Kahfi Talk less Do More

Penyebab Dan Cara Memperbaiki TV Rusak Bagi Pemula

3 min read

Cara Memperbaiki TV

Apakah Anda memiliki TV di rumah yang tidak ada gambar? Bisa jadi TV Anda sudah rusak dan harus diperbaiki. Jika tidak ingin memanggil tukang servis, Anda harus mengetahui cara memperbaiki TV.

Bagi orang awam mungkin cara memperbaiki TV tidak ada suara dan gambar akan sulit. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri karena setelah mempelajari caranya, Anda bisa langsung mempraktekannya sendiri.

Masalah kerusakan tidak selalu mengenai TV tidak dapat sinyal, tetapi bisa jadi ada hal lainnya yang menyebabkan TV Anda tidak menghasilkan gambar dan suara. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengetahui penyebab TV tidak ada gambar dan suara.

3 Penyebab Kerusakan TV

Penyebab TV Rusak

Setiap kerusakan yang terjadi pada TV bukanlah tanpa penyebab. Pasti ada satu atau beberapa hal yang dapat menyebabkan TV rusak dan tidak menyala. Banyak orang beranggapan penyebab TV rusak karena tersambar petir.

Padahal ada beberapa hal lainnya yaitu:

1. Kerusakan T-Con

Kenapa TV tidak mau menyala? Tahukah Anda bahwa ternyata salah satu penyebab dari kerusakan TV yang tidak bisa menyala yaitu karena rusaknya komponen T-Con.

T-Con sendiri merupakan timing control yang berfungsi untuk mengatur panel sehingga TV bisa menghasilkan video dengan kualitas terbaik. Ketika T-Con bermasalah, sudah pasti akan berpengaruh pada tampilan gambar yang dihasilkan oleh TV Anda.

2. Kerusakan Pada Software

TV LCD mati total apa penyebabnya? Selain karena kerusakan T-con, kerusakan juga bisa terjadi ketika software pada TV mengalami gangguan. Software sendiri merupakan bagian penting yang mempengaruhi sistem pemrograman TV.

Oleh karena itu, ketika software TV rusak, hal ini sangat memungkinkan TV tidak bisa menyala hingga rusak permanen. Untuk memperbaikinya cukup rumit karena hanya orang yang mengerti sistem pemrograman TV saja yang bisa mengatasi kerusakan software.

3. Terdapat Kabel LVDS yang Terlepas

Masih ada satu lagi penyebab kerusakan pada TV, yaitu adanya kabel LVDS yang terlepas. Hal ini bisa terjadi karena kabel pernah mengalami korsleting atau pemasangannya kurang kencang.

Kabel LVDS yang rusak dapat menyebabkan TV tidak bisa menampilkan gambar dengan jernih.

Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Bagaimana cara mengatasi TV yang tidak ada sinyal? Solusinya yaitu dengan memperbaikinya. Mengetahui masalah kerusakan pada televisi saja tentu tidak cukup karena Anda juga harus bisa memperbaikinya. Ada beberapa cara memperbaiki kerusakan TV yaitu:

1. Memperbaiki TV yang Mati Total

TV yang mati total bisa dikatakan sebagai kerusakan yang cukup parah. Hal ini dikarenakan TV sama sekali tidak bisa menyala dan tidak bereaksi ketika ditekan tombol apapun. Meskipun demikian, TV yang mati total tidak selalu mengalami kerusakan parah.

Terkadang ada beberapa kondisi yang juga bisa menyebabkan TV LED rusak. Misalnya ada salah satu kabel atau komponen yang rusak. Maka, langkah pertama Anda perlu mengecek kabel TV apakah kabelnya masih bagus atau rusak.

Kondisi kabel yang terhubung dengan power supply sangat mempengaruhi performa TV. Selain itu, Anda juga perlu mengecek beberapa komponen lainnya seperti kabel AC, dioda, fuse, dan posistor.

BACA JUGA: Tutorial Mudah Memperbaiki TV Sharp Mati Total

BACA JUGA: Panduan Mudah Cara Perbaiki TV Mati Total Otodidak Di Rumah

BACA JUGA: Penyebab dan Cara Mengatasi TV Polytron Mati Total

2. Memperbaiki Kerusakan Garis Horizontal

Jika TV LED tidak ada gambar pada sebagian layar saja. Maka, bisa jadi TV Anda sedang mengalami kerusakan garis horizontal sehingga penting mengetahui cara memperbaiki TV dari kerusakan tersebut.

Adapun, kondisi seperti ini terjadi di ketika TV LED bergaris di bagian tengah layar sehingga hanya sebagian layar saja yang menampilkan gambar gelap. Bagi Anda yang terbiasa memperbaiki komponen alat elektronik, maka perbaikan kerusakan TV ini sangat mudah.

Anda hanya perlu melakukan soldering serta menggantikan seluruh elko di bagian blok IC vertikal. Setelah itu, Anda bisa mencoba menyalakan kembali TV untuk melihat hasilnya.

3. Memperbaiki Kerusakan Garis Vertikal

Cara memperbaiki TV berikutnya yaitu untuk masalah atau kerusakan garis vertikal. Pada dasarnya kerusakan ini hampir sama dengan kerusakan garis horizontal. Hanya saja bagian gambar yang gelap ataupun terlihat tidak jelas berada di sisi kanan atau kiri.

Sehingga terlihat garis vertikal. Kerusakan seperti ini bisa dialami oleh TV tabung ataupun smart TV. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengecek defleksi yoke dengan bantuan alat ohm meter yang sudah disetting netral.

Anda juga harus melepas terlebih dahulu kabel dari komponen moboard. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui defleksi yoke sedang dalam kondisi normal? Hal ini tentunya dapat diukur dengan ohm meter dengan jarum yang bergerak ke arah angka 1-3 ohm.

4. Memperbaiki Kerusakan TV Bergambar Pelangi

Biaya servis TV memang cukup mahal. Maka, Anda perlu mempelajari cara untuk memperbaiki TV sehingga kerusakannya bisa Anda atasi sendiri. Salah satu kerusakan yang banyak ditemukan yaitu TV menampilkan gambar dengan warna pelangi.

Namun, jangan khawatir karena cara memperbaiki TV dengan kerusakan tersebut tidak rumit. Anda perlu menarik komponen structure phosphor yang bisa ditemukan pada bagian crt.

Secara sederhana, cara memperbaiki untuk kerusakan ini hanya untuk menjauhkan TV dari medan magnet yang berada di rangkaian komponennya. Sebab, salah satu penyebab TV menampilkan gambar pelangi yaitu karena terdapat gangguan dari magnet.

5. Memperbaiki TV Rusak dengan Layar Gelap

Kerusakan TV dengan layar gelap tentu harus segera diperbaiki. Kondisi ini terjadi karena ada kerusakan di bagian layar dan tidak berpengaruh meskipun tingkat kecerahan layar sudah diatur.

Banyak orang beranggapan bahwa kerusakan ini terjadi karena adanya error di bagian crt atau tabung gambar. Untuk memastikannya, Anda harus mengecek beberapa bagian komponen TV.

Misalnya, mengecek apakah abl masih terdapat tegangan atau tidak. Kemudian, memastikan bahwa resistor masih berfungsi normal.

6. Memperbaiki Kerusakan Mati Standby

Selain mati total, kerusakan TV juga bisa ditandai dengan kondisi mati standby. Hal ini bisa terjadi ketika sistem dari komponen TV masih standby sementara TV itu sendiri tidak bisa dihidupkan kembali. Cara memperbaikinya pun cukup rumit.

Anda perlu membongkar beberapa bagian komponen TV untuk memperbaiki kerusakan ini. Tak hanya itu, Anda juga perlu mengamati skema rangkaiannya sehingga tidak salah ketika memasangnya kembali.

Untuk memperbaikinya, pastikan seluruh transistor dapat berfungsi kembali. Jika transistor sudah rusak, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru dan memasang sesuai skema rangkaian.

7. Memperbaiki Kerusakan Garis-garis Pada Layar

Cara memperbaiki TV berikutnya yang perlu Anda pelajari yaitu pada kerusakan garis-garis yang muncul di layar. Kerusakan seperti ini memang cukup sering terjadi. Adapun, kerusakan ini sebetulnya terjadi karena ada error di bagian komponen elko.

Untuk mengatasi kerusakan ini, Anda bisa menggunakan bantuan alat berupa tester elko atau ohm meter. Anda dapat menggunakan ohm meter untuk memeriksa bagaimana kondisi elko, apakah masih bagus, atau justru sudah waktunya diganti.

Itulah beberapa cara memperbaiki TV yang bisa Anda praktekan sendiri. Apalagi, jika Anda ingin coba memperbaikinya sendiri tanpa bantuan dari jasa servis. Semoga informasi ini bisa jadi referensi bagi Anda yang ingin belajar memperbaiki TV.

Kahfi Talk less Do More