada setiap monitor dan speaker TOA bagian atas, sehingga speaker bagian bawah akan mampu untuk menghasilkan suara yang lebih jernih karena tak timbul pengaruh dari tone untuk speaker bagian atas.
  11. Dengan kata lain, aplikasikanlah 2 ways crossover active, lalu pada monitor bawah gunakan tone control bass trible agar jernih dan tak ada feedback.
  12. Gunakan trafo dengan merek ERA kapasitas 5 A 32 Volt dan 2 buah Elko 10.000 80 Volt.
  13. Untuk menghindari terjadinya lonjakan out speaker pada saat pertama kali dinyalakan maka gunakanlah speaker protector. Selain untuk menghindari lonjakan, juga agar speaker TOA bisa lebih awet.
  14. Jika tak memiliki speaker protector, gunakan saja penambahan caasitor starter pada bagian inputnya sebesar 220 Volt.

Sebagai tambahan info, kapasitor jenis ini biasa digunakan pada AC jenis matic. Atau jika masih bingung gunakan saja rakitan rangkaian soft starter yang sudah jadi yang banyak terdapat di pasaran.

Penutup

Demikianlah uraian dan penjelasan tentang cara modif power 400 watt untuk TOA, sekaligus penjelasan tentang penyebab suara TOA pecah dan komponen untuk melakukan modifikasi. Selamat mencoba!

Kahfi Talk less Do More