Kahfi Talk less Do More

Cara Mudah Servis Lampu LED, Anti-Gagal

3 min read

Servis Lampu LED

Apakah lampu LED di rumah Anda rusak? Ternyata, terdapat cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki lampu LED di rumah. Kali ini kita akan membahas mengenai cara servis lampu LED yang mudah untuk dilakukan.

Ciri-Ciri Lampu LED Perlu Diservis

Servis Lampu LED

Lampu lighting emitting dioda atau dikenal dengan sebutan LED adalah lampu yang memancarkan cahaya dari Dioda. Hal ini menyebabkan lampu tersebut memiliki kemampuan hemat daya yang baik.

Anda bisa menggunakan lampu LED di rumah supaya bisa lebih menghemat listrik. Tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam proses memasangnya. Lampu LED memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi. Sehingga, mudah mengalami kerusakan jika salah pasang.

Tegangan arus listrik yang tidak stabil, juga bisa menyebabkan lampu LED cepat rusak. Anda harus memastikan arus listrik stabil, sebelum memasang lampu LED supaya tidak mengalami kerusakan.

Jika lampu LED rusak, maka Anda tidak harus mencari servis lampu terdekat. Anda bisa melakukan servis sendiri dengan cara yang sederhana. Anda perlu mengetahui ciri-ciri lampu LED rusak dan perlu di servis, sebagai berikut:

1. Lampu LED Redup

Lampu LED redup adalah salah satu ciri yang menandakan Anda perlu melakukan servis lampu LED. Hal ini bisa disebabkan karena terdapat komponen Dioda yang mengalami gangguan.

Penyebab lainnya, bisa saja karena arus listrik yang tidak stabil sehingga lampu LED tersebut mengalami turun tegangan. Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa memperbaiki di rumah tanpa perlu memanggil jasa servis lampu.

2. Lampu Mati Total Tanpa Sebab

Kondisi lain yang dapat menunjukkan bahwa lampu LED Anda perlu diservis adalah lampu tiba-tiba mati tanpa sebab. Dalam artian, kondisi lampu masih bagus, tidak terjadi ledakan, dan arus listrik baik.

Hal ini bisa disebabkan karena ada elemen micro LED yang putus, sehingga tidak dapat menyala. Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu melakukan servis lampu LED.

Selain karena micro LED putus, lampu LED bisa rusak dan mati karena terjadi gangguan pada elco atau kapasitor elektrolitnya. Hal ini menyebabkan Anda perlu mengetahui cara servis lampu LED mati sehingga Anda bisa memperbaikinya sendiri.

3. Lampu Mati Sebagian

Jika lampu Anda menunjukkan ciri menyala sebagian dan mati sebagian, maka hal ini menjadi ciri bahwa lampu LED Anda mengalami kerusakan. Hal ini bisa disebabkan karena terdapat komponen kaki LED yang terputus.

Anda bisa melakukan servis sendiri di rumah dengan menggunakan alat servis lampu LED yang bisa dibuat sendiri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi apabila lampu LED Anda mengalami kerusakan.

Alat untuk Servis lampu LED di Rumah

Sebelum Anda melakukan servis pada lampu LED yang rusak, maka Anda perlu mengetahui cara membuat alat servis lampu sederhana. Hal ini penting, supaya Anda bisa membuat alat servisnya sendiri.

Alat-alat yang perlu Anda siapkan adalah solder, tinol komponen Dioda, resistor, elco, dan multitester. Alat-alat tersebut akan membantu Anda dalam proses servis lampu yang akan Anda lakukan.

Apabila tidak memiliki semua alat tersebut, maka Anda bisa menyediakan solder dan tang untuk melakukan perbaikan lampu LED. Kedua alat ini akan membantu Anda untuk menerapkan cara servis lampu hemat listrik dengan lebih mudah.

Anda juga bisa menggunakan solder dan tang untuk memotong kabel atau menyatukan komponen lampu sorot LED yang mengalami kerusakan. Jadi, Anda harus menyiapkan kedua alat tersebut supaya bisa melakukan servis lampu sendiri.

Cara Servis Lampu LED yang Mudah Dilakukan

Terdapat berbagai cara servis lampu rusak yang perlu Anda ketahui berdasarkan penyebab kerusakannya. Dalam artian, sebelum Anda melakukan servis sebaiknya Anda mengetahui penyebab kerusakannya terlebih dahulu.

Beberapa cara memperbaiki lampu LED berdasarkan penyebabnya, sebagai berikut:

1. Cara Memperbaiki Lampu LED Mati Tanpa Adanya Gejala

Apabila lampu LED Anda mengalami kerusakan dan mati mendadak tanpa adanya gejala, maka Anda bisa melakukan perbaikan dengan langkah-langkah, sebagai berikut:

  1. Anda perlu membuka casing lampu LED dengan cara diputar.
  2. Setelah itu, Anda perlu mengetes satu persatu komponen micro LED menggunakan avometer multitester. Jika tidak ada avometer multitester, maka silahkan periksa micro LED yang memiliki bercak hitam gosong. Bercak tersebut dapat menandakan kerusakan atau putus.
  3. Temukan micro LED yang tidak menyala dan tandai.
  4. Silahkan letakkan komponen LED yang rusak di atas solder.
  5. Lepaskan micro LED yang putus menggunakan pinset.
  6. Jika sudah, silahkan sambungkan kembali komponen positif dan negatifnya menggunakan solder.
  7. Sekarang, Anda bisa memasang komponen tersebut ke dalam casingnya kembali.
  8. Jika sudah, Anda bisa menyalakannya kembali.

Cara di atas dapat Anda lakukan untuk memperbaiki lampu LED yang mati saja. Anda tidak bisa menggunakan cara tersebut untuk servis lampu neon. Cara servisnya berbeda, jadi Anda harus mempelajarinya dengan baik.

2. Servis lampu LED Komponen Elco Rusak

Jika lampu LED Anda mati total, tetapi tidak ada komponen micro LED yang rusak. Hal tersebut bisa disebabkan oleh komponen Elco yang mengalami kerusakan. Cara untuk memperbaiki lampu LED yang mengalami kerusakan Elco, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka lampu LED dan periksa komponen dalam lampu tersebut.
  2. Silahkan lakukan uji kerusakan elco dengan menggunakan avometer multitester.
  3. Jika avometer tidak menunjukkan angka kiloohm, maka dapat dipastikan elco tersebut perlu diganti.
  4. Silahkan untuk mengganti elco tersebut dengan ukuran dan kapasitas yang sama.
  5. Anda bisa memasang Elco tersebut sesuaikan dengan posisi kutubnya. Maka, lampu akan menyala kembali.

Cara di atas perlu Anda lakukan untuk memperbaiki lampu LED. Cara ini berbeda dengan cara servis senter LED karena prosesnya berbeda. Semoga Anda bisa melakukannya dengan baik supaya lampu Anda bisa menyala kembali.

3. Memperbaiki Lampu LED yang Redup

Apabila lampu LED di rumah Anda redup, maka Anda bisa memperbaikinya sendiri. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara servis lampu emergency LED yang redup, sebagai berikut:

  1. Silahkan lakukan pengisian daya karena hal ini bisa terjadi karena baterai lampu LED Anda habis.
  2. Jika lampu tidak bisa dinyalakan dengan stabil, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.
  3. Silahkan ganti baterai lampu LED Anda dan lampu LED akan menyala kembali.

Cara di atas dapat Anda lakukan untuk melakukan servis lampu dengan cara yang sederhana. Apabila lampu LED masih belum bisa menyala, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Harga lampu LED cukup terjangkau, Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan.

Penutup

Demikianlah, pembahasan mengenai cara servis lampu LED yang perlu diketahui. Pastikan Anda mempelajarinya dengan baik, sehingga Anda bisa memperbaiki lampu LED Anda sendiri.

Bagaimana, apakah penjelasan mengenai servis lampu LED di atas cukup mudah? atau sebaliknya? semoga bermanfaat dan membantu Anda ya!

Kahfi Talk less Do More