Kahfi Talk less Do More

7 Contoh Iklan Elektronik yang Saat Ini Banyak Digunakan

1 min read

Contoh Iklan Elektronik

Contoh Iklan Elektronik

Iklan elektronik semakin banyak digemari karena dinilai lebih efektif dengan jangkauan lebih luas. Saat ini, terdapat berbagai jenis media elektronik yang bisa digunakan untuk beriklan. Variasi bentuk iklannya juga bisa beragam. Berikut contoh iklan elektronik yang bisa dimanfaatkan secara efektif.

Daftar Contoh Iklan Elektronik

Iklan Radio

Iklan menggunakan radio biasanya disampaikan melalui suara untuk menarik penggemar. Contohnya saja iklan radio yang dibacakan penyiar setiap selesai membacakan berita atau acara lainnya. Pengisi suara akan memberikan penjelasan produk secara langsung.

Selain itu, contoh iklan radio lainnya adalah dengan rekaman yang langsung diputar oleh operator. Biasanya ini berisi perpaduan antara music dengan suara orang berbicara.

Ada juga yang diberikan efek suara unik untuk menambah efek menarik. Misalnya seperti suara air mengalir, atau suara lain sesuai karakrer produk yang ditawarkan dan konsep iklannya.

Iklan Televisi

Contoh iklan elektronik kedua adalah iklan televisi yang menampilkan iklan dengan visualiasi lebih menarik. Ini sebabnya iklan televisi banyak dilirik karena lebih banyak menggaet audiens. Iklan ini disiarkan bersifat visual, audio, dan gerakan. Jadi, bisa dinilai bahwa iklan TV format iklannya lebih fleksibel.

Apalagi sekarang banyak orang lebih memilih melihat program TV, sehingga akan lebih mudah menyampaikan promosi. Meskipun durasi penayangannya terbilang lebih singkat karena biaya yang mahal, feedback yang didapatkan bisa lebih tinggi.

Bahkan, sekarang semakin banyak contoh varian iklan TV yang ditayangkan. Ada yang memasang iklan tersebut pada pertengahan acara, ada juga yang berbentuk sponsor sehingga dipromosikan dalam acara. Variasi inilah yang membuat iklan TV kian banyak digemari.

Membicarakan contoh, nantinya Anda akan menemukan istilah iklan di TV dengan konteks  live action (membutuhkan model), animation, stop motion, music, sponsor program, backdrop, credit tittle  (ada saat acara sudah habis yang biasanya untuk mempromomosikan lagu pendukung), ad-lib, dan promo-ad.

Iklan Internet

Selanjutnya adalah iklan internet yang juga sudah mulai banyak digunakan. Apalagi pengguna internet dan platform digital terkait sudah semakin banyak. Ini tentunya menjadi salah satu pilihan yang menguntungkan. Bentuknya juga beragam, ada yg gambar saja, suara saja, atau berupa video.

Trending:  Perbedaan Countif dan Countifs dari Pengertian hingga Fungsinya

Contoh iklannya seperti iklan website. Saat diklik, pengunjung akan diarahkan langsung ke website pengiklan. Ini telah banyak digunakan saat ini dan sangat memudahkan pengunjung. Biaya pemasangan iklan di internet juga terbilang lebih murah dan mudah digunakan untuk menentukan target pasar.

Berkaitan dengan variannya, Anda akan menemukan jenis iklan internet dengan nama sponshorship, email marketing, classified ads, facebook ads, social media marketing, dan lain sebagainya. Ranahnya memang sangat luas, karena banyak sekali jenis platform digital yang berbasis internet dan bisa dimanfaatkan.

Iklan Film

Iklan film merupakan contoh pengiklanan elektronik yang media penyampaiannya melalui penayangan film saat diputar di bioskop atau platform lainnya. Umumnya, iklan yang tayang di film akan muncul sebelum film dimulai sambil menunggu jam tayang. Contohnya saja jenis iklan seperti live action endorsement.

Iklan Luar Ruang

Pernah lihat iklan elektronik pada perempatan jalan? Iklan yang disebut dengan billboard inilah yang termasuk iklan elektronik luar ruangan. Jadi, posisinya diusahakan terlihat oleh banyak orang. Bisa juga pemasangannya dilakukan di gedung-gedung tinggi.

Contoh dari iklan eletronik luar ruangan yang lain adalah mobile billboard, outdoor standar, display, dan masih banyak lagi. Iklan ini banyak terlihat di sekitar fasilitas umum kota besar.

Itulah beberapa contoh iklan elektronik yang bisa menjadi pilihan jika ingin mempromosikan produk maupun jasa. Sesuaikan pilihan Anda dengan target pasar dan budget yang dimiliki.

Kahfi Talk less Do More