Kahfi Talk less Do More

Cara Menambah Volume Amplifier Agar Suaranya Jernih

3 min read

Cara Menambah Volume Amplifier

Ingin suara speaker jernih? Jangan khawatir, Anda bisa melakukan cara menambah volume amplifier agar suara speaker jernih dan tidak serak. Menambah volume pada amplifier berfungsi memperjernih suara jika Anda butuh hasil suara yang keras dan tidak pecah.

Ada beberapa hal perlu Anda perhatikan untuk cara membuat volume amplifier. Mulai dari fungsi amplifier untuk audio dan apa penyebab suara speaker tidak jernih? simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

Fungsi Amplifier Untuk Audio

Cara Menambah Volume Amplifier

Amplifier adalah salah satu perangkat yang berfungsi untuk merubah dari sinyal input amplitudo yang rendah menjadi lebih tinggi tanpa harus merubah bagian frekuensinya. Hasil sinyal yang keluar jadi lebih kuat dan audionya membentuk  analog.

Amplifier biasanya digunakan di sound speaker. Selain itu juga sinyal listrik harus menggunakan jenis arus yang bolak balik atau AC. Hal ini agar bisa menambah skema master volume power dengan tegangan yang tetap. Maka hasil outputnya jadi lebih besar.

Itu artinya menggunakan amplifier dapat jadi cara menambah volume tone control pada speaker Anda agar lebih tinggi, berkarakter, dan berkualitas baik. Itulah sebabnya dengan cara menambah volume amplifier bisa membuat audio semakin jernih.

Contoh penggunaan amplifier adalah di megaphone atau speaker dan sebagainya. Berikut ini fungsi amplifier untuk menghasilkan suara yang jernih dan tinggi:

1. Memperkuat Suara

Amplifier berfungsi untuk penguat suara atau sebagai booster. Cara memperjernih suara amplifier dalam power yang tinggi sekalipun adalah menggunakan amplifier untuk memperkuat sinyal audio.

2. Karakteristik Suara Jadi Teratur

Selain suara yang semakin kuat, amplifier juga berfungsi untuk membuat karakteristik suara jadi lebih teratur, seperti middle, treble, bass, balance, dan volume yang semakin bagus. Termasuk AUX yang ada di pengeras suara seperti toa.

3. Menyesuaikan Bagian Suara Outputnya

Fungsi amplifier juga bisa menyesuaikan suara outputnya atau suara yang keluar dari perangkat audio. Anda mungkin bertanya Apa penyebab suara ampli serak? Hal tersebut bisa jadi karena sinyal keluaran tidak sesuai dengan sinyal masukannya.

Nah, amplifier memiliki komponen preamp yang bisa menjadikan sinyal output tetap memiliki frekuensi stabil yang  sama dengan sinyal inputnya.

Cara Menambah Volume Amplifier Dengan LPF Sederhana

Dasar menambah volume pada amplifier adalah menggunakan potensio dengan kaki no 1 sebagai ground, kaki 2 sebagai output dan kaki 3 sebagai input. Biasanya untuk driver rangkaiannya sudah tertulis dengan nama ground atau ct dan input.

Cara menambah volume amplifier bisa menggunakan LPF khusus untuk amplifier yang digunakan khusus bass saja dengan cara membuat volume amplifier menggunakan sistem low pass filter sederhana.  Rangkaian LPF yang sederhana bisa meredam frekuensi yang tinggi.

Sehingga sinyal yang lolos ke input amplifier hanyalah nada low saja. Jadi menambah volume bass pada amplifier akan lebih efektif untuk amplifier khusus suara bass atau subwoofer. Biasanya power amplifier kurang tenang karena dayanya terlalu besar.

Power amplifier yang dayanya kecil lebih cocok digunakan untuk sistem LPF agar suara speaker lebih jernih meskipun diputar dengan power yang tinggi. Contohnya satu speaker woofer di handle atau amplifier khusus, seperti amplifier aktif GMC dan sejenisnya.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa menggunakan amplifier type 300-500 watt juga bisa meningkatkan sistem LPF sederhana untuk menguatkan nada low amplifier untuk skema potensio mono yang lebih efektif.

Rangkain LPF sederhana ini bisa jadi cara menambah volume amplifier yang mudah bagi pemula sekalipun. Terutama bagi Anda yang ingin memperoleh satu keluaran output amplifier untuk nada bass khusus.

Ukuran potensio volume power amplifier yang digunakan oleh rangkaian LPF adalah 100k dan kapasitor 2a104j dimana ukuran ini mudah didapatkan. Bagian potensio yang diberi kapasitor tersebut adalah adjuster frekuensi untuk di filter sesuai fungsi volume master di amplifier.

Jadi, nada treble akan semakin berkurang atau normal (sesuai sinyal asli) jika diatur pada potensio tersebut. Potensio ini adalah sejenis selectornya. Sedangkan potensi volume utama adalah mengatur besaran input masuk ke bagian power amplifiernya.

Kelemahan cara menambah volume amplifier dengan rangkaian LPF sederhana inia dalah penguatan sinyal yang akan semakin berkurang. Sehingga rangkaian ini membutuhkan input penguat sinyal audio yang lebih besar, seperti tone control.

Cara ini bisa diterapkan pada tone control yang memiliki over di nada mid sehingga membuatnya mudah pecah. Hal ini karena suara akan lebih rendah saat LPF bekerja. System volume amplifier dengan rangkaian LPF cocok untuk suara mid high-nya tidak mendominasi.

Sebab Suara Amplifier Jadi Pecah

Setelah mengetahui bagaimana cara menambah volume amplifier agar suara lebih keras dan jernih seperti di atas, bisa jadi suaranya tetap pecah dan tidak berkualitas baik.

Itulah sebabnya Anda juga perlu mengenal dan memahami Apa penyebab suara speaker tidak jernih? Selain karena amplifiernya yang mungkin rusak, bisa jadi beberapa penyebab seperti berikut ini:

1. Kabel RCA atau Jack RCA Berkualitas Jelek

Jika tiba-tiba hasil suara amplifier pecah, penyebabnya adalah masalah di sumber audio input-nya yang melewati jack RCA dan kabel RCA-nya. Jadi, Anda bisa coba ganti kabel RCA lama dengan yang baru.

2. Kabel Audio Jack RCA yang Kurang Bagus

Jeleknya Kabel audio jack RCA bisa jadi sebab pecahnya suara amplifier. Kabel ini menyambungkan sinyal input Jack RCA ke PCB amplifier. Jadi jika resistor ini kurang bagus, maka hasil suara yang keluar juga tidak maksimal.

3. Tone Untuk Control yang Rusak

Amplifier bisa jadi cara menambah volume tone control, itulah sebabnya jika tone controlnya rusak maka hasil suara amplifier juga akan bermasalah.

4. Kurang Power Supply

Hasil suara amplifier bisa pecah salah satu penyebabnya adalah kurang maksimalnya kapasitor input power atau power supply nya. Cara agar suara amplifier speaker 500 watt jadi jernih adalah power amplifier ber trafo 10A dan tegangan AC 32 Volt atau di atasnya.

5. Rusaknya Rangkaian Pre Amp

Cara mengatasi suara amplifier yang serak bisa memeriksa rangkaian pre-ampnya. Rangkaian-nya ditandai dengan IC OP-AMP atau transistor.

Transistor amplifier umumnya adalah A733 dan C945, sementara umumnya memakai IC OP-AMP 4558D.

6. Transistor Final Rusak

Kondisi transistor yang rusak bisa jadi penyebab suara amplifier pecah. Kerusakan ini bisa terjadi karena beberapa sebab. Salah satunya karena kekurangan daya namun tetap dipaksa memenuhi kebutuhan speaker atau komponen amplifier yang lainnya.

Nah, itulah penjelasan tentang amplifier dan cara menambah volume amplifier agar suara jadi lebih jernih. Selain cara meningkatkan volume amplifier, Anda juga perlu paham penyebab suara amplifier pecah agar suara speaker tetap jernih dan bagus meskipun powernya tinggi.

Kahfi Talk less Do More