Kahfi Talk less Do More

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Power BTL

3 min read

Kelebihan dan Kekurangan Power BTL

Amplifier merupakan sebuah rangkaian elektronika yang dapat digunakan sebagai penguat daya atau tenaga. Salah satu jenis power amplifier adalah power amplifier BTL. Apa yang dimaksud BTL? Apa kelebihan dan kekurangan power BTL?

Pertanyaan-pertanyaan di atas akan dibahas satu per satu melalui artikel ini. Yuk cari tahu informasi lebih lengkap kelebihan dan kekurangan power BTL serta informasi lainnya melalui artikel ini! Simak artikel hingga akhir untuk mendapat informasi lebih lengkap ya!

Pengertian dan Fungsi dari Power Amplifier BTL

Power BTL

Apa yang dimaksud amplifier BTL? Apa pengertian BTL (Bridge Transformer Less)?

Power amplifier BTL adalah sebuah sistem power yang menggunakan sistem jembatan dan menghilangkan fungsi atau peranan transformator impedansi untuk mengalirkan daya output ke speaker.

Fungsi power amplifier BTL memang umumnya digunakan atau diterapkan dalam speaker atau sound system untuk memberikan daya suara yang lebih kuat. Selain itu, BTL juga sering digunakan pada audio kendaraan, seperti mobil.

Jenis amplifier BTL TEF menggunakan rangkaian tambahan. Apa yang dimaksud TEF pada power ampli? TEF merupakan rangkaian tambahan berupa tiga tingkatan transistor penguat pada output terakhir sebuah amplifier.

BACA JUGA: Penyebab dan Cara Mengatasi TV Polytron Mati Total

Power amplifier BTL dapat dibeli langsung di toko-toko elektronik atau kelistrikan. Selain itu, beberapa orang biasanya membuat atau merangkai rangkaian power amplifier BTL sendiri.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri, maka pastikan rangkaian power amplifier BTL tersebut telah diuji coba untuk memastikan keamanannya. Hal ini juga berguna sebagai langkah berjaga-jaga atas kerusakan fatal karena power BTL.

Prinsip Kerja dari Power Amplifier BTL

Sebelum mempelajari tentang kelebihan dan kekurangan power BTL, lebih baik pelajari dulu mengenai prinsip kerja BTL. Bagaimana prinsip kerja dari power amplifier BTL?

Ketika ada dua penghantar dengan masing-masing memiliki tegangan AC sebesar xV dan keduanya saling berlawanan fasa 180 derajat, maka akan menghasilkan tegangan sebesar 2xV atau dua kali tegangan AC yang dimiliki.

Misalnya, terdapat dua penghantar yang masing-masing memiliki tegangan AC 3V. Kemudian keduanya dirangkai saling berlawanan fasa 180 derajat. Rangkaian dua pengantar menghasilkan tegangan sebesar dua kali lipat atau sebesar 6V.

Terdapat dua jenis power amplifier yang dapat diaktifkan dan digunakan sebagai power amplifier BTL. Kedua jenis power amplifier tersebut adalah power amplifier system OTL dan power amplifier OCL. Keduanya harus sama atau kembar agar seimbang, sehingga audio tidak cacat.

Cara Menghitung Daya Keluaran Power Amplifier BTL

Power amplifier BTL mengeluarkan daya output yang besarnya dapat dihitung menggunakan rumus tertentu. Bagaimana cara untuk mengetahui besarnya daya yang dihasilkan oleh rangkaian power amplifier BTL?

Berikut ini cara yang dapat digunakan untuk mengetahui daya output atau daya yang dihasilkan oleh power amplifier BTL, yaitu:

Keterangan dari rumus di atas, yaitu:

Po        : Daya output atau power output yang dihasilkan

Vx       : Setelah tegangan yang berasal dari supply efektif

RL       : Impedansi yang dimiliki speaker

Faktor 1,41 harus digunakan karena adanya beberapa nilai kerugian, sehingga hasil yang diperoleh akan lebih akurat.

Rumus untuk menghitung daya output power amplifier BTL di atas bukanlah perhitungan yang bernilai mutlak, tetapi sebuah pendekatan umum. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahui besarnya daya output yang mungkin dihasilkan oleh power amplifier BTL.

BACA JUGA: Panduan Mudah Cara Perbaiki TV Mati Total Otodidak Di Rumah

Apa Saja Kelebihan Power BTL?

Apa kelebihan dan kekurangan power BTL? Power amplifier BTL tentu saja memiliki banyak kelebihan, sehingga dapat bermanfaat. Kelebihan yang dimiliki oleh amplifier BTL inilah yang membuat rangkaian ini digunakan untuk rangkaian beberapa perangkat elektronik.

Apa kelebihan power BTL? Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh power amplifier BTL, yaitu:

1. Dapat Digunakan untuk Meningkatkan Daya

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh amplifier power BTL tentu saja dapat digunakan untuk meningkatkan daya. Kelebihan ini sama dengan fungsi utama power BTL yaitu menghasilkan daya atau power suara yang lebih kuat.

Power amplifier BTL bahkan dapat meningkatkan daya hingga dua atau empat kali lipat.

Kelebihan inilah yang dimanfaatkan dalam pembuatan speaker-speaker besar untuk menghasilkan suara yang jauh lebih keras dan besar. Speaker dengan tegangan 1000 Watt umumnya dapat di-drive menggunakan power amplifier BTL 32VAC.

2. Mampu Mengurangi DC Offset

Power amplifier BTL juga memiliki kelebihan yaitu kemampuannya dapat digunakan untuk mengurangi DC Offset.

3. Sebagai Penyeimbang

Kelebihan lainnya dari power amplifier BTL adalah dapat digunakan sebagai penyeimbang. Power yang mungkin tadinya tidak simetris akan menjadi lebih simetris ketika Anda menambahkan atau menggunakan power amplifier BTL.

Gerakan daun speaker juga akan lebih seimbang maju dan mundurnya. Daun speaker tidak akan terlihat maju saja atau mundur saja. Artinya, daun speaker akan bergerak dengan seimbang.

Apa Saja Kekurangan Power BTL?

Apa kelebihan dan kekurangan power BTL? Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata amplifier power BTL juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang dimiliki oleh amplifier power BTL ini dapat digunakan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Apa kekurangan power BTL? Berikut ini beberapa kekurangan dari power amplifier BTL, yaitu:

1. Hanya dapat Digunakan untuk Satu Speaker Saja

Power amplifier hanya dapat digunakan untuk drive satu speaker saja. Ya, kekurangan dari power amplifier BTL itu tidak dapat digunakan untuk drive lebih dari satu speaker berukuran besar.

2. Biasanya Dapat Membuat Perangkat Lebih Cepat Terasa Panas

Kekurangan lainnya dari power amplifier BTL adalah transistor dan transformator yang ada dalam rangkaiannya cenderung lebih mudah panas.

3. Bisa Menyebabkan Terjadinya Output Power Lemah

Kekurangan power amplifier BTL selanjutnya adalah bisa mengalami output power yang lemah. Hal ini terjadi ketika supply yang masuk ke dalam rangkaian tidak cukup atau terlalu kecil dan lemah. Ya, power amplifier memang membutuhkan supply yang cukup besar.

4. Hanya Sesuai untuk Power Daya Rendah

Power amplifier BTL hanya cocok digunakan pada power yang memiliki daya rendah ke bawah. Rangkaian power amplifier BTL tidak cocok untuk dipasang pada power yang memiliki daya tinggi.

5. Dapat Menyebabkan Kerusakan Speaker

Selain dapat dibeli, power ampli BTL rakitan juga bisa dirangkai sendiri. Namun, rangkaian power amplifier BTL yang dibuat sendiri harus diuji coba terlebih dahulu. Penggunaan power amplifier BTL yang tidak tepat malah dapat menyebabkan speaker mengalami kerusakan.

Penutup

Itulah informasi lengkap tentang kelebihan dan kekurangan power BTL. Sebelum memilih menggunakan BTL sebaiknya perhatikan dulu kekurangan dan kelebihan BTL sebagai bahan pertimbangan. Manfaatkan rangkaian BTL semaksimal mungkin dalam perangkat elektronik.

Selain itu, pastikan untuk melakukan uji coba rangkaian power amplifier BTL yang dirangkai sendiri.

Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui kinerja yang dihasilkan. Jangan sampai rangkaian power amplifier BTL yang dirangkai sendiri malah menyebabkan speaker mengalami kerusakan.

Kahfi Talk less Do More