Kahfi Talk less Do More

Cara Reset Printer Epson L120 Mudah Dan Work It

1 min read

reset printer Epson L120

reset printer Epson L120

Bekerja dengan printer dan teknologi lainnya mengharuskan Anda menguasai seluk beluk tentang benda tersebut. Jika Anda memiliki Epson L120, kali ini Anda harus membaca tutorial reset printer Epson L120 yang sudah pasti bekerja.

Di artikel ini, kami menuliskan beberapa cara mereset printer dengan mudah, baik secara online maupun menggunakan resetter offline. Baca ulasan selengkapnya dan benahi masalah pada printer Anda sendiri tanpa harus ke tempat servis.

Cara Reset Printer Epson L120

Masalah apa yang menyerang Epson Anda? Tinta macet? Hardware tidak merespon? Lampu kedip-kedip terus? Kertas menggumpal dan tidak mau keluar?

Kami punya solusi untuk membenahi printer Anda di bawah ini. Sebenarnya printer bisa Anda benahi secara otomatis maupun manual. Mengetahui caranya akan mencegah Anda buru-buru ke tempat servis printer dan menghemat budget.

1. Reset Printer Epson L120 Otomatis

Cara pertama adalah dengan metode otomatis atau menggunakan resetter. Resetter adalah software khusus untuk mengatur ulang printer Anda tanpa perlu repot-repot mengutak-atik secara manual. Tentu saja Anda harus mengunduh resetter dulu.

Setelah pengunduhan selesai, simak langkah-langkah berikut untuk mengatur ulang Epson Anda di rumah.

  • Pertama, jalankan aplikasi resetter yang sudah Anda unduh dan ekstrak.
  • Kemudian, Anda akan melihat boks dialog dengan beberapa pilihan yang harus Anda isi sesuai dengan tipe Epson Anda.
  • Lalu, Anda akan melihat menu selanjutnya di kolom “Adjustment”. Menu tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan masalah yang dialami printer Anda saat ini.
  • Anda bisa menggeser layar hingga menu “Maintenance” kemudian pilih “Waste ink pad counter” dan lanjutkan dengan OK.
  • Setelahnya, Anda akan dibawa ke jendela selanjutnya dan centang boks yang menurut Anda perlu, lalu lanjutkan dengan “check”.
  • Anda akan melihat jendela berikutnya lalu centang “Main Pad” dan lanjutkan dengan “Initialization.

Prosesnya hanya perlu beberapa saat dan sangat singkat. Setelah semua tahapannya selesai, layar monitor akan memberi notifikasi kapan harus mematikan printer. Biasanya, sih, masalah sudah terselesaikan.

2. Reset Printer Epson L120 Manual

Apabila cara sebelumnya adalah reset printer Epson L120 dengan software, cara yang manual tidak memerlukan program sama sekali. Perhatikan langkah-langkah berikut dan ikuti dengan hati-hati.

  • Pertama, Anda harus mencabut kabel power dan diamkan setidaknya selama 5 menit.
  • Setelahnya, tancapkan kembali kabelnya dan coba nyalakan printer. Namun kali ini Anda harus menekan tombol power dan resume bersamaan. Tombol resume ini adalah logo tinta di printer Epson.
  • Perhatikan, kedua tombol tersebut harus ditekan selama sekitar lima detik lalu lepaskan. Ulangi langkah ini sekali lagi dan Anda bisa mendiamkan printer selama 5 menit.
  • Setelah 5 menit berlalu, nyalakan printer lagi dan biasanya Anda sudah bisa menggunakan Epson L120 seperti normalnya.

Apakah cara manual ini aman untuk printer? Tentu saja, karena ini adalah saran yang tertera di buku manual printer. Sangat jarang pemilik printer yang mau merujuk ke buku petunjuk, bukan?

Memang free resetter tersedia di mana-mana, namun terkadang Anda tidak ada akses internet dan segera membutuhkan printer. Cara manual ini akan sangat membantu.

Akhir Kata

Ketika printer mati atau mengalami gangguan, biasanya kita pasti panik duluan. Ketika cara reset printer epson L120 online cukup mudah dan populer, kadang Anda juga harus siap melakukannya secara manual. Demikian tentang cara-cara reset printer Epson L120 yang bisa Anda coba.

Kahfi Talk less Do More